Someone Who Loves You

Did you know? Someone out there, explicitly or secretly, love you sincerely with all they have.

They believe in you even when there’s no one else does.

They see the good things in you that no one else can see.

They’ll always stand by you even when no one seems to understand their feeling for you.

They miss you, care about you, prioritize you when everyone else gets busy with their life.

They make time for you. For your stories. They cherish every moment they share with you.

Your dreams are their dreams. They are your very best supporter. They’re always there, right in your corner.

They are hurt when you’re hurt. They don’t laugh when you stumble and fall. They mean it when they say you never need to be alone.

And did you know?

They mention your name, repeatedly, in their prayers.

Even when you hurt them so badly, they still wish for nothing but the best for you.

When they let go, they still hope all the best for you, and your future to come.

Most of the times, it takes courage just to love somebody. They put their heart on the line just to let you know how much they love you. And when somebody loves you selflessly, they will always put you before themselves. They compromise, over and over again, just to keep their love alive.

Don’t you see? You should be thankful that you do have someone who loves you that much. Being in love is a choice, but being loved by someone else is a privilege. It’s a bless.

Love them back in a way that they deserve, or if you can’t, at least, do treat them with some respects. You’re not completely who you are without having the ones who love you, with all your flaws, genuinely and unconditionally.

The Little Things I’m Happy About

People says that happiness comes from the little things and lately I find it definitely true! You don’t need to have a big reason in life just to be happy.

To me, in the past one month, happiness was when I…

  1. Received a voice note from my nephew after one long day at work;
  2. Met a pleasant taxi or Uber driver and had a nice chat along the trip;
  3. Ordered a mineral water from a Gojek driver (it’s only because I’m too lazy to walk to the pantry upstairs, hehehehe) but apparently, the café only sold the food. Then the driver went somewhere else just to buy the water for me (without being asked!);
  4. Met an old friend’s Mom and she said that I looked 5 years younger than I was, hehehehe;
  5. My friend’s son called me “the pretty Aunty” 😉
  6. My best friend asked her boyfriend if he knew someone potential to be my date (she hasn’t got one but I appreciate the effort, seriously, hehehehe);
  7. Planned a birthday bash next month and a few friends helped to connect me with some contacts to make it happen;
  8. Had new lunch mates (I have known them for a while though) and we had a couple of good laughs during the meals;
  9. Bought a pretty dress with size M (because it was the last size remained) and my Aunty offered to fix the size for me, and for free, hehehehe;
  10. One of my ex-best employees told me that she had returned to Jakarta and she was interested to join my team again!
  11. My birthday is one month away but I already received two gifts from my friends;
  12. Had a bad day and an office mate offered to have coffee and chat at 24 hours café. We went home at 2 AM and I felt a lot better;
  13. My sister was so pissed when I was hurt. I just knew that no matter what happened, I would always have someone in my corner;
  14. Sleep tight and eat a lot! My appetite is back!
  15. Received a few texts from my friends asking if things got better recently. Their texts have made my days better already 🙂

I have a lot of problems, I know, but I also have a lot more blessings to celebrate.

Wish you all a wonderful weekend!

Don’t Let Your Insecurity Hurt You (and the People Around You)

Living as an ugly duckling and having lots of doubts on myself? Been there done that. I was like an ugly duckling inside out so many years back. I know for sure how it used to hurt myself as much as it hurt the people around me. It hurt me in a way it made me feel bad on everything (even the good things!) and it hurt others as I pushed them away, harmed them with the words I said, and it was all only because I was not comfort of being myself.

Do you want me to write you a precise example?

When we believe we are ugly, just one person criticizing our pimples will hurt us badly. Just one critic is enough to make us hate them for speaking up their mind.

When we believe that we are a mediocre, one feedback from the boss will make us feel like we’re losing. We’ll start despising the boss, or maybe, we’ll hate anyone else who’s capable to win the competition.

When we believe that we are not lovable, just one fight will make us walk away. We tend to think it’s better to leave rather than being left behind.

When we believe that we are a loser, we tend to refuse to celebrate our victories. It feels like we’re just being lucky. Or whatsoever.

And what’s even worst, when we believe that our life is full of failures, we may end up hating everyone who seems to be doing so well with their life.

It’s actually okay to feel insecure. When I know I’m insecure on something, I immediately know that I have something to fix, to improve, to work on. Having said that, it’s never okay to let our insecurities hurt the innocent people around us.

