Hotel, Tour, & Dining Tips in Phuket

 

Sebelum berangkat ke Phuket, gue udah merencanakan perjalanan ini sejak berbulan-bulan sebelumnya. Gue rajin baca review hotel buat nemuin hotel yang murah tapi nggak murahan, rajin buka-buka website buat nentuin nanti di Phuket mau ke mana aja, sama kirim-kirim e-mail ke 4 travel agent di Phuket buat dapetin harga yang paling murah.

Akhirnya, gue putusin buat nginep di Patong Resort. Kenapa Patong Resort? Karena hotel ini letaknya strategis banget, deket mall dan pusat hiburan di Patong, sehingga gue pikir akan memudahkan gue buat cari makan. Selain itu, hotel ini gue dapetin dengan harga murah dari http://www.agoda.com, hanya sekitar Rp. 325.000 per malamnya, ditambah sekitar Rp. 210.000 untuk extra person (termasuk extra bed dan extra breakfast). Ditambah service charge, biaya menginap kita jadinya sekitar Rp. 650.000 per malam.

Menurut gue, hotel ini udah bener-benar bagus. Kalo di Bali, dengan harga segitu palingan juga dapetnya cuma sekelas hotel melati… Tapi Patong Resort ini fasilitasnya ok banget. Ada kolam renang yang lumayan besar, fasilitas spa, berbagai jenis restoran, dan beberapa fasilitas olahraga lainnya. Udah gitu, di sana kamar kita di-upgrade dari Standard ke Deluxe room! Thank you so much Patong Resort!

Tapi yang namanya hotel murah, ya pastilah ada beberapa celah kekurangannya. Pertama masuk ruangan, aromanya agak aneh, tapi lama-lama aroma aneh itu hilang setelah AC dinyalakan. Terus ada semacam karat menguning di bak mandinya. Lalu tuas toiletnya harus ditarik agak lama supaya bersih. Sempet pula, dua kali, gue dan temen-temen nemuin kecoa kecil di dalam kamar! Dan yang paling mengganggu, ada banyak staf hotel yang nggak jago berbahasa Inggris.

Our hotel.

Our hotel.

 

 

Our room.

Our room.

 

 

Tips dari gue, hati-hati dalam memilih hotel murah di Phuket. Hotel yang strategis (definisi strategis itu dekat ke pantai dan dekat ke pusat keramaian) tapi harganya murah banget biasanya udah super usang, banyak nyamuk dan kecoa, baunya aneh, dan bising oleh suara hiburan malam. Jadi kalo emang mau hotel yang strategis, terjangkau, tapi masih nyaman dan cukup mewah, gue sangat merekomendasikan Patong Resort hotel. Tapi perlu dicatat, suasana hotel ini tidak cukup romantis untuk tujuan honeymoon.

Buat urusan tur, gue kirim satu e-mail yang sama ke 4 travel agent. Isinya gue bilang sama mereka, gue mau ke mana aja dan minta dikasih harga untuk paket tur yang gue inginkan itu. Hasilnya, untuk paket tur yang sama, gue dapet tawaran harga: JC Tour – 7.440 baht, Asia Web Direct – 7,489 baht, Phuket Hot Deals – 5.900 baht, dan Phuket Thailand Travel – 6,850 baht. Awalnya, Phuket Hot Deals nggak nyediain makan siang di city tour gue, tapi setelah korespondensi, akhirnya mereka setuju nyediain makan siang juga! Jadi ya udah, gue ambil paket tur mereka, dengan rincian:

Phi-phi islands tour – 1.500 baht

Phuket Fantasea – 1.900 baht

Simon Cabaret – 800 baht

ATV riding – 1.200 baht

City tour -500 baht

 

Berdasarkan pengalaman gue, yang membedakan mahal-murahnya paket tur ini terletak di Phi-phi Islands tour, ATV riding, dan city tour (beda sama Phuket Fantasea dan Simon Cabaret yang cuma beda 10-20 baht antar travel agent).

Untuk Phi-phi, tur yang lebih mahal menyediakan speedboat yang kelihatan lebih mewah (sedangkan speedboat gue, meski nggak jelek, tapi tetep enggak gitu mewah dan sempet tercium bau minyak tanah waktu speedboat baru mulai melaju), dan perlengkapan snorkeling yang masih mulus.

Untuk ATV riding, ternyata ada banyak pengelola ATV riding di Phuket sana. Terus terang gue sedikit kecewa ya, sama ATV riding-nya. Di website dijanjikan bakal berkendara ngelewatin pantai dan air terjun, tapi ternyata kamaren itu gue cuma mendaki sampe ke puncak gunung aja tuh… Gue rasa, di situ bedanya ATV mahal dengan ATV murah.

