Belajar Berbahagia Untuk Orang Lain

Satu hal yang sulit gue mengerti dari orang yang sering merasa iri adalah, “Apa sih, susahnya berbahagia atas kebahagiaan orang lain?”

Karena beneran deh, kalo buat gue, berbahagia untuk orang lain itu sama sekali enggak ada susahnya!

Contohnya…

Gue selalu happy tiap kali ada teman gue yang akan segera menikah. Gue paling suka lihat-lihat koleksi foro pre-wedding milik orang-orang yang gue kenal. Selain itu, semakin gue dilibatkan dalam persiapan pernikahan mereka, semakin gue senang!

Gue juga pernah beberapa kali merasa lega ketika teman-teman gue (termasuk yang enggak akrab-akrab banget) akhirnya berhasil melahirkan anak pertama entah itu setelah beberapa kali keguguran atau setelah menunggu bertahun-tahun lamanya. Dan tiap kali ada saudara atau sahabat gue yang baru saja punya bayi, gue paling senang pergi ke toko bayi untuk pilih-pilih hadiahnya.

Gue juga ikut merasa excited saat mendengar teman gue baru saja mendapatkan promosi, atau baru diterima di perusahaan impian mereka. Gue bahkan ikut merasa bangga saat salah satu mantan teman sekantor diliput media sebagai CFO salah satu listed company (padahal, gue cuma kenal selintas saja sama orang itu).

Sama halnya saat ada teman yang mengabari baru saja memulai bisnisnya sendiri. Gue selalu menikmati browsing di online shop milik teman-teman gue. Ada rasa haru yang agak sulit gue jelaskan. Senang rasanya melihat teman gue sudah bisa berbisnis sampai sejauh itu.

Kemudian soal traveling. Hanya sekedar melihat foto-foto perjalanan orang lain di socmed bisa bikin gue tidak sabaran untuk segera klik “like”. Bisa jadi inspirasi untuk tujuan perjalanan gue selanjutnya.

Don’t you see what I meant?

Kebahagiaan orang lain tidak lantas berarti mengurangi kebahagiaan milik kita sendiri… Malah sebetulnya, mampu berbahagia untuk orang lain itu hanya akan melipatgandakan kebahagiaan dalam hidup kita ini. Kita jadi semakin sering punya alasan untuk bisa merasa bahagia. Kesempatan kita untuk merasa bahagia hanya akan menjadi tidak terbatas!

Penting untuk kita belajar berbahagia atas kebahagiaan orang lain… Jika kita bisa berbahagia untuk orang lain, apa lagi untuk diri kita senidiri?

Wish you have a merry Sunday! We have a lot of happiness to celebrate!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s