Buku Pertama Saya Akhirnya Release Juga!

MAIN AD - MERCHANTEmpat bulan belakangan ini, saya disibukkan dengan penulisan dan penerbitan buku pertama saya. Saya bertekad, resign dari GoPay, saya harus langsung fokus menulis buku. Nggak ada lagi tuh, excuse nggak sempat nulis karena banyak kerjaan di kantor. Untuk hasil yang maksimal, saya membeli one way ticket ke Bali. Saya hanya akan pulang ke Jakarta setelah buku selesai ditulis.

Orang-orang terdekat saya pasti tahu betul ada kisah panjang di balik keputusan saya untuk meninggalkan pekerjaan saya yang luar biasa di Gopay untuk nekad mengejar impian terbesar saya: menjadi penulis buku dan pengusaha penuh waktu. Jujur awalnya, saya pergi ke Bali untuk menenangkan diri. Tahun 2019 merupakan tahun yang sangat berat untuk saya dan Bali trip itu merupakan usaha saya untuk “detox” diri saya sendiri. Saya harus move on, harus memulihkan diri, harus kembali melanjutkan hidup yang bukan sekadar hidup, melainkan hidup yang sejahtera dan bahagia.

Awalnya, Bali trip itu adalah adalah upaya saya untuk memulihkan diri, tapi ternyata pada akhirnya, trip itu malah menjadi salah satu perjalanan terbaik dalam hidup saya ini. Berawal dari Bali, lanjut ke Lombok, berakhir di Flores. Selama satu bulan, saya traveling sendirian sambil menulis naskah buku saya. Di sela-sela kesibukan menulis buku, saya menyempatkan diri untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Hiking ke air terjun, ke atas bukit, atau berenang sembari snorkeling di tengah laut. Banyaknya waktu untuk menyendiri membuat saya menyadari hal-hal yang selama ini “tertutup kabut”. Saya bukan hanya berhasil move on, saya juga kembali berhasil membahagiakan diri saya sendiri.

Dan bukan itu saja! Menulis di tempat yang indah betul-betul membantu untuk membangun mood. Mulai dari menulis di tengah hutan, di pinggir air terjun, di pinggir sawah, sampai di pinggir pantai. Teman saya sampai berkomentar, “Itu impian elo banget nggak sih? Nulis di teras hotel di pinggir pantai.”

Ya, akhirnya setelah sekian tahun lamanya, saya berhasil mewujudkan impian terbesar dalam hidup saya ini: menulis dan menerbitkan buku karya sendiri.

Buku itu saya beri judul The Little Handbook for Big Career; buku panduan karier yang bertujuan untuk membantu para pembaca dalam mewujudkan impian terbesar dalam perjalanan kariernya. Buku itu saya jual melalui Tokopedia, Shopee, dan Google Play Book. Alhamdulillah dalam satu bulan pertama, sudah lebih dari 700 eksemplar buku yang terjual. Review yang sudah saya terima pun selalu berhasil membuat saya senyum-senyum sendiri. Kerja keras untuk menyelesaikan buku ini sungguh terbayar saat mengetahui tulisan saya itu dianggap bermanfaat oleh para pembacanya.

Menulis buku sungguh tidak semudah perkiraan awal. Selesai menulis bukunya memang hanya sebulan, tapi proses editing, design, belum lagi proses administrasi untuk menerbitkan buku sendiri itu perlu waktu sampai hampir tiga bulan. Diperlukan komitmen untuk terus menulis walau sedang enggak mood untuk nulis, harus sabar membaca naskah buku sendiri sampai puluhan kali, harus kuat fisik juga untuk menulis depan laptop selama berhari-hari dari pagi hingga pagi lagi. Saya sampai berpikir bahwa sepertinya, menulis buku ini sudah menjadi pekerjaan yang paling berat sepanjang hidup saya. Rasa gemas dan stres saat harus membongkar tulisan yang sudah tersusun rapih itu betul-betul enggak mengenakkan. Lagi-lagi, semua rasa tidak nyaman itu harus saya lawan demi memenuhi janji untuk release buku di akhir bulan Maret. Lega sekali rasanya saat saya berhasil menepati janji itu pada para pembaca yang sudah lama menunggu. Akhirnya, saya bisa tidur nyenyak!

Melihat buku saya sudah selesai dicetak, saya tersenyum pada diri sendiri. Mewujudkan impian itu memang tidak mudah, tapi saat kita berhasil mendapatkannya, segala kesulitan itu akan terbayar dengan sendirinya.

It was not easy, but it was definitely worth it.

P.s.:

Bagi teman-teman yang belum membaca, berikut ini link penjualan buku saya ya. Jika sudah membaca, ditunggu book review-nya!

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/cerita-media/the-little-handbook-for-big-career-pengiriman-2-april-edisi-bahasa

Shopee: https://shopee.co.id/The-Little-Handbook-for-Big-Career-(Edisi-Bahasa-Indonesia)-i.231912362.5218215942

Google Play Book: https://play.google.com/store/books/details?id=Dt7WDwAAQBAJ

Kumpulan testimoni atas buku ini bisa kamu lihat di Instagram account @thelittlehandbook.

Selamat membaca dan semoga bukunya juga bermanfaat untuk kamu yaa.

One thought on “Buku Pertama Saya Akhirnya Release Juga!

  1. Sagi says:

    Bu Riffa…gw baru order bukunya…kemarin liat ibu webinar tentang Business Planning 101…bener2 sederhana dan padat…sukses terus bu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s