7 Alasan Kenapa Pujian Bisa Jadi “Berbahaya”

Akhir-akhir ini, gue seringkali berpikiran bahwa pujian juga bisa jadi sesuatu yang “berbahaya”. Kenapa demikian? Macam-macam alasannya. Beda kasus bisa beda sebab-akibatnya. Berdasarkan pengalaman pribadi gue sendiri, berikut ini daftar alasan kenapa gue bilang, pujian juga bisa jadi sesuatu yang berakibat buruk untuk diri kita sendiri.

  1. Membuat kita jadi besar kepala, sombong, dan tidak lagi rendah hati;
  2. Membuat kita merasa sudah “good enough” sehingga tidak lagi melakukan upaya pengembangan diri;
  3. Membuat kita lengah hanya karena merasa sudah “menang”. Bisa jadi suatu hati kita terkejut dengan datangnya si “kuda hitam”;
  4. Kadang-kadang, suatu pujian bisa membuat gue ngerasa nervous… Bagaimana jika suatu hari gue melakukan kesalahan dan gue tidak lagi dinilai pantas mendapatkan pujian itu?
  5. Pujian itu amanah yang harus dijaga… dan menjaga amanah memang tidak selalu mudah untuk dilakukan;
  6. Membuat kita jadi ekstra syok saat di lain kesempatan, kita mendapat kritik dari orang lain (atau bisa jadi, dari orang yang sama yang dulu memberikan pujianQ); dan
  7. Membuat kita jadi “rigid”. Pernah mendapatkan pujian dalam suatu hal bisa membuat kita berpikiran kita harus melakukan hal yang sama dalam semua kondisi yang akan datang.

Lalu bagaimana cara gue menyikapi ketujuh hal di atas?

Yang pertama, tetap harus relaks! Jika dapat pujian, ucapkan terima kasih, tersenyum tulus, lalu tidak ada salahnya kita bersenang hati saat menerima suatu pujian. Tidak ada yang salah dari “merayakan” pencapaian hidup kita sendiri. Tidak usah pula berpikir macam-macam soal motif di balik pujian tersebut. Anggap saja pujian itu sebagai hadiah atas kerja keras kita. Enjoy it when you have it!

Hanya saja setelah itu, jangan lantas berpuas diri. Jangan lengah. Jangan berhenti untuk terus mengembangkan diri kita sendiri! Ingat selalu bahwa kenyataannya, mempertahankan itu bisa jadi lebih sulit daripada mendapatkannya! Tidak masalah jika pujian itu sedikit terasa seperti beban, tapi jangan biarkan beban itu memperlambat langkah kehidupan kita ini!

Do great things in life and be happy with it! Wish you all a winning week ahead!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s