Feeling Unhappy with Your Life? Here’s Why!

Pernah merasa hidup kamu seperti jauh sekali dari kebahagiaan? Jarang punya alasan untuk benar-benar tersenyum dan tertawa terbahak-bahak… Jarang merasa excited untuk bangun tidur dan memulai hari-hari kamu sendiri… Sangat sering merasa kesal dan hidup seperti tanpa ada gairah… Baca terus tulisan ini, siapa tahu kamu akan menemukan penyebab dari ketidakbahagiaan kamu itu!

Tidak punya mimpi

Orang yang tidak punya impian biasanya tidak mempunyai hal untuk dinantikan. Mereka tidak punya alasan untuk merasa excited dengan hari esok. Lama kelamaan, mereka malah jadi sangat bosan dengan hidup mereka sendiri!

Tidak mau mencoba hal-hal baru

Semakin banyak variasi hal yang kita lakukan dalam hidup, semakin besar peluang untuk kita merasa bahagia. Kita tidak akan tahu jika kita tidak pernah mencoba! Tidak ada salahnya sesekali ikut mencoba hobi orang lain yang tampak membuat mereka berbahagia. Bukan berarti kehilangan jati diri, karena menurut saya, ini justru salah satu proses mencari jati diri! Selama tidak merugikan siapa-siapa, ya kenapa tidak dicoba dulu?

Dikalahkan oleh rasa takut dan ragu-ragu

Memang betul bahwa kita harus memikirkan baik-baik segala perkataan dan tindakan dalam hidup kita, TAPI, jangan sampai kita kehilangan momentum hanya karena terlalu lama sibuk berpikir! Jangan kalah dengan rasa takut dan rasa ragu-ragu, jangan biarkan pikiran negatif itu menjauhkan kita dari kebahagiaan! Just jump off the boat and test the water yourself!

Selalu ingin gampangnya saja

Sekali-kali, coba taklukan hal-hal yang awalnya tampak sangat-sangat mustahil. Mungkin akan gagal beberapa kali di awal, tapi saat kita berhasil memenangkan mission impossible kita tersebut, maka saat itulah kita akan merasakan salah satu kebahagiaan terbesar dalam hidup kita ini.

Hidup untuk orang lain

Kedengarannya memang egois, tapi jalanilah hidup ini untuk diri kita sendiri. Jangan terus menerus fokus untuk menyenangkan keinginan orang lain. Pilih jalan hidup sesuai dengan keinginan kita sendiri. Bicarakan baik-baik, orang-orang tulus menyayangi kita pasti akan bisa mengerti!

Terus menerus dihantui oleh masa lalu

Setiap orang pastilah punya masa lalu yang tidak menyenangkan, hanya saja bedanya, orang yang bahagia tidak membiarkan masa lalu mengkonsumsi kebahagiaan mereka di hari ini! Tidak ada salahnya menjaga jarak atau bahkan betul-betul meninggalkan masa lalu yang sangat-sangat tidak menyenangkan itu. Terkadang, melepaskan masa lalu adalah awal dari kebahagiaan di masa-masa selanjutnya.

Merasa mampu hidup sendiri

Kenyataannya, manusia memang tidak diciptakan untuk hidup sendirian. Semakin lama kita merasa mampu hidup sendiri, semakin lama pula kita akan terjebak dengan efek negatif dari kesendirian kita itu. Start to share your life with others and stop pushing the ones whose only intention is taking care of you! Saat orang lain menyadari kamu hanya ingin hidup sendiri, lama kelamaan mereka akan membiarkan kamu kembali tenggelam dalam kesendirian itu. Let people in and give them a chance!

Tidak mampu menerima ketidaksempurnaan orang lain

Kenyataannya, semakin dekat dengan seseorang, memang semakin besar pula kemampuan dan kemungkinan mereka menyakiti perasaan kita. But that’s a normal thing! Justru keberadaan konflik itu pula yang kemudian akan mempererat hubungan kita dengan mereka asalkan kita bisa mengatasinya dengan baik. Being close with someone (be it families, friends, lovers…) will bring us happiness even beyond our imagination. Give it a shot!

Tidak mampu mencintai diri sendiri

Cintai diri kita dengan segala kekurangannya. Maksimalkan kelebihan yang kita punya dan jangan jadikan kekurangan dalam diri kita sebagai penghenti langkah-langkah kehidupan kita. Dan jangan lupa untuk selalu memaafkan diri kita atas segala kegagalan dan ketidaksempurnaan kita itu! Jangan terlalu keras kepada diri sendiri karena kebahagiaan yang sejati justru datangnya dari dalam diri kita sendiri. So don’t forget to also thank yourself for every happiness you have in your life!

 

How do I know all the things I mentioned in this post? It’s simply because I’ve been there and done all that! Today, I am a believer that life is too short to be unhappy. Do something and be happy starting right now!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s