My Birthday, from Morning to Evening

This morning, my phone woke me up. It buzzed nearly every second all mornings. Notifications from Whatsapp, LINE, Skype, Facebook, Path, even Linkedin kept coming to my phone. And yes, it was because today is my birthday. 🙂

It surprised me how many birthday wishes I had all day today. It’s a lot more than I used to get last years. Not only close friends and families, but also colleagues across the countries, old friends that I haven’t met for quite some times, and some other people that I never thought would care about my birthday. And did you know what’s even better? All people that I expected to text me did actually text or call me just right in time. None of the people those matter to me forget my birthday today, hehehehe.

When I just arrived in the office, an ex-colleague called me for a few minutes and we had a good laugh, as we always do. I’m so excited that I will meet her very soon in my birthday bash this weekend! And then exactly at 11 AM today, my Dad texted his birthday wishes along with some pictures of me when I was still a little baby. My parents looked so young in those pictures, and I looked so tiny in their arms! These pictures were heartwarming to me, somehow. Looking at those picture made me feel (more) blessed and grateful for the life that I live in. My life has never been easy even since I was a little kid, but it’s always always worth living.

And then after I was back from lunch with the MC who’s going to host my party, I found a wrapped box with a post-it on top of it right on my desk. My party is still three days away and I already received this early gift! And actually, I already received three other early birthday presents from my friends even since one month ago! Ahh, how can’t I love my own birthday? Hehehehe.

My phone kept ringing once in a while all day today, so there I decided to go to the coffee shop downstairs just to reply my texts (oops, I’m sorry for this, Boss! In case you read this, hehehehe). I spent 10 minutes replying all those texts until my phone rang. Sarah from my team called asking me to go upstairs for an urgent matter related with the MC. Oh well, somehow I knew she had prepared a birthday cake for me and she was waiting in the canteen with all other team members, hehehehe.

And of course I was right! When I entered the canteen, everyone was singing and Sarah gave me my birthday cake. I blew the candles, made the first cut, and gave the first cake to Rian (and it was only because he was craving for the cake so badly, hehehehe). Then as usual, we took some pictures and exchanged jokes with each other. Thanks for making time to prepare this, guys! I know you were all super busy today! You know… it’s closing time for the finance team everywhere!

purq24931

Today, someone in my team asked me, “How does it feel to be 30?”

I didn’t deliver any good answer back then, but now, I have prepared the real good answer (at least I hope it’s a good one!). How does it feel to be 30? It feels like I have won the first round of my life. People says that 20’s will determine a lot of things in the future to come, and I do think that I have made the most of my 20’s. The ups and downs, the rights and wrongs, the tears and laughter, all of it have made me the one whom I always dreamed of. I’m grateful for every moment of my life, I’m even grateful for the mistakes that I ever did. Thanks to all those wrong turns I took, they have finally led me to where I am right now; to the place that I belong.

Yes, being 30 is scary in a way it makes me realize that I should really start a new phase in my life. I can’t be forever alone, but am I ready to share my life with someone for the rest of my life? Being 30 also pushes me to do something a lot better that I already did when I was younger. Given that I have achieved a pretty high bar in my 20’s, the next targets would be a lot more challenging to achieve. Just yesterday I told myself, “I know what’s next, but I’m not yet sure if I’m ready for it.”

But… hey… What’s the rush here? This is just my first day being thirty! Relax! If God gives me a chance to live longer, then I will still have plenty of times to make my wishes come true! If I could do it back in my 20’s, then insyallah, I can try to find a way to make my dreams happen in my 30’s too.

And finally… I want to share with you the biggest achievement I’ve made just a moment before I turned thirty: I learned how to sincerely forgive and let go of the things that are not meant to be. I’m also so proud that I’m never too tired to push myself to be a better one, I never lose my faith in humanity, and I’m really proud that I could remain as a happy person after every loss and failure I had over the first thirty years of my life.

Thank you everyone for the prayers, for being a part of my life (be it for years or just a little while), and for my blog readers, thanks for reading and motivating me to keep writing for you!

I’m gonna stop writing this long post and back to work! Hehehehe.

Wish you all a wonderful night!

30 Things I Learned Before 30

 

Believe it or not, I’ve started writing this post over the past one year just to be posted exactly tonight; a few hours before my 30th birthday. It’s all the life lessons I learned (the hard way for many of them) in the first thirty years of my life.

