10 Karakter Orang-orang Sukses

Iseng-iseng, gue mengumpulkan profil 10 orang sukses yang gue kenal dengan cukup baik untuk menyusun tulisan ini. Kenapa? Karena konon katanya, ada kesamaan karakteristik yang melekat dalam diri orang-orang sukses. Percaya tidak percaya, seseorang bisa sukses meskipun tidak pintar, tidak mudah bergaul, bahkan meskipun pendidikannya tidak cukup tinggi. Karena kenyataannya, bukan hal-hal itu yang menjadi faktor utama dalam kesuksesan mereka!

Kesepuluh orang ini gue jadikan samples berdasarkan 3 kriteria:

  1. Perkembangan karier mereka tergolong sangat cepat jika dibandingkan dengan orang-orang seusia mereka pada umumnya;
  2. Bukan sukses karena faktor warisan, faktor anak seseorang, atau pernah menang undian;
  3. Orang-orang yang sukses karena pintar menjilat, licik, suka bluffing, atau sukses nyaris murni karena faktor ‘hoki’ tidak masuk ke dalam hitungan.

Berikut ini 10 kesamaan karakter di antara 10 orang yang gue jadikan objek observasi:

Ambitious

Kesepuluh orang ini sama sekali bukan tipe orang yang prinsip hidupnya hanya sekedar mengikuti air mengalir. Mereka punya target untuk hidup mereka sendiri, dan saat baru saja berhasil menaklukan satu target, mereka langsung bertanya pada diri mereka sendiri, “What’s next?”

They’re all a dreamer

Ambisi yang mereka punya pada dasarnya terlahir dari keinginan untuk mampu memenuhi mimpi-mimpi dalam benak mereka. Ada yang ingin punya rumah mewah, mobil mewah, ingin bisa pergi liburan keliling dunia, ingin jadi pengusaha atau peneliti terkenal, ingin menemukan teknologi baru, dan masih banyak jenis mimpi lainnya. Mereka selalu punya mimpi dan mereka berusaha keras untuk bisa mewujudkannya!

High standards

Mereka menetapkan standar yang lebih tinggi daripada rata-rata orang lain pada umumnya. Mereka menjadikan standar-standar itu sebagai tolak ukur kesuksesan mereka sendiri plus tolak ukur keberhasilan orang-orang yang bekerja dengan mereka. Dan, mereka cenderung sangat suka membanggakan betapa mereka berhasil menaklukan standar yang setinggi langit itu!

High self-esteem

Jika kita mengenal kesepuluh orang ini dengan baik, sebetulnya selalu saja ada rasa tidak aman dalam diri mereka sendiri, TAPI, mereka semua bukan tipe orang yang membiarkan rasa tidak aman (atau bahkan rasa tidak pede) itu menghentikan langkah mereka! They respect themselves, they know what they’re worth and what they’re capable of in life!

They focus on what they’re really good at

Orang sukses itu kenyataannya bukanlah orang yang serba bisa. Kenapa? Karena orang yang serba bisa identik dengan setengah-setengah dalam setiap kemampuan yang mereka miliki. Orang yang sukses menyadari keterbatasan mereka sendiri dan mereka akan lebih memilih untuk fokus dengan kelebihan yang mereka punya itu. They can always hire other people to do the things that they can’t do themselves anyway.

Hard worker

Selalu ada saja orang yang punya prinsip, “Work smart, don’t work hard”, padahal kenyataannya, semua orang sukses yang gue kenal memang tipikal pekerja keras. Tipe pekerja yang selalu all out, selalu mencari cara untuk doing the extra miles, tidak suka bersantai di sela jam kerja, dan mempunyai jam kerja lebih tinggi daripada rekan kerja mereka pada umumnya.

They don’t give up easily

Mereka bukan tipe orang yang langsung mundur saat menghadapi suatu masalah. Mereka punya keyakinan tinggi segala sesuatu itu pasti ada jalan keluarnya. Ada kalanya mereka akhirnya tetap menyerah juga, itupun hanya mereka lakukan setelah mereka coba lakukan berbagai macam cara dan tetap gagal juga. Having said that, they hate giving up because that kind of failure most likely will haunt them for the rest of their lives.

They learn from their mistakes

Percaya deh, tidak ada orang sukses yang tidak pernah gagal. Hanya saja bedanya, orang yang sukses dengan karier-nya adalah orang yang mampu belajar dari kesalahan dan kegagalan di masa lalunya. Mereka tidak kenal kata kapok, mereka selalu melihat sisi positif dari setiap kegagalan yang pernah mereka alami.

Impatient

Shocking? I know. Tapi memang benar, kesepuluh orang dalam pengamatan gue ini semuanya tipe orang yang tidak sabaran, dalam artian, mereka selalu ingin bergerak cepat. Mereka sangat dinamis dan selalu mencari cara untuk get their things done. Mereka tipe orang yang mendorong orang lain untuk mengikuti kecepatan mereka. They just can’t wait to see the results of their own works!

Cynical

This one is shocking too, I know. Tapi entah kenapa, kesepuluh orang ini memang punya kecenderungan sifat sinis. Mereka tidak mudah mempercayai sesuatu yang tampak ganjil dalam pandangan mereka. Mereka tidak suka mendengar excusesDan mereka bisa bersikap sangat-sangat sinis kepada orang-orang malas!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s