My Last Peak Season At EY

 Musim lembur terakhir gue di EY bener-bener musim lembur paling parah yang pernah gue alami. Sebelumnya, gue lembur sampe lewat tengah malem cuma selama dua minggu untuk satu engagement. Itu puh di tengah-tengah minggu, gue masih suka curi-curi waktu pulang cepet (baca: pulang jam 9 malem itu sama aja pulang cepet!). Kalo lembur di hari Sabtu pun, gue enggak pernah lewat dari jari jam 9 malem.

Tapi musim lembur gue tahun ini bener-bener bikin capek! Dari bulan pertama peak sesason (sekitar bulan November 2010) gue udah mulai lembur sampe antara jam 10-12 malam. Padahal waktu itu, yang lain masih bisa santai-santai. Jadilah gue cukup sering lembur sendirian di kantor klien!

Kemudian akhir bulan November gue pergi stock take, sampe dua kali stock take ke dua kota yang berbeda. Stock take yang ke dua di tahun ini jauh lebih berat daripada stock take yang sebelum-sebelumnya. Bayangin aja, pulang stock take sekitar jam 5 sore, sampe guest house gue langsung kerja lagi sampe jam 12 malem… Terus besokannya gue mesti ngikutin jam kerja klien yang udah masuk jam 7 pagi!

Pertengahan bulan Desember sampe awal Januari gue pindah dulu ke klien lain. Karena awal tahun 2011 gue udah harus balik lagi ke klien utama gue, lagi-lagi gue terpaksa kerja lembur setiap hari. Paling cepet pulang jam 10, paling lama pernah sampe jam 4 Subuh. Gila banget jam lemburnya? Tunggu dulu cerita gue di bulan Februari dan Maret.

Sampe pertengahan Februari, gue masih kerja santai. Gue masih bisa pulang sebelum jam 10 malam. Minggu ke tiga Februari, gue mulai lembur sampe sekitar jam 12 malem. Lalu mulai minggu ke empat Februari… haduh, jangan tanya deh. Paling cepet pulang jam 2, dan paling lama pulang jam 4 Subuh! Sampe nyari taksi buat pulang ke rumah aja udah susah setengah mati.

Pertengahan Maret gue sempet santai sedikit. Setiap hari bisa pulang sebelum jam 2 pagi. Pernah juga di tengah minggu gue pulang sebelum jam 12 malem saking capeknya.

Waktu mulai bikin report, lembur kembali gila-gilaan… Sampe hari Minggu pun gue tetep kerja sampe jam 6 pagi keesokan harinya! Tidur nggak sampe 4 jam, Senin siang gue udah sampe kantor lagi. Lembur lagi sampe jam 5 pagi, abis itu tidur sebentar lagi, dan dateng siang lagi. Sampai akhirnya… Rabu malem gue resmi sakit. Badan panas, hidung tersumbat sampe susah napas, batuk, pilek, pusing dan agak mual pula!

Yang paling gue benci dari peak season itu setiap pagi jadi susah banget bangun tidur. Nggak pernah bisa tuh, alarm bunyi gue langsung bangun dari tempat tidur. Pernah pagi-pagi gue bilang begini sambil guling-guling di atas tempat tidur: “Aduuuh, sebentar lagi gue mati deh.” Yang ada gue malah diketawain sama pembantu di rumah…

Banyak orang yang menduga, gue resign dari EY karena capek dengan ritme kerja gila-gilaan seperti ini. Ya emang capek sih, tapi sama sekali bukan itu yang bikin gue kepengen resign. Bukan mustahil setelah ini, gue kerja di tempat lain yang sama gilanya. Buat gue, nggak papa kerja lembur, asalkan gue menikmati pekerjaannya! Seringkali selama kerja di EY, gue mengeluh gini di depan laptop, “Aduuh, sumpaah, gue udah bosen banget ngerjain beginian.” Dan terus terang aja… gue males banget ngebayangin selama gue masih kerja di EY, maka di engagement berikutnya gue akan kembali mengulang pekerjaan yang sama.

Sebenernya nggak ada yang salah ya, dengan profesi auditor. Gue sendiri suka kagum sama manajer dan partner gue yang kelihatan sangat-sangat menikmati pekerjaan ini. Dan gue juga kepengen, bekerja dengan sepenuh hati kayak mereka… Hanya saja, tempatnya bukan di EY. Semoga blog ini bisa menjawab pertanyaan kenapa gue memutuskan untuk resign.

Well, berhubung waktu gue di EY tinggal seminggu lagi, masih banyak yang harus diberesin! Thank you for reading!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s