Here we go… Thirty things I learned before thirty.

  1. Dream, believe, and make it happen! I should always try to find a way to make my life worth living;
  2. When my very best effort doesn’t seem to be good enough, perhaps, it’s only because God has prepared something better for my future. Don’t run after the things that are not meant to be;
  3. Gain some, lose some. There’s always a price I’ve got to pay in everything I earn in life;
  4. Courage will take me to places I’ve never seen. Be bold enough to speak up my mind and to stand tall for myself;
  5. There’s nobody can tell me what I can and what I can’t do until I give it a try. Nobody can, not even myself!
  6. I’ve got to know when I should listen to someone else and when I should close my ears tight;
  7. The more I give, the more I get in return. The universe will always have its ways to repay it all;
  8. My battle is not about learning how to be patient, it’s to learn how to be wiser. How to be angry in a right way, in a right time;
  9. Be very good at something will always be my strength everytime something else in my life is falling apart. Hold on to it!
  10. There’s always an insecurity behind everything that is exaggerated. Don’t be fooled by that!
  11. Fairness is NOT always about equality. People might despise me for doing justice, but it’s their problems, not mine;
  12. I’m always too little or too much to someone who doesn’t really want me in their lives;
  13. Life is not only about finding the people who accept me with all my flaws, but also about finding the ones who can celebrate my victories;
  14. The more I have in life, the more people will try to make me feel less than who I really am;
  15. Friendship is not about the quantity, it’s the quality;
  16. No matter how hard I try, I will never be able to make everyone like me. And it’s okay;
  17. I’m not perfect. Nobody is perfect. And it’s okay too;
  18. True love doesn’t always make a perfect sense. I just look at him and I know that I love him. And that’s that;
  19. If I really love somebody, no matter how hard it is, I’d rather give my very best fight to make it happen. Otherwise, the “what if” questions will only haunt me for the years to come;
  20. True love is crystal clear. If it’s not a yes, it’s a no. If he really loved me, he would not do the things that would risk him of losing me. And if the feelings are mutual, the efforts are equal;
  21. When I forgive others, I forgive myself;
  22. Love myself first. The rest will follow;
  23. Find something I’d love to do and do a lot more of it;
  24. I don’t need to wait until I have all the things I want just to be happy. Happiness starts now!
  25. Happiness is a work. A HARD work!
  26. Life is too short to be a hater. If something looks great on someone else’s life, it doesn’t mean it will certainly look good on me too;
  27. I can’t be perfect, but I can always be awesome!
  28. Be good to myself. I owe this after every sweat, tear, and pain that I’ve been through;
  29. Don’t lose faith in humanity, in love, in friendship, in believing that this world still can be a better place;
  30. The rest of the world may give up on me, but I should never give up on myself.

Future Is Not Going to Be That Scary, Is It?

Ceritanya, hari ini gue nemenin adek gue berburu stroller ke baby fair di JCC. Gue pergi berempat sama adek gue, suaminya, dan anak pertamanya. Begitu sampai di sana, bisa ditebak, JCC penuh dengan keluarga muda yang juga banyak membawa anak-anak kecil mereka.

Entah kenapa, yang terlintas di benak gue malah masa depan gue setelah berkeluarga nanti.

Bisa kah gue membagi waktu untuk karier dan keluarga gue?

Bisa kah gue bersabar menghadapi rewelnya anak-anak gue nanti?

Bisa kah gue tetap akur, awet, dan hidup bahagia dengan suami gue hingga nanti ajal memisahkan?

Bagaimana kalau anak atau suami gue sakit?

Bagaimana kalau anak gue sulit diatur dan selalu jelek nilainya di sekolah?

Bagaimana kalau nanti suami gue malah naksir perempuan lain?

Entah kenapa, melihat sekumpulan keluarga muda di JCC tadi malah membuat gue berpikir yang jelek-jelek seperti itu. Dan ini bukan soal gue berpikiran buruk soal hidup orang lain, tapi lebih kepada mempertanyakan kesiapan gue untuk menempuh jalan hidup yang sepenuhnya berbeda dengan hidup gue saat ini.

Selesai beli stroller dan beberapa keutuhan bayi lainnya, di perjalanan pulang menuju kosan, kita mampir makan malam di daerah Tebet. Seperti biasa, acara makan malam diramaikan oleh celotehan ponakan kecil gue. Umur Arfa baru empat tahun, tapi dia sudah pintar berceloteh ini-itu!

Setelah makan beberapa potong sushi dan tiba waktunya untuk makan dessert, Arfa berkeras ingin menyuapi gue makan es krim. Dan jadilah gue makan disuapi anak umur empat tahun! Namanya juga anak balita, suapinnya asal-asalan. Pisang dipotong super besar dan suapan es krimnya malah meleleh ke mana-mana. Meski akhirnya malah mengotori syal dan baju gue, entah kenapa, gue benar-benar merasa senang makan bareng ponakan gue itu.

Saat itulah gue menyadari… gue yang sekarang sudah jauh berbeda dengan gue bertahun-tahun yang lalu. Salah satu contohnya soal interaksi gue dengan anak kecil. Sebelum ada Arfa, gue paling malas basa-basi sama anak kecil. Gue bingung mesti gimana dan gue benar-benar enggak tertarik main sama mereka. Tapi kalo sekarang, jangankan Arfa, hanya sekedar anak kecil tidak dikenal yang tiba-tiba nempel sama gue di restoran pun udah mulai bisa bikin gue ngerasa terhibur.

Dan sebetulnya, yang berubah dari gue bukan hanya soal keluwesan menghadapi anak kecil saja. Gue udah melewati begitu banyak hal selama belasan tahun belakangan ini, melewati begitu banyak naik-turun kehidupan, melewati begitu banyak hal yang kemudian mendewasakan dan mengubah beberapa hal penting dalam diri gue ini. Pada akhirnya gue berkesimpulan… jika gue sudah berhasil melewati 30 tahun pertama hidup gue dengan baik, kenapa gue harus takut melewati tahun-tahun berikutnya dalam hidup gue nanti?

Dulu, gue tipe orang yang anti sosial. Tapi sekarang, bukan hanya berhasil mempererat hubungan gue dengan keluarga gue, tapi gue juga mulai berhasil mempertahankan persahabatan hingga bertahun-tahun lamanya.

Dulu, gue juga tipe orang yang luar biasa malasnya. Hidup cukup ikut air mengalir saja. Tapi sekarang, alhamdulillah, gue mulai sedikit demi sedikit berhasil mewujudkan hal-hal yang dulu hanya bisa gue simpan dalam impian.

Kemudian beberapa tahun belakangan ini, gue banyak dikejutkan dengan hal-hal yang sangat-sangat menyakiti perasaan gue. Tapi hebatnya, semua kejadian buruk itu tidak menghilangkan kepercayaan gue kepada sesama manusia. Salah mempercayai satu orang bukan berarti semua orang juga pasti akan melakukan hal yang sama.

Soal karier juga jatuh bangunnya tidak jauh berbeda. Gue pernah gagal, pernah merasa sangat dikecewakan, pernah merasa tidak yakin dan ragu-ragu, tapi alhamdulillah, semua pengalaman buruk itu justru mengajarkan gue hal-hal berharga yang tidak pernah ada di buku kuliah dulu. Dan yang paling membuat gue merasa bangga, gue berhasil mendapatkan rezeki gue dengan cara yang halal, serta tetap bisa melangkah maju tanpa perlu repot-repot menjatuhkan orang lain yang gue anggap sebagai pesaing.

Yang terakhir, dan ini yang paling penting, terlepas dari segala kesalahan yang pernah gue lakukan, perbuatan yang kemudian gue sesali, dan pilihan-pilihan yang ternyata hanya merugikan diri gue sendiri, pada akhirnya, gue tetap bisa bertahan untuk mencintai diri gue sendiri. Gue tidak pernah terlalu letih untuk bangkit kembali. Gue tidak pernah kehilangan keyakinan bahwa gue pasti bisa terus berubah menjadi lebih baik daripada diri gue yang sekarang ini.

Pulang ke rumah, gue sudah merasa lebih baik. Ulang tahun gue ke tiga puluh tahun hanya tinggal hitungan hari, dan insyaallah, gue udah siap memasuki babak baru dalam hidup gue ini. Semoga di tahun-tahun berikutnya, entah apapun yang terjadi nanti, gue tetap bisa mempertahankan hal-hal positif yang gue tulis dalam blog ini. Hidup tidak akan semakin mudah, tapi semoga, gue tidak akan pernah berhenti belajar untuk berbahagia.

To my future… let’s bring it on!

Belajar Berbahagia Untuk Orang Lain

Satu hal yang sulit gue mengerti dari orang yang sering merasa iri adalah, “Apa sih, susahnya berbahagia atas kebahagiaan orang lain?”

Karena beneran deh, kalo buat gue, berbahagia untuk orang lain itu sama sekali enggak ada susahnya!

Contohnya…

Gue selalu happy tiap kali ada teman gue yang akan segera menikah. Gue paling suka lihat-lihat koleksi foro pre-wedding milik orang-orang yang gue kenal. Selain itu, semakin gue dilibatkan dalam persiapan pernikahan mereka, semakin gue senang!

Gue juga pernah beberapa kali merasa lega ketika teman-teman gue (termasuk yang enggak akrab-akrab banget) akhirnya berhasil melahirkan anak pertama entah itu setelah beberapa kali keguguran atau setelah menunggu bertahun-tahun lamanya. Dan tiap kali ada saudara atau sahabat gue yang baru saja punya bayi, gue paling senang pergi ke toko bayi untuk pilih-pilih hadiahnya.

Gue juga ikut merasa excited saat mendengar teman gue baru saja mendapatkan promosi, atau baru diterima di perusahaan impian mereka. Gue bahkan ikut merasa bangga saat salah satu mantan teman sekantor diliput media sebagai CFO salah satu listed company (padahal, gue cuma kenal selintas saja sama orang itu).

Sama halnya saat ada teman yang mengabari baru saja memulai bisnisnya sendiri. Gue selalu menikmati browsing di online shop milik teman-teman gue. Ada rasa haru yang agak sulit gue jelaskan. Senang rasanya melihat teman gue sudah bisa berbisnis sampai sejauh itu.

Kemudian soal traveling. Hanya sekedar melihat foto-foto perjalanan orang lain di socmed bisa bikin gue tidak sabaran untuk segera klik “like”. Bisa jadi inspirasi untuk tujuan perjalanan gue selanjutnya.

Don’t you see what I meant?

Kebahagiaan orang lain tidak lantas berarti mengurangi kebahagiaan milik kita sendiri… Malah sebetulnya, mampu berbahagia untuk orang lain itu hanya akan melipatgandakan kebahagiaan dalam hidup kita ini. Kita jadi semakin sering punya alasan untuk bisa merasa bahagia. Kesempatan kita untuk merasa bahagia hanya akan menjadi tidak terbatas!

Penting untuk kita belajar berbahagia atas kebahagiaan orang lain… Jika kita bisa berbahagia untuk orang lain, apa lagi untuk diri kita senidiri?

Wish you have a merry Sunday! We have a lot of happiness to celebrate!

Seperti Apa Rasanya Bahagia?

Kebahagiaan, setidaknya dalam hidup gue sendiri, datang dalam berbagai bentuk.

Bisa jadi, gue hanya sedang berjalan di tengah keramaian sendirian, atau duduk melamun sendirian, lalu tiba-tiba gue tersenyum dan berujar dalam hati, “Thank God for the life that You give to me!”

Bisa juga jelas terasa saat gue sedang tertawa lebar. Tertawa sampai sakit perut, sampai rahang dan kedua pipi terasa pegal.

Bahagia juga jelas terasa saat gue menceritakan hal-hal baik yang terjadi dalam hidup gue. Kejutan manis dari sahabat dan keluarga, prestasi yang gue dapatkan di dunia kerja, atau, cerita suka-duka saat traveling yang dulu pernah gue lewati.

Bahagia juga terasa meluap tiap kali terlintas di benak gue ide-ide brilian untuk gue jadikan ‘percobaan selanjutnya’. Semangat yang membuncah, rasa tidak sabar untuk segera mulai menjalankan rencana-rencana.

Lalu pada akhirnya, kebahagiaan jelas paling terasa saat mendengar kerja keras gue telah mendatangkan hasil yang nyata. Atau setidaknya, bisa terasa saat gue baru saja melakukan hal-hal yang gue anggap luar biasa. Rasa lega, bangga, puas, dan semua perasaan positif bercampur baur dalam waktu yang bersamaan.

Saat bahagia, gue bisa bercerita tanpa putus. Gue bisa tersenyum sendiri meski sedang tidak ada hal lucu di sekitar gue. Ada pula rasa bahagia yang membuat bulu kuduk gue jadi merinding, hati terasa hangat, dan pikiran terasa damai.

Gue palling menyukai diri gue di saat gue sedang bahagia-bahagianya. Gue jadi lebih lepas. Lebih bisa menerima kekurangan dan kegagalan gue. Jadi lebih ikhlas menerima kenyataan yang sebelumnya gue ingkari. Singkatnya bisa dibilang, rasa bahagia bisa membuat hal-hal sulit jadi terasa lebih mudah untuk gue jalani.

Hidup cuma sekali dan gue ingin berbahagia sebanyak yang gue bisa. Makanya saat gue ulang tahun nanti, daripada mendoakan panjang umurnya, lebih baik doakan selalu bahagia sepanjang hidupnya. Karena buat gue, hidup pendek tapi bermakna dan bahagia akan terasa lebih berharga dari hidup panjang yang sia-sia.

Be happy, and that’s only because you owe that happiness to yourself, after everything that you’ve been through.

Selamat berhari Minggu!

7 Alasan Kenapa Pujian Bisa Jadi “Berbahaya”

Akhir-akhir ini, gue seringkali berpikiran bahwa pujian juga bisa jadi sesuatu yang “berbahaya”. Kenapa demikian? Macam-macam alasannya. Beda kasus bisa beda sebab-akibatnya. Berdasarkan pengalaman pribadi gue sendiri, berikut ini daftar alasan kenapa gue bilang, pujian juga bisa jadi sesuatu yang berakibat buruk untuk diri kita sendiri.

  1. Membuat kita jadi besar kepala, sombong, dan tidak lagi rendah hati;
  2. Membuat kita merasa sudah “good enough” sehingga tidak lagi melakukan upaya pengembangan diri;
  3. Membuat kita lengah hanya karena merasa sudah “menang”. Bisa jadi suatu hati kita terkejut dengan datangnya si “kuda hitam”;
  4. Kadang-kadang, suatu pujian bisa membuat gue ngerasa nervous… Bagaimana jika suatu hari gue melakukan kesalahan dan gue tidak lagi dinilai pantas mendapatkan pujian itu?
  5. Pujian itu amanah yang harus dijaga… dan menjaga amanah memang tidak selalu mudah untuk dilakukan;
  6. Membuat kita jadi ekstra syok saat di lain kesempatan, kita mendapat kritik dari orang lain (atau bisa jadi, dari orang yang sama yang dulu memberikan pujianQ); dan
  7. Membuat kita jadi “rigid”. Pernah mendapatkan pujian dalam suatu hal bisa membuat kita berpikiran kita harus melakukan hal yang sama dalam semua kondisi yang akan datang.

Lalu bagaimana cara gue menyikapi ketujuh hal di atas?

Yang pertama, tetap harus relaks! Jika dapat pujian, ucapkan terima kasih, tersenyum tulus, lalu tidak ada salahnya kita bersenang hati saat menerima suatu pujian. Tidak ada yang salah dari “merayakan” pencapaian hidup kita sendiri. Tidak usah pula berpikir macam-macam soal motif di balik pujian tersebut. Anggap saja pujian itu sebagai hadiah atas kerja keras kita. Enjoy it when you have it!

Hanya saja setelah itu, jangan lantas berpuas diri. Jangan lengah. Jangan berhenti untuk terus mengembangkan diri kita sendiri! Ingat selalu bahwa kenyataannya, mempertahankan itu bisa jadi lebih sulit daripada mendapatkannya! Tidak masalah jika pujian itu sedikit terasa seperti beban, tapi jangan biarkan beban itu memperlambat langkah kehidupan kita ini!

Do great things in life and be happy with it! Wish you all a winning week ahead!

Dengarkan Nasehat yang Baik, Meskipun Datangnya dari Anak Kecil Sekalipun

Dulu banget, gue pernah mengeluh ke bokap tentang guru yang sok menasehati gue padahal dia sendiri pun sangat terkenal dengan perilaku buruknya. Waktu itu, bokap gue malah bilang begini, “Enggak usah dilihat siapa yang memberi nasehat, yang penting dilihat isi nasehatnya. Nasehat yang baik harus diterima meskipun nasehat itu datang dari anak kecil sekalipun.”

Dan ternyata, nasehat bokap itu datangnya dari kisah salah satu Imam di jaman Rasulullah dulu. Sudah belasan tahun berlalu, dan baru akhir-akhir ini gue melihat kebenaran dari nasehat bokap gue itu. Kenapa baru sekarang? Awalnya karena baru sekarang gue menyadari… bahwa gue sendiri pun, sesekali masih suka menasehati orang lain sesuatu yang gue sendiri belum bisa lakukan dengan baik dan benar. Gue juga masih jauh dari sempurna, tapi gue tetap suka menasehati ini-itu.

Kadang, gue melakukannya sebagai bagian dari pekerjaan. Sudah kewajiban gue sebagai atasan untuk memberikan feedback kepada tim gue, bahkan terkadang, kepada atasan-atasan gue sendiri. Tujuannya apa lagi jika bukan untuk bersama-sama meningkatkan kinerja dan mencapai tujuan perusahaan!

Di lain waktu, gue melakukannya dengan niat untuk membantu. Kadang, gue menasehati berdasarkan pengalaman pribadi; sesuatu yang pernah berhasil gue lakukan dengan baik. Tapi kadang, saat gue menasehati orang lain, di saat yang sama, gue juga sedang menasehati diri gue sendiri. Gue tahu apa yang gue harus lakukan (yang juga relevan untuk lawan bicara gue), hanya saja karena beberapa hal, gue sendiri masih belum mampu melakukannya.

Yang terakhir, bisa jadi gue tidak menyadari bahwa gue sendiri juga pernah melakukan hal-hal buruk yang gue sebutkan dalam nasehat gue itu. Gue kan hanya manusia biasa, bisa khilaf, bisa lupa, sangat jauh dari yang namanya kesempurnaan… Dan kalau gue ingin dimaklumi, maka gue juga harus belajar memaklumi!

Kemudian suatu waktu, gue melihat beberapa orang kenalan dalam waktu yang hampir bersamaan, yang sebetulnya punya potensi luar biasa dalam diri mereka. Gue tahu banget mereka bisa menjadi lebih dari apa yang mereka inginkan. Hanya saja sayangnya, setiap kali diberikan nasehat baik, mereka lebih memilih untuk merasa diserang. Disudutkan. Dihina. Dan lain sebagainya. Sebagai bentuk perlindungan, mereka malah mengembalikan nasehat itu kepada si pemberi nasehat. Orang-orang yang berniat menolong malah dibilang munafik hanya karena mereka memberikan nasehat di saat diri mereka sendiri masih punya banyak kekurangan.

Sejak itulah gue semakin meyakini… Jika kita menunggu manusia yang sempurna hanya untuk menerima nasehat mereka, maka sampai kapanpun, tidak akan pernah ada nasehat baik yang akan pernah masuk ke telinga kita ini. Kenapa demikian? Karena kenyataanya, orang yang sempurna itu tidak pernah ada!

Gue mengerti betapa menyebalkannya mendengar nasehat dari seseorang yang di mata gue benar-benar “enggak banget”. Tapi setelah dipikir-pikir lagi… jika gue menolak mendengar sesuatu yang baik untuk gue, maka gue sendiri juga yang akan paling dirugikan dan bukan mereka yang mencoba memberikan nasehat! Perbaikan diri kita adalah urusan kita, tanggung jawab kita, sedangkan perbaikan orang lain yang hanya sibuk menasehati orang lain tanpa memberbaiki dirinya sendiri itu murni urusan mereka, bukan urusan kita. Jadi kenapa tidak kita coba cerna demi kebaikan diri kita sendiri?

Memang benar, tidak semua nasehat itu harus kita dengarkan. Tidak semua nasehat itu benar. Sesuatu yang baik untuk orang lain, belum tentu baik untuk diri kita ini. TAPI, jika kita tidak coba untuk mendengar dulu, maka dari mana kita bisa tahu baik tidaknya nasehat mereka itu?

Ada kalanya, orang lain yang berada dalam posisi netral memang betul bisa melihat permasalahan kita secara lebih jelas dan bijaksana. Jadi, didengar dan dicerna tidak akan pernah ada ruginya! Bagaimanapun, masukan dari orang lain tetap salah satu dasar untuk instropeksi yang paling berharga. Dan jika kita ingin berpikiran positif, masih ada yang menasehati itu artinya masih ada orang yang peduli pada hidup kita ini!