Lalu untuk city tour, ada beberapa tempat yang disebutkan di itinerary tapi enggak dikunjungi waktu perjalanannya. JC Tour, salah satu travel agent kelas 1 di Phuket pernah bilang sama gue via e-mail, travel agent yang murah suka enggak memenuhi itinerary yang mereka tuliskan di website. Lalu ada lagi nih, yang ngebedain paket tur mahal sama paket tur murah. Di Phuket Fantasea gue sempet liat mobilnya JC Tour yang kelihatan kayak baru keluar dari dealer, beda sama mobilnya Phuket Hot Deals yang kelihatan udah tua dan agak usang…

However, gue puas kok sama Phuket Hot Deals. Meskipun dari luar mobilnya agak jelek, tapi kan yang penting mobilnya nyaman, bersih, nggak bau, AC-nya adem, dan supirnya baik banget! Jeab, reservation manager di Phuket Hot Deals juga sabar dan ramah banget dalam menjawab semua pertanyaan gue.

 Soal tur, sebenernya ada banyak banget travel agent di sekitar hotel yang menawarkan harga lebih murah. Sebenernya dari awal gue juga udah tau soal itu. Tapi, gue tergiur sama tawaran antar-jemput bandara yang nggak bakalan gue dapetin kalo beli paket tur langsung di Phuket. Lagipula bener kata Nova, temen sekantor gue… Kalo sembarangan pilih travel agent di sekitar hotel, salah-salah nanti malah diculik sama supirnya! Beda kalo kita pesen via website yang mana kita bisa ngecek dulu reputasi travel agent ybs via Google search.

Yang terakhir soal dining in Phuket. Kabar baik buat kita yang muslim, di Phuket enggak susah cari makanan halal. Di Golden Kinnaree, restoran buffet yang terletak di dalam Phuket Fantasea, ada satu area buffet yang khusus menyediakan makanan halal (emang dijamin halal, karena ada sertifikat untuk Halal Food Presentation). Di hotel gue juga ada banyak menu sarapan yang tidak melibatkan babi sama sekali (bahkan di website mereka, Patong Resort bilang mereka menyediakan beberapa makanan halal). Di sekitar hotel pun, ada beberapa tempat makan yang memajang tulisan ‘Halal’ atau owner restoran yang suka menyapa gue dengan, “Assalamualaikum.”

Selain itu, penduduk asli Phuket sangat menghargai turis muslim yang datang ke sana. Mungkin, karena Phuket itu provinsi dengan angka penduduk muslim tertinggi di Thailand kali ya… Waktu di Golden Kinnaree, semua staf yang melihat gue selalu berinisiatif menunjukan letak makanan halal. Waktu speedboat berhenti di Phi-phi Don untuk makan siang pun, tour guide gue datang menghampiri untuk bilang, “You don’t need to worry about the food. They serve halal food. Most of the people in this island are moslem.”

Sebaliknya, buat penggemar babi, katanya sih, menu babi di Golden Kinnaree enak-enak banget. Ada banyak banget menu babi di berbagai resto di Phuket. Malah di Pornthip, toko spesialis snack khas Thailand, ada satu area yang khusus menjual produk olahan babi.  

Gue pribadi sangat menyukai semua hampir semua makanan yang gue cicipi selama di Phuket, terutama makan siang yang disediakan Phuket Hot Deals di Kaneyang seafood restaurant. Sebetulnya gue nggak suka makanan laut, tapi di sana, makanannya enak-enak banget! Menunya sih, nggak jauh beda lah ya, sama menu seafood di sini. Ikan tepung dicabein, cumi mentega, sejenis tomyam yang isinya udang, kepiting, dsb… capcay seafood sama ada satu menu ayam yang enak banget. Temen-temen di kantor sampe pada kaget waktu gue cerita, gue makan seafood selama di Phuket, hehehehe.

