A journey to remember

Tips Sukses Kuliah Ala Gue

Posted on: September 16, 2011

Gue baca status temen-temen gue, kayaknya sekarang ini lagi musim masuk kuliah yah? Anak-anak kuliahan di kosan gue juga udah pada balik dari kampungnya masing-masing. Nah, dalam rangka kuliah sudah dimulai, gue mau kasih tips-tips yang semoga aja bisa bermanfaat khususnya buat teman-teman yang baru saja memulai tahun pertama di kampusnya masing-masing.

  1. Jangan dibiasakan mencontek saat mengerjakan TM atau PR dari dosen. Mengerjakan tugas adalah salah satu cara belajar yang paling menyenangkan. Saat mengerjakan tugas, kita punya tantangan yang harus selesai. Makanya gue bilang, mengerjakan tugas itu bisa jadi lebih menyenangkan ketimbang baca buku pelajaran misalnya;
  2. Jangan malas baca buku! Ada perbedaan kualitas antara orang yang membaca dengan yang malas atau jarang membaca. Biasanya, bisa kelihatan dari luasnya knowledge saat mereka sedang membicarakan sesuatu. Trust me, reading books could expand your knowledge more than you know it, and… you will be proud of yourself, proud of your own knowledge;
  3. Meringkas buku pelajaran bisa menjadi salah satu opsi untuk belajar efektif. Meringkas buku sama saja membaca buku itu lebih dari satu kali. Lebih asyiknya lagi, saat nanti menjelang ujian, kalian enggak perlu lagi nenteng-nenteng buku tebal itu. Kalian tinggal baca ulang aja isi ringkasan kalian yang hanya sebanyak beberapa lembar itu;
  4. Rajin mencari kisi-kisi yang diberikan dosen di kelas lain. Untuk satu mata kuliah yang sama, bisa ada lebih dari satu dosen, dan belum tentu dosen yang akan membuat soal ujian itu adalah dosen yang mengajar di kelas kita. Dan menurut gue, memanfaatkan kisi-kisi itu bukan dosa. Secara yah, kisi-kisi itu kan diberikan secara sukarela sama dosen ybs. Jadi kalo kisi-kisi adalah sebuah dosa, maka… dosa itu adalah dosanya dosen, bukan dosanya mahasiswa, hehehehe;
  5. TAPI jangan cuma belajar berdasarkan isi kisi-kisi! Belajar lebih banyak dari soal yang keluar di ujian itu bukan suatu kerugian kok. Lebih banyak belajar akan bikin kita makin pintar. Jadi kenapa harus takut rugi? Lagian percaya deh, apapun yang kalian pelajari, pasti aka nada manfaatnya untuk diri kalian sendiri. Mungkin belum terasa sekarang, tapi nanti di dunia kerja, akan terlihat jelas karyawan mana yang pintar serta karyawan mana yang ilmu pengetahuannya itu serba ngepas;
  6. Niatkan sejak awal, bahwa kalian tidak akan pernah mencontek selama ujian berlangsung. Bertekad untuk tidak mencontek akan membuat kita semakin rajin untuk belajar. Secara saat ujian nanti, kita cuma akan mengandalkan diri kita sendiri tanpa bantuan dari siapapun;
  7. Mengajar bisa menjadi salah satu cara belajar yang paling efektif. Otak kita akan terus berputar saat mengajar sehingga akan mengasah knowledge kita dengan sendirinya. Apalagi kalo kita punya murid yang kritis dan hobi nanya… dijamin deh, dengan mengajar pasti bakal bikin kita menjadi semakin pintar;
  8. Jangan takut sama dosen yang suka seenak jidat. Misalnya, