Jack Ma dan Rencana Pensiunnya

Hampir dua tahun yang lalu, gue pernah mengkuti townhall meeting dengan Jack Ma di kantor Lazada Singapura. Jack Ma yang perawakannya kecil tetapi bisa menyihir begitu banyak orang hanya dengan kharismanya saja. Saat Jack Ma mulai bicara, ruangan yang tadinya sangat riuh langsung berubah menjadi sunyi senyap. Bule-bule Eropa dan Amerika yang bekerja di Lazada pun tampak sangat menganggumi dan menaruh respect kepada sosok Jack Ma.

Mendengar Jack Ma berbicara langsung di depan gue sudah jadi pengalaman yang tidak terlupakan buat gue. Apalagi waktu itu, gue diberikan front seat oleh kantor dan juga diberikan kepercayaan untuk menjadi satu dari lima orang yang diperkenankan untuk mengajukan pertanyaan kepada Jack Ma dan timnya. Baru sekali itu saja, gue merasa luar biasa gugup hanya karena mengajukan satu pertanyaan ke orang lain!

Jack Ma ini sudah menjadi salah satu role model gue khususnya dalam kapasitas gue sebagai pengusaha kecil-kecilan. Jack Ma memberikan harapan bahwa siapapun bisa mendulang sukses dalam hidupnya. Gue bukan anak orang kaya, bukan lulusan kampus ternama, bukan lulusan luar negeri, tidak pernah bekerja di luar negeri juga, tidak pernah pula bekerja di top consulting firm, tapi gue optimis, insyaallah gue akan bisa perlahan-lahan mewujudkan cita-cita dan impian gue.

Jika Allah memberikan gue usia yang cukup panjang, saat pensiun nanti, gue ingin pensiun seperti Jack Ma pensiun dari karier-nya:

  1. Beliau pensiun meninggalkan warisan yang membanggakan;
  2. Beliau pensiun setelah mendidik begitu banyak pekerja di Alibaba Group; dan
  3. Beliau pensiun dalam keadaan finansial yang bukan cuma akan mampu mencukupi kebutuhan sisa hidupnya, tapi juga tetap mampu untuk mendonasikan hasil kerjanya untuk kegiatan amal yang bermanfaat untuk masyarakat luas.

What can be better than that kind of retirement?

Congratulation for your retirement, Jack Ma! It was a pride to me that I was once a part of your empire even just for a while and even just as a little part of it. Thanks for the inspiration and I wish nothing but the best for you. Have a great life ahead!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s