Hidup manusia sudah pasti terlalu pendek untuk bisa mencapai kesempurnaan. Jangan pernah merasa diri kita sudah cukup dewasa untuk merasa serba sempurna. Dan kenyataannya, orang yang paling merasa serba sempurna, yang selalu merasa paling benar, adalah orang yang paling lambat perkembangan jalan hidupnya. Mendengarkan nasehat baik bisa jadi awal yang baik untuk hidup yang lebih baik. Jadi dengarkanlah, meskipun nasehat itu datangnya dari anak kecil, dari orang yang paling menyebalkan, atau dari orang yang tidak lebih baik daripada diri kita sendiri.

We only live once, let’s just make the very best of it! Let’s be the very best that we can be! Remember what I’d always love to say; we can’t be perfect, but we definitely can be awesome, hehehehe.

 

 

Everything I Always Wished for in My Career

Last night, a friend from Ernst & Young (EY); my first full time employer, got married. Unlike any other wedding party, I was a little bit nervous on my way to the wedding venue. I was going to meet the people in my first professional job. Even though I only worked for EY less than three years, my short tenures with this Company was still a major contributor in my career achievements.

Working for EY has taught me how to be tough. You may be tired and lack of sleep, but deadline is deadline anyway.

I learned how to be confident and went talking to the clients even though I was just a fresh graduate (read: a newbie).

I also learned how to build a decent working paper, how to solve accounting problem efficiently, and some other survival kits you need to fight on finance and accounting battlefield.

I even still remember some of my seniors’ advice:

  1. Not documented, not done;
  2. Do not let anything pending on you. It has to be pending on someone else, always; and
  3. Fake it until you make it.

And did you know? I would never get my jobs at the two companies after EY if I didn’t have working experience at EY written in my CV.

Resigning from EY was another milestone of my life. I loved the Company, I loved my team, but I just couldn’t stand working as an auditor. I used to tell my teammates this and that about my dream job and then I truly left. I knew, I just knew, auditing was not made for me.

It’s been more than five years since I left EY and almost everyone in my former audit team have left EY as well. And then last night, I met them again. I only stayed in touch with a few of them and it was really nice to meet many familiar faces from the past again!

Most of my friends came to the party with their spouses and kids, of course. Intimidating? Apparently not! None of them asked me when I would get married, and nearly all of them asked me about my career instead. We talked about how I liked my current job, my bosses who really trust me to run the Company, and the most discussed topic was about my business trips (they know how much I love traveling). Last night, the more I realized… I’ve got everything I always wished for in my career.

Finding in a dream job is pretty much the same in finding myself. I’ve got to try everything the Company can offer to me, the ups and downs, learn from the mistakes and restart from the scratch again. And then when I find “the one”, it does really make my life feel complete. I know what I want, what I’d love to do more, I know where to keep up and where to improve myself.

People says that I’m already good at my job, but the truth is, I’m still learning. I still have a lot of flaws that I’ve got to work on. Having said that, it’s still nice to know that I’m already on the very right track. It’s nice to know that I left EY for something better; for a brighter future, for a path toward my dream job. Insyaallah! 🙂

Staying or leaving your current job, either way is okay, as long as you know that you would do awesome in whichever decision you make.

Sometimes, It’s Not You, It’s Life

Dalam rangka instropeksi diri, gue sengaja tanya-tanya ke beberapa orang yang punya sifat bertolak belakang dengan sifat gue sendiri. Intinya, gue kepingin tahu… Is it just me or it’s also happening in their life?

Cowok-cowok “numpang lewat”

Tadinya gue pikir, cowok-cowok yang cuma numpang lewat dalam hidup gue itu lebih karena gue yang bukan tipikal cewek idaman pada umumnya. Misalnya, tinggi badan gue yang kelewat jangkung untuk ukuran perempuan Indonesia, sifat gue yang kurang “keibuan” dan cetakan muka gue yang udah judes dari sananya.

Gue lalu ngobrol-ngobrol sama salah satu teman cewek yang termasuk cewek idaman di kantor gue dulu. Cantik, postur tubuh ideal, ramah, dan cewek banget. Tahu apa nasehat dia buat gue?

Dia bilang, “Setelah beberapa kali deket sama cowok, gue belajar satu hal sih… kalo cowok itu bener-bener suka sama kita, kita nggak perlu ngelakuin apa-apa karena dia yang akan terus berusaha making a move. Kadang ada yang cuma lihat-lihat, pengen kenalan dan pengen deket aja, tapi nggak ada further relationship.”