Don’t be too comfort with your flaws. It only makes your insecurity scaling up to the higher level. If you know that you’re not comfort with something in yourself, then do something about it.

If you’re a student and you’re ashamed of your GPA, study harder. You may want to learn from the straight A students. They are not magically smarter than you, they only work harder than you do.

If you’re an employee and you’re not proud of your own works, then go asking your boss the things that you can do to improve your performance. Bad mouth your colleague won’t do you any good. It’s only a proof that you don’t deserve any better return from the Company.

If you’re a child, sibling, girlfriend/boyfriend, husband/wife to someone and you don’t feel like you’re loved enough, it’s always okay to ask them how they feel about you. Being cranky, silent treatment, or testing them with this and that will never send them the message. Or maybe, you can tell them that you love them first. If being honest about your feeling scares them away, then why would you want to be with them anyway.

If you’re not comfort with your body size, work out and eat less. If you’re not confident with your pimples, find the cure and get rid of your bad habits. Either find the solution or just live happily with it. Being a hater will never make us any prettier 😉

And if you don’t feel good about your personality, then do something to make you feel better. You know your problems and you know best how to fix it. You only need a strong will and a strong effort to make it happen.

Live your life with your very best efforts on everything. Your happiness, your achievements, and your future all lays on yourself. If you can’t make you feel good about yourself, then nobody can. Stop making excuses and just start with your very first move, starting from now!

We’re not the God, Don’t Judge Too Much

Belum lama ini, gue curi-curi dengar obrolan beberapa orang di meja makan sebelah di salah satu restoran di Kota Kasablanka. Salah satu cewek di kelompok itu bilang begini, “Rumah dia kemalingan pasti karena kurang banyak sedekahnya!”

Gue cukup kaget mendengarnya. Orang kena musibah kok, bukannya bersimpati malah dituduh yang bukan-bukan? Lagipula, dia itu kan bukan Tuhan, maka dari mana dia bisa tahu segala-galanya tentang amal-ibadah temannya itu?

Percakapan mereka mengingatkan gue dengan salah satu teman lama. Saat orang lain tertimpa musibah, dia akan langsung bilang, “Itu karmanya dia karena bla bla bla.” Tapi saat gantian dia sendiri yang sedang punya masalah, dengan entengnya dia cuma bilang, “Kesabaran gue sedang diuji sama Tuhan.”

Memang benar ujian itu ada banyak ‘penyebabnya’. Bisa jadi teguran dari Tuhan, ujian atas kesabaran, dan lain sebagainya. Tapi sekali lagi, bagaimanapun, hanya Tuhan yang Maha Mengetahui, bukan manusia!

Saat kita terkena musibah, entah itu hilangnya harta benda, kehilangan pekerjaan, penyakit, kecelakaan, dan lain sebagainya, tidak ada salahnya kita instropeksi diri. Teguran atas kelalaian kita kah? Balasan karena pernah menyakiti perasaan orang lain kah? Atau memang bisa jadi hanya sekedar ujian kehidupan saja. Toh pada akhirnya, enggak pernah ada manusia yang hidupnya selalu lancar-lancar saja!

Akan tetapi, jika musibah tersebut jatuh menimpa orang yang kita kenal, lebih baik kita bersimpati daripada berkomentar yang hanya akan memperkeruh suasana. Tidak perlu menyebarkan opini yang belum tentu kebenerannya (ini jatuhnya bisa jadi fitnah lho). Tidak usah sibuk menduga-duga karena kita tidak tahu segala-galanya. Jika kita tidak bisa menghibur atau membantu mengurangi beban mereka, maka, sekedar diam saja sudah lebih dari cukup.

Don’t play God. Don’t judge too much. 

Kenapa Kita Harus Belajar Memaafkan?

Waktu jaman sekolah dulu, gue pernah sebal banget dengan teori bahwa jika kita tidak mau memaafkan, maka dosa orang yang kita benci itu akan berpindah kepada kita. Pikir gue, tidak adil dan tidak masuk akal! Bagaimana jika memang orang yang bersangkutan yang berbuat salah dan menyakiti perasaan kita?

Seiring berjalannya waktu, sedikit demi sedikit, gue mulai belajar untuk memaafkan orang lain. Bukan soal dosa atau tidak dosa, tapi lebih karena kesadaran atas alasan kenapa gue harus bisa memaafkan kesalahan orang lain. Apa saja alasannya?