Buat yang enggak suka berpetualang dalam hal makanan, tenang aja, di sana ada McD, KFC, dan Pizza Hut. Buat yang muslim, mendingan pilih aja KFC yang sama sekali tidak menjual olahan babi. Tapi tetep hati-hati sama beberapa menu yang suka menggunakan entah bumbu apa yang aromanya bau banget! Ayam cincang krispi KFC pesenan temen gue baunya bener-bener bikin eneg! Waktu makan siang di Phi-phi Don, gue sempat mencium aroma bau yang sama dari dapurnya. Gue rasa, mayoritas orang Indonesia nggak bakalan suka sama bau bumbu khas Thailand itu…

Secara keseluruhan, most of foods in Thailand are seafood. Ada juga beberapa menu khas India kayak kari dan roti canai. Yang gue kaget, di sana ada beberapa menu yang Indonesia banget, kayak nasi goreng, pisang goreng ditepungin, dan ada juga es cendol yang enak banget di Golden Kinnaree! Seneng banget selama di sana gue nggak perlu makan Pop Mie hanya karena enggak cocok sama makanannyaJ

Tips paling utama dari gue di tulisan ini adalah: rencanakan perjalanan sebelum tiba di tempat tujuan. Pelajari peta di sekitar hotel sedari masih di Indonesia, dan cari tahu mau cari makan di mana saja. Hal ini penting supaya selama di sana, kita enggak buang-buang waktu hanya untuk cari tempat makan, cari paket tur, cari tempat belanja, atau sekedar buang-buang waktu karena nyasar. Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan semua waktu kita untuk bersenang-senang. So, happy planning for your happy holiday!    

24 thoughts on “Hotel, Tour, & Dining Tips in Phuket

  1. Arief says:

    Bro hotelnya mahal ya liat dinternet???
    qra2 kphuket total habis berapa bro kemarin?
    kirim ke email ya bro rinciannya bwt persiapan aja.
    Tq banget nich

  2. riffabanget says:

    Hotelnya murah kok… Per malam cuma tiga ratus ribuan. Sama extra bed & extra breakfast buat satu orang, per malamnya jadi 650rb. Paket tur per orang 1,77jt. Pesawat 905rb udah termasuk airport tax & bagasi. Makan di sana juga murah-murah, sama aja kayak di Jakarta. Total biaya liburan gue per orang cuma 3,5jt (belum termasuk oleh-oleh).

  3. rizky says:

    hi maaf td tes doank..
    ak mau tanya book hotel di agoda.com itu bener gak sih harganya segitu? krn ada org2 blg klo book di website gt pas mau check out taunya tiba2 ada biaya tambahan lain kyk tax dan service hotel. Ak mau tanya klo transport dr airport ke hotel naik apa yah? kira2 brp harganya?
    thanks bgt yah

  4. riffabanget says:

    Rizky: Kebetulan aku baru satu kali book hotel via Agoda dan waktu itu nggak ada masalah sama sekali kok. Aku rasa sih, kalo sampe terjadi seperti itu mungkin staf hotelnya aja yang kepingin cari untung. Karena seingat aku, untuk tax dan service charge sudah termasuk dalam jumlah yang kita bayar ke Agoda.

    Untuk transportasi bandara, waktu itu aku dijemput dan diantar lagi sama driver dari travel agent. Selama di Phuket, aku pakai private tour dari travel agent itu sehingga dapat gratis airport transfer. Jadi untuk airport transfer ini aku nggak kena extra charge, cukup bayar biaya turnya saja.

    Semoga info dari aku cukup membantu yaa.

  5. rizky says:

    thx bgt buat infonya. satu lg nih wkt book di agoda pke CC yah?
    klo aku pke CC nyokap tp yg stay cuma aku doank tanpa nyokap tuh bisa gak sih?
    krn klo di phukethotdeals yg punya kartu hrs ikut

  6. riffabanget says:

    Wah… kalo soal itu sayangnya aku nggak bisa bantu jawab. Coba cek langsung ke webiste-nya aja, Rizky. Kalo saran aku sih, kalo emang hobi traveling harus punya CC sendiri. Waktu itu aku juga baru bikin CC waktu mau pergi ke Phuket.

  7. dee says:

    Hi 🙂

    mau tanya niy, soalnya bulan mei mau backpackeran kesana, masih bingung antara mau menginap di krabi atau phuket, mendingan yg mana ya ?
    trus aku baca tur yg ada di internet kyak phukethotdeals, dll itu harganya udah fix ya or bisa di tawar ?
    thanks ya

  8. riffabanget says:

    Hai Dee… Sorry lama balesnya… kerjaan lagi gila-gilanya, baru selesai hari ini ini.

    Hmm, setahu aku Phuket itu ya di Krabi, Dee. Soal wilayah, aku rekomendasiin nginep di daerah Patong. Patong itu ibaratnya kayak Kuta-nya Bali lah yaa. Di sana ada banyak pilihan tempat makan dari yang murah sampe yang mahal.

    Aku sih nggak pernah nawar, tapi kalo kita ambil banyak paket, emang suka dikurangin harganya. Waktu itu sih, aku cuma minta disediain makan siang di hari terakhir. Dan bener aja, dibayarin makan siang sepuasnya di restoran seafood yang enak banget! Happy backpacking yaa!