Nah! See? It’s not just me! Hehehehehe.

Apa yang gue pelajari dari sini? Jodoh itu ibarat rezeki; ada yang lancar, ada yang kurang lancar. Ada yang cepat, ada yang lebih lambat. Memperbaiki dan memantaskan diri tidak sama artinya dengan harus berpura-pura menjadi orang lain (misalnya, harus lebih feminim dan lebih keibuan). Jika kita sudah berusaha sebaik-baiknya dan cowok-cowok itu tetap hanya numpang lewat saja, maka kesimpulannya sederhana: kita hanya belum menemukan cowok yang tepat saja. Kebetulan, rezeki kita soal jodoh hanya lebih lambat daripada orang lain pada umumnya.

Konflik dengan Teman

Pernah beberapa kali kehilangan teman, atau bahkan sahabat karib, sempat bikin gue ngerasa benci sama diri gue sendiri. Gue yang terlalu keras kepala, gampang marah, dan lain sebagainya.

Gue lalu ngobrol-ngobrol sama salah satu teman yang terkenal sangat-sangat ramah. Tipe orang yang selalu berusaha menjaga perasaan orang lain. Tipe orang yang auranya positif, selalu ceria, dan banyak disukai teman-temannya. Tahu apa pengakuan dia soal teman-temannya?

“Aku juga sering, konflik sama teman. Aku bukan tipe orang yang suka gosipin kejelekan orang lain. Jadi kalo obrolan udah mengarah ke sana, aku ngejauh. Teman-teman jadi nggak suka dan akhirnya aku ikutan dijelek-jelekin di belakang. Itu sebabnya, aku jadi susah percaya sama orang lain.”

Apa yang gue pelajari dari sini? Tipe kepribadian seperti apa pun PASTI ada saja konfliknya di dalam pergaulan. Mungkin beda tipe kepribadian beda pula jenis masalahnya, tapi tetap ada saja konflik yang ujung-ujungnya, bisa membuat kita jadi lebih sulit untuk percaya pada orang lain. Dari sini gue juga belajar, yang membedakan pertemanan dengan persahabatan adalah kemampuan untuk bisa melewati konflik yang terjadi. Teman tidak bisa ‘naik pangkat’ jadi sahabat, dan sahabat tidak bisa awet menjadi “BFF” jika tidak ada kemauan dari kedua belah pihak untuk mencari solusi dari masalah di antara keduanya.

Korban Gosip

Cukup sering menjadi bahan pembicaraan orang lain seringkali membuat gue bertanya-tanya… Gue salah di mana ya? Apa karena gue terlalu dingin? Kurang outgoing, kurang bersahabat, dan kurang-kurang lainnya. Tadinya gue berpikir, berusaha merangkul lebih banyak orang seharusnya bisa membuat mereka lebih tidak enak hati untuk bergosip soal gue.

Gue lalu ngobrol panjang lebar dengan salah satu teman yang terkenal lucu, sederhana, rendah hati, dan saking ramahnya, dia ini tipe orang yang sangat suka membuka obrolan dengan hampir semua orang yang dia temuin. Tidak heran kalau ada banyak orang yang mengharapkan kehadiran dia untuk sekedar memeriahkan suasana.

Kenyataannya, dia malah bilang begini, “Ah, gue juga sering diomongin orang, ya tetangga lah, ya di kantor lah. Depan gue, mereka semua baik. Tapi kalo di belakang, omongannya minta ampun!”

Apa yang gue pelajari dari sini? Mau bagaimanapun juga, semakin tinggi pohon, semakin kencang anginnya. Sekeras apapun kita berusaha, kita tidak akan pernah bisa jadi sempurna. Dan semakin kita menjadi sorotan publik, semakin banyak pula orang yang diam-diam mencari celah ketidaksempurnaan kita itu. Menurut gue, di sini lah proses “seleksi alami” akan berjalan dengan sendirinya. Pada akhirnya, kita akan tahu dengan sendirinya… siapa yang tulus, dan siapa yang tidak tulus. As simple as that.

Pada akhirnya, secara umum gue berkesimpulan… Terkadang, sesuatu terjadi memang karena salah gue sendiri, tapi terkadang, sesuatu terjadi bukan karena gue begini atau begitu, tapi memang karena begitulah hidup di dunia ini.

Don’t be too hard on yourself, because sometimes, it’s not you, it’s simply life just the way it is.