  1. Karena bisa jadi, orang lain menyakiti gue karena gue sendiri yang pernah terlebih dulu menyakiti perasaan mereka;
  2. Karena tidak ada manusia yang sempurna, termasuk diri gue sendiri. Jika gue ingin dimaafkan atas segala kesalahan gue, maka gue juga harus bersedia memaafkan orang lain atas segala kesalahan mereka;
  3. Karena tidak seharusnya gue membiarkan keburukan seseorang membuat gue melupakan kebaik-kebaikan mereka sebelumnya;
  4. Gue hanya akan menghabiskan masa tua seorang diri jika gue tidak mau memaafkan orang lain di sekitar gue. Apalagi kenyataannya, semakin dekat seseorang, semakin besar kemungkinan mereka menyakiti perasaan kita;
  5. Memaki-maki orang yang gue benci (terutama jika dilakukan di depan umum, termasuk social media) hanya akan membuat gue sendiri yang terlihat menyebalkan di mata orang lain;
  6. Saat gue belajar memaafkan orang lain, gue belajar memaafkan diri gue sendiri; dan
  7. Yang paling penting, membenci dan menyimpan amarah hanya akan melukai perasaan gue sendiri. Bukan melukai orang yang gue benci, tapi melukai diri gue sendiri.

Bagaimana jika konflik yang menimpa kita itu murni kesalahan orang yang bersangkutan? Kebohongan mereka, fitnah mereka, dan lain sebagainya… Buat gue tetap sama saja; maafkan segera setelah kita berhenti ‘berduka’ (malah sebetulnya, semakin cepat, semakin baik!).

Setiap orang bertumbuh dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang masih labil dan mencari jati diri. Ada yang masih belum makan banyak asam garam yang dapat mendewasakan kepribadian mereka. Dan ada pula yang hanya khilaf yang karena sedang tertekan dengan banyak masalah dalam hidup mereka sendiri. Gue sendiri pernah banyak menyakiti perasaan orang lain dalam proses pembelajaran itu, dan sekali lagi, jika gue ingin dimaklumi dan dimaafkan, maka gue juga harus bisa memaklumi dan melupakan. Dan bisa jadi, dengan kita memaafkan bisa membantu mereka untuk belajar dari kesalahan mereka, atau bahkan, membantu mereka untuk ikut belajar memaafkan.

Belajar memaafkan itu rasa-rasanya salah satu “proyek seumur hidup” buat diri gue sendiri. Awalnya, gue mulai dari belajar untuk tidak terlalu membenci orang lain. Dulunya, gue bisa benci sama orang lain sampai sekedar mendengar suaranya saja gue sudah sebal! Kemudian sekarang, gue belajar untuk tidak melulu lari dari kenyataan. Tidak menegur orang yang gue benci (padahal jelas-jelas saling berpapasan!) itu sudah benar-benar terlalu “ABG” untuk perempuan seusia gue. Kenyataannya, menghindari orang-orang yang menyakiti gue tidak membuat gue “sembuh” dari luka hati itu. Memaafkan (atau setidaknya mencoba untuk memaafkan) adalah satu-satunya cara untuk menyembuhkan sakit hati gue sendiri.

Memang benar ada beberapa luka yang terlalu dalam sehingga segalanya mungkin tidak akan pernah lagi kembali sama. Memang benar ada beberapa luka yang butuh waktu lama untuk kita bisa melupakannya. Tapi setidaknya, belajar untuk mencoba memaafkan selalu bisa jadi obat ampuh untuk menyembuhkan. Membantu mengembalikan fokus kita kepada hidup kita sendiri ketimbang sedikit-sedikit sibuk mengamati hidup orang lain yang kita benci… Semakin cepat kita memaafkan, semakin hidup kita kembali berbahagia.

When a deep injury is done to us, we’ll never heal until we forgive – Nelson Mandela.

Forgive, even if they don’t ask for forgiveness. You do it for you, for yourself, to set you free. 

Selalu Ada Kekurangan di Balik Setiap Kelebihan

Dari dulu sampe sekarang, gue tipe orang yang jarang iri dengan kelebihan orang lain. Entah itu soal fisik, sifat, atau materi. Bukan karena gue punya segalanya (siapa pula orang yang punya segalanya di dunia ini!), tapi murni karena sejak dulu gue menyadari bahwa tidak ada sesuatu apapun di dunia yang sempurna sepenuhnya.

Mau contohnya?

Berikut kekurangan di balik kelebihan yang gue tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Gue mulai dari hal-hal remeh sampai hal-hal yang paling serius.