  9. Dewi says:

    Riffat, Mau nanya donk, selain phukethotdeals travel agent apalagi yang ada? bisa kasih rekomendasi ga??
    Rencana mau kesana, ada ga travel yang orang2nya ga banyak tapi ngikutin maunya kita, mau kemana aja.
    Bagusnya selama di Phuket kemana aja yach?
    Berapa lama waktu itu di Phuket?
    Tolong infonya yach makasih

  10. riffabanget says:

    Hai Dewi… Bisa coba ke JC Tour. Kalo soal nurutin kemauan kita, semuanya mau kok, ngikutin keinginan kita. Yang highly recommended pastinya sih Phi-phi Island dan Simon Cabaret. Menurut aku, idealnya ke Phuket itu antara 4 sampai 5 hari. Kemaren itu aku cuma 4 hari, jadi nggak sempet ke James Bond island deh. Ok, happy holiday yaa!

  11. Dewi says:

    Riffa,

    Soalnya aku mampir ke Bankok juga makanya di pepet2in harinya,
    Riffa aku udah coba email ke JC Tour yach tapi belum dapat jawaban yachh, aku juga udah coba telp…
    kemaren kamu susah ga sih atau lama ga si di balesnya…
    rencana bulan may tapi sampai sekarang belum ready apa2 baru tiket doank…
    Simon Cabaret itu bukannya pertunjukkan Waria doank yach?? Kalo Ohuket Fantasea bagus ga si??

  12. riffabanget says:

    Wah, kalo aku justru dapet balesan paling cepet dari JC Tour. Simon Cabaret itu menghibur banget, Dewi. Serius deh, harus nonton. Kalo menurut aku, Phuket Fantasea juga bagus. Tapi kalo kata temen-temenku, nggak setimpal sama harganya. Mereka semua tetep lebih suka sama Simon Cabaret. Oh iya, di blog ini aku udah pernah lho, bikin ulasan tentang semua yang aku kunjungi selama di Phuket. Coba kamu klik tag Thailand di atas buat dapetin tulisannya. Siapa tau aja, bisa jadi bahan masukan buat kamu.

  13. dee says:

    Hi Riffa,

    Makasih banget udah dijawab, tapi masih boleh nanya lagi ya hehehhe
    aku udah deal sm org phukethotdeals (jeab) tinggal bayar aj, waktu kemarin byrnya lewat web juga ga?trus kira2 aman ga ya ? krn mereka ngasih link bwat booked tur byrnya via kartu kredit.
    thanks 🙂

  14. riffabanget says:

    Dee… Sorry agak lama balesnya. Baru pulang liburan lagi nih. Waktu aku ke sana, aku bayar cash di lobi hotel Phuket, jadi enggak pake di-charge ke CC segala. Tapi waktu temenku pergi ke sana bulan Februari kemarin, dia bilang untuk tahun ini Phukethotdeals udah menerapkan sistem pembayaran baru. So far setahu aku, nggak ada masalah yang dialami sama temenku itu.

  15. dee says:

    Hello riffa,

    Many thanks buat jawabannya, wah seru tuh yg abis liburan, boleh di share di blog siapa tau bisa jd inspirasi next vacation 🙂
    btw mau nanya lagi niy, di web nya phukethotdeals kan ada tulisan extra transfer charge, itu maksudnya apa ya ? klo menginap di Phuket kena biaya lagi diluar biaya tur nya or gimana ya? kemarin sempat dijelasin soal itu ga? soalnya aku dah book hostel yg ada di phuket
    thanks again

  16. riffabanget says:

    Udah coba tanya sama pihak travel agent atau belum? Soalnya waktu itu sih aku nggak ada kena extra charge kayak begitu… Tapi setahuku ada extra charge buat tamu yang nginepnya jauh dari pusat kota. Anyway ditunggu yaa, buat blog tentang liburan gue yang kemaren. Sekarang masih sibuk upload foto di Facebook, hehehehe.

  17. dee says:

    hi riffa,

    akhirnya dah dijawab emailku yg nanya ke org turnya, ternyata ga kena extra charge lg soalnya nginep di phuket 🙂
    ok thanks alot bwat pencerahannya, tinggal berangkat aj niy bulan mei hehehehehhehe

  18. gilang gumilang says:

    When the ship docked again at the pier, all the passengers started queuing to get off the ship one by one. Thank you for the information on the most interesting destinations that I have visited now. Please visit our website for further information https://abkhaziya.net/

Leave a comment