Contoh pertama, kelopak mata alami dan bulu mata panjang. Memang enaknya jadi tidak perlu ‘selotip mata’ atau bulu mata palsu, tapi tidak enaknya, kelopak mata agak besar bisa bikin mata gue lebih cepat terlihat besar sebelah. Biasanya saat gue sedang kecapekan atau kurang tidur, kelopak mata gue bisa berubah bentuk dengan sendirinya! Lalu bulu mata panjang bisa bikin maskara gue mudah menempel ke kulit sekitar mata (dan ini benar-benar bikin kesal jika gue sedang terburu-buru harus pergi!).

Sama halnya dengan kulit putih gue yang aslinya sangat mudah berubah menjadi lebih gelap ini. Dulunya, terpapar matahari dua jam saja, kulit gue bisa jadi belang hingga berbulan-bulan lamanya. Sekarang memang mulai konsisten terlihat putih, tapi efforts-nya itu lho! Mesti beli bukan hanya body lotion, tapi juga sabun mandi merk tertentu saja. Harus rajin scrubbing juga. Jadi mesti menghabiskan lebih banyak uang dan waktu hanya untuk menjaga warna kulit. Menyenangkan sih, tapi ya itu tadi, kulit lebih putih juga tidak datang dengan sendirinya!

Kemudian badan kurus-tinggi gue. Banyak yang bilang jadi mirip supermodel, terutama karena kaki jenjang gue, tapi sisi jeleknya, jadi susah banget cari pacar saking jangkungnya, hehehehe. Tapi yang gue rasa lebih mengganggu sudah tentu masalah kesehatan! Suka pusing, gampang capek, dan kalo sakit bisa agak lama sembuhnya. Bagusnya berat badan memang yang sedang-sedang saja!

Beralih ke soal pertemananan. Memang benar gue termasuk tipe orang yang punya cukup banyak sahabat yang sudah bertahan bertahun-tahun lamanya. Indah dan menyenangkan, sudah tentu, tapi di balik itu, banyak juga konflik dan luapan emosinya! Gue malah pernah sampe nangis-nangis gara-gara berantem sama sahabat gue, hehehehe. Memaafkan sahabat tidak selalu terasa mudah buat gue, begitu pula sebaliknya, tapi jika gue tidak melakukannya, maka tidak akan pernah ada sahabat yang masih tersisa di hari tua gue nanti!

Selanjutnya soal keleluasaan gue melakukan 2 hobi gue: belanja dan jalan-jalan. Tidak bohong, memang enak rasanya. Jadi bisa beli barang-barang yang lebih berkualitas. Sudah semakin banyak pula tempat-tempat impian yang sudah berhasil gue datangi. Apa tidak enaknya? Berurusan dengan orang lain yang suka iri berlebihan. Dari iri masalah materi saja bisa merembet sampai ke mana-mana. Sekali gue salah sedikit, fitnahnya langsung cepat menyebar bahkan sampai ke orang-orang yang tidak gue kenal. Kadang gue sampe berpikir, “Gimana rasanya hidup jadi cewek yang udah bisa beli tas Hermes ya?”

Yang terakhir, satu hal yang sebetulnya paling sulit gue dapatkan: prestasi karier gue. Di balik jabatan, tunjangan, dan pujian yang gue dapatkan, kenyataannya, ada jauh lebih banyak kerja keras dan jatuh-bangun yang gue hadapi. Kerja 10-14 jam dalam sehari, belum lagi jika ada business trip… Saat malam hari pulang ke hotel, gue harus kerja lagi mengurus hal-hal yang gue tinggalkan di Jakarta ini. Pernah saking padatnya, sepulang dari business trip, malam harinya gue menghadiri undangan dari klien dalam keadaan luar biasa capek sampai nyaris ketiduran di lokasi acara! Saat di luar jam kerja pun, ada kalanya gue masih kepikiran. “Gue sudah mengambil keputusan yang tepat atau belum ya?” Karena salah sedikit saja, reputasi kantor bisa jadi tercemar! Atau yang lebih bikin deg-degan, saat gue harus mengambil keputusan finansial yang ‘harganya’ mencapai belasan juta dollar! Dan tahu apa lagi yang paling melelahkan dari perjalanan karier gue? Berurusan dengan sesama rekan kerja lainnya di saat-saat sulit dan penuh cobaan. Orang lain tidak tahu saja seberapa sering gue harus memberanikan diri hanya untuk bicara dengan orang lain, termasuk kadang-kadang, atasan-atasan gue sendiri.

Lihat kan? Tidak semua hal yang tampak indah itu mudah didapatkan, atau mudah dipertahankan (malah sebetulnya, mempertahankan itu betulan lebih susah daripada mendapatkannya!). Bukannya gue ingin mengeluh, tapi intinya gue hanya ingin berbagi bahwa tidak ada gunanya iri-iri dengan orang lain. Pastilah ada ‘harga’ yang harus orang lain bayar untuk sesuatu yang tampak bersinar dalam diri mereka itu.

Tidak munafik, gue juga ingin punya pipi tirus dan dagu lancip. Ingin bentuk tubuh yang sedikit lebih berisi. Ingin bisa jadi orang yang lebih supel dan humoris. Ingin cepat-cepat menemukan Mr. Right gue dan hidup berumah tangga seperti teman-teman gue lainnya. Ingin pula bisa belanja di Milan tanpa perlu lihat-lihat label harga, hehehehe. Tapi ya itu tadi, gue tidak lantas jadi iri dengan orang-orang yang sudah memiliki semua itu. Gue lebih memilih untuk fokus dengan hidup gue sendiri, dan sesekali, menjadikan sesuatu yang belum gue miliki itu sebagai target hidup gue yang selanjutnya.

Yang terakhir, mau tahu apa lagi hasil pengamatan gue? Orang yang paling sering iri adalah orang-orang yang paling lambat memiliki perkembangan dalam perjalanan hidupnya. Jadi jika lain kali kita kembali merasa iri dengan sesuatu yang dimiliki orang lain, cukup diingat-ingat saja… selalu ada kekurangan di balik kelebihan setiap orang. Tidak perlu lantas dicari-cari kekurangannya, tapi cukup ikhlaskan dan kembali fokus pada hidup kita sendiri.

The less envy you are, the happier that you’ll become. 

The Truth Is, the True Relationship Doesn’t Always Look Pretty

Waktu kecil dulu, pernah ada teman sekelas yang bilang begini sama gue, “Kata Mama, aku nggak boleh bertemen terlalu deket sama orang lain.” Alasannya? Supaya tidak malah jadi sering ribut. Supaya tidak perlu sakit hati. Dan supaya hidup jadi lebih tentram.

Lalu ceritanya beberapa bulan belakangan ini, gue sedang berusaha untuk reconnecting dengan teman-teman lama gue. Ada beberapa di antaranya yang sempat putus kontak sampai bertahun-tahun lamanya. Hidup gue, dalam sekejap, menjadi lebih ramai daripada sebelumnya. Selalu ada saja kejadian-kejadian yang membuat gue merasa tersentuh. Hanya sekedar Whatsapp di pagi hari yang isinya, “Are you ok?” saja sudah cukup untuk membuat gue merasa tidak sendirian.

And did you know? That kind of warm and deep friendship was definitely not built in just an overnight!

Gue dan sahabat-sabahat gue ini sudah melewati begitu banyak hal. Kita pernah saling mengatakan hal-hal yang tidak seharusnya kita katakan. Melakukan hal-hal yang tidak seharusnya kita lakukan. Pernah saling berpikiran buruk tentang satu sama lainnya. Bahkan seperti yang tadi gue tulis sebelumnya, pernah juga sampai tidak saling berkomunikasi bertahun-tahun lamanya.

Ya, pertemanan itu, semakin dalam memang akan semakin sering ribut. Semakin dekat justru semakin berpotensi untuk bikin kita jadi sakit hati. Dan saat sedang sakit hati, hidup memang jadi terasa semakin jauh dari rasa damai. Tapi tetap saja, untuk diri gue sendiri, gue tidak lantas berkesimpulan bahwa berteman erat itu ‘haram’ hukumnya!

Bertahun-tahun yang lalu, gue pernah punya masalah ekonomi, dan tanpa gue minta, sahabat-sahabat gue datang menawarkan bantuan.

Pernah pula gue nyaris disidang skripsi oleh dosen yang terkenal membenci gue setengah mati, dan saat gue hanya berpasrah diri, malah si sahabat gue yang mengangkat issue ini ke kampus sehingga akhirnya, dosen penguji gue diganti dengan dosen penguji lainnya.

Kemudian ada lagi satu sahabat lainnya dan berkeras membela gue di depan orang-orang lain yang sedang berkumpul untuk membicarakan kejelekan gue. Dengan penuh keyakinan, dia bilang begini, “Riffa nggak kayak begitu orangnya.”

Belum lagi serangkaian kejadian kecil yang selalu berhasil bikin gue ngerasa terharu. Kejutan manis di hari ulang tahun gue. Oleh-oleh lucu yang beneran “gue banget”. Atau sekedar telinga yang tidak pernah bosan mendengar berbagai keluh-kesah dan curhatan gue.

Do you really think you can get all of those things from your just ordinary friends? 

Dari situ gue belajar… jika suatu pertemanan itu isinya hanya haha-hihi dan hal-hal manis lainnya, maka pertemanan itu masih belum seberapa dalamnya. Bukan tipe pertemanan yang akan bertahan selama-lamanya. Bukan pertemanan yang tetap erat mesti jarak dan kesibukan mulai memisahkan satu sama lainnya. Bukan pertemanan yang akan sekuat tenaga saling membantu saat hidup sedang sulit-sulitnya.

Sama halnya dengan hubungan-hubungan lain dalam hidup ini!

Saat masih kencan pertama, isinya tidak jauh dari flirting dan serangkaian pujian yang tidak ada habisnya. Saat mulai pacaran agak lama, mulai saling berani mengatakan isi hati yang sebenarnya, meskipun bisa jadi, hal itu bukan kejujuran yang enak didengar. Lalu saat sudah menikah, mulai tidak ada lagi rasa sungkan untuk menunjukan kepribadian yang sebenar-benarnya.

Kemudian dalam dunia kerja. Jika si bos hanya melulu soal pujian dan tidak sedikit pun ada kritikan, maka dijamin, kita hanya belum kerja cukup lama dan cukup dekat dengan bos kita ini. Semakin sering kerja bareng, sebagus-bagusnya hasil pekerjaan kita, ada kalanya bos akan mulai memberikan feedback. Feedback yang bisa kembali lagi kepada diri kita sendiri: mau kita anggap sebagai saran untuk perbaikan, atau kita anggap sebagai kritik yang penuh dengan kebencian?

Apa inti dari seluruh isi tulisan gue ini? Jika tidak berani sakit hati, maka kita tidak akan pernah memiliki hubungan yang berarti. Tidak akan ada persahabatan yang betul bertahan dalam suka dan duka. Tidak akan ada pernikahan yang bertahan hingga ajal memisahkan. Dan tidak akan ada pekerjaan yang bisa bertahan bertahun-tahun lamanya. Karena kenyataannya, tidak ada satupun hubungan di dunia ini yang akan selamanya terlihat indah.

Belajar meminta maaf. Belajar memaafkan. Belajar mengikhlaskan. Belajar mempertahankan. Jika dua orang dalam satu hubungan itu saling berusaha untuk melakukan semua itu, maka, yang namanya “best friends forever” atau “love until death do us part” itu insyallah, bukan hanya sekedar mitos.

The People Who Believe in You

Going back to many years ago when I was still a teenager, I never thought that someday I would be very proud of my career path. I used to be very insecure, had a lot of doubts, pessimistic, and so many other negative thoughts that could only hold me back in the years to come.

Many years have passed me by, many things happened, and apparently, I’m no longer the girl that I used to be.

I know what I’m doing at work, I never give up, I never doubt my capabilities, and I’m a strong believer that I can survive anything that can possibly happen at work. It may not be easy, but at the end of the day, I’ll find a way to make it happen!

How could I change that much? Well, just one blog will never be enough to tell it all, but one thing for sure; one of the keys of my self-confidence was the people’s beliefs on me; on the things that I was capable of, on the future that they said I could have as mine.

Back in junior high school, I met a guy who told me how to dream. Who told me how smart I was. Who made believe that I could do a lot better in my life.

In the senior high school, I met a senior who endorsed me to lead the school body. He said he saw a leader quality in me. He did all the best he could just to make me win the election. I only won the third place, but that was the first time I learned how to lead a team.

In my final year in the college, a lecturer told that I could be anything I wanted. He believed that I could go far in my career.

And then when my career started, regardless where I worked, I always met all those bosses who tremendously believed in my capabilities.

The first boss who fought for my first promotion (even though I thought it was technically impossible).

Another boss who trusted me to manage a middle size team even when I was just 25 years old.

And many other bosses who trusted me with new responsibilities at work.

They saw the qualities that I failed to see it in me. They believed in me even when nobody else did, not even myself! They encouraged me, they told me I would be more than just fine, and at the end of the day, they were all right. They were always right.

I also have a lot people say all those horrible things to me. Who down talked me, laughed at my dreams, the ones who always tried to make me feel like I have failed myself. But I don’t care! I don’t believe in people who don’t believe in me. And somehow in fact, those mean people; they were just wrong.

So yes, I thank all the people who believe in me. Who told me frankly the good things in me that only made me want to do even better than before. They may not stay forever in my life, but they are certainly not the ones to forget for the rest of my life.

Thank them, the people who believe in you, anytime you have a chance. But did you know? No matter how much they believe in you, it will never make you any better person if you do not believe in yourself.

Have some faith! Because sometimes, you’re more capable that you realize.

My Current Life, in a Nutshell

Waktu jaman duluuu banget, gue pernah punya masalah bertubi-tubi yang akhirnya bikin gue jatuh sakit, sampe hampir dirawat di rumah sakit. Gue baru sembuh total setelah beberapa minggu lamanya, setelah tiga kali ganti-ganti dokter spesialis. Saat itu gue tahu, masalahnya bukan kecapekan, bukan kebanyakan lembur, tapi stres, tertekan, kekecewaan, sedih, patah hati, yang semuanya seolah melebur jadi satu. Waktu itu rasa-rasanya benar-benar titik terendah sepanjang hidup gue.

Daaan… tepat di saat gue berpikir tidak ada yang mungkin lebih buruk dari kejadian bertahun-tahun yang lalu itu, rentetan konflik yang baru kembali menimpa gue. Kali ini, saking tertekannya, gue sampe dateng ke tempat praktek psikolog klinis. Bukan berarti gue punya masalah kejiwaan lho yaa, hanya saja entah kenapa, saat itu gue ngerasa butuh sudut pandang orang asing yang bisa gue percaya dan bisa memberikan penilaian secara objektif. Kalau bukan psikolog, siapa lagi?

Bukannya beres sampai di situ, keadaan justru memburuk beberapa saat setelah kunjungan gue ke psikolog itu. Tapi justru di situ itu lah perfect timing menurut gue. Saat keadaan memburuk, saran si mbak psikolog itu sudah mulai gue terapkan, dan percaya tidak percaya, gue ngerasa bisa melewati ujian kali ini jauh lebih baik daripada kejadian bertahun-tahun yang lalu itu.

Berawal dari saran untuk kembali menghubungi sahabat-sahabat lama, untuk mengubah tabiat gue, untuk memberanikan diri mencari penyelesaian dari masalah gue, lama kelamaan, gue jadi ketagihan ingin mengubah cara hidup gue sendiri.

Gue mulai menyempatkan diri untuk kembali terhubung dengan sahabat-sahabat lama. Mulai kembali curhat sama mereka, mulai ketemuan, atau curi-curi waktu untuk makan siang bareng… Gue seperti kembali teringat alasan kenapa dulu gue bisa berteman sebegitu erat dengan mereka semua.

Gue yang tadinya hanya makan siang, makan malam, pergi nonton dan karoke dengan orang-orang yang itu-itu saja, mulai melebarkan sayap dengan ngobrol panjang lebar dengan lebih banyak orang. Gue berusaha lebih mengenal orang-orang yang sebelumnya hanya gue kenal sepintas saja. Wajah-wajah di socmed homepage gue jadi lebih bervariasi daripada sebelumnya!

Gue juga mulai menantang diri gue sendiri untuk bisa belajar sabar. Bukan berarti gue tidak akan pernah marah lagi, jika memang harus marah, ya gue tetap marah. Tapi setidaknya, gue lebih mengendalikan kata-kata yang gue ucapkan. Dan setidaknya, sekarang gue udah bisa marah-marah dengan suara sepelan-pelannya, hehehehe.

Lalu malam ini, untuk pertama kalinya, gue memberanikan datang ke wedding reception seorang diri! Biasanya, gue mesti banget janjian dengan minimal satu orang teman yang gue kenal dengan baik. Tapi hari ini, gue langsung datang dan sesampainya di sana, langsung cari-cari orang yang bisa gue ajak ngobrol-ngobrol. Awalnya sempat boring, tapi lama-lama, malah ada beberapa percakapan yang lumayan interesting. Tanpa terasa, dua jam di sana sudah terlewat dengan sendirinya.

Kembali ke tadi siang, setelah resepsi pernikahan pertama yang gue hadiri di hari ini, gue menyempatkan makan sore (iya, makan sore-sore, hehehehe) bareng sahabat dari kantor gue sebelumnya. Dia bilang, dia membelikan sesuatu yang menurut dia tuh bener-bener gue banget. Dia belikan barang-barang itu sebagai kado ultah gue yang jatuhnya masih sebulan lagi! Tahu apa isi kadonya? Buku berjudul The Alpha Girl’s Guide, dilengkapi dengan satu batang cokelat yang katanya bisa bikin enteng jodoh (dan nama produknya beneran Cokelat Enteng Jodoh!). Rasanya udah lama banget sejak terakhir kali gue tertawa bahagia saat menerima pemberian orang lain. This gift is very thoughtful!

Hari ini, gue juga sempat ngobrol panjang lebar dengan sahabat baik gue di bangku kuliah dulu. Gue sempat mengenalkan sahabat kuliah dengan sahabat di kantor lama sambil makan-makan sore itu. Melihat mereka bisa akur dan saling bercanda satu sama lainnya, hati gue jadi tersentuh! Gue jadi menyadari betapa beruntungnya diri gue ini. Gue jadi sadar bahwa ternyata, seumur hidup gue, gue tidak pernah benar-benar sendiri.

Ternyata, gue memiliki hal-hal yang belum tentu dimiliki orang lain pada umumnya: sahabat dan keluarga yang tulus mengasihi, orang-orang luar biasa yang selalu bisa menerima gue dengan segala kekurangan dalam diri gue ini. Menghabiskan waktu bersama mereka membuat gue menyadadari bahwa seburuk apapun situasi gue saat ini, setidaknya, gue tidak pernah seorang diri.

Gue selalu punya orang-orang yang ikut marah saat gue sedih dan tersakiti.

Gue selalu punya orang-orang yang tidak putus menyemangati untuk gue bangkit lagi.

Gue selalu punya orang-orang yang menyempatkan waktu, bahkan di tengah malam sekalipun, untuk mendengar keluh kesah gue.

Gue selalu punya orang-orang yang betulan serius memutar otak bagaimana caranya untuk menghibur dan membuat gue kembali tertawa.

Gue selalu punya orang-orang yang menemani tiap langkah gue, dalam suka-duka, dalam titik terbaik dan juga titik terburuk sepanjang hidup gue.

Banyak orang yang bilang, karier gue adalah anugerah terbaik dalam hidup gue. Tanpa mengurangi rasa syukur gue untuk kemudahan karier gue, kali ini gue mau bilang… Kenyataannya, sahabat dan keluarga gue adalah anugerah terbesar dalam hidup gue ini. Tanpa mereka, gue pastilah bukan siapa-siapa.

Thanks for the love, the patience, the never ending support, and on top of all that, thanks for always being there for me. You guys are the best! And I just cannot ask for more.

Don’t Hurt Someone Too Much

Honestly, I used to think that it was okay to let out my rage as much as I want. I must have a good reason to be angry, and I know that deep down, I’m a good person. I am truthful and I never have any intention to harm anyone else. Nobody is perfect, and rage control just happens to be my imperfection. On top of that, being brave, honest, and outspoken has a price to pay and I simply think I can’t always please everyone at everytime. I truly believe that people who really love me will always forgive me and at the end of the day, they will always find a way back to me anyway.

I kept thinking that I had done the right thing until I saw my own thought from the opposite perspective. One thing led to another, I got hurt, and I couldn’t believe that it had just happened to myself. It broke my heart, it made me feel like I’m a total s*** as a person, and I couldn’t stop wondering what I did so wrong that made me deserve to be treated like that. The worst part is that the more I try to let it go and pretend that everything is okay, the more I put pressures on myself and the more I got hurt inside.

At that point, I realize… The truth is, there’s never a good reason to hurt somebody. There’s no good deed that we did that give us right to hurt people that deep. Having said that nobody is perfect, it doesn’t necessarily mean that we’ve got an excuse to break someone else’s heart. We can’t expect that we can go mad and people will always come back! It’s true that we have a right to say whatever we want to say, but the people whom we hurt, they have every right to refuse to take us back in their life.

Don’t take someone’s pain for granted, because sometimes, they just don’t know how to go back from their own pain. The wound may be healed, but they will never forget how we used to make them feel. Things may never be the same again, even if they try, even if they want to. Don’t hurt someone so much it’s unbearable, especially, when they actually deserve to be treated a lot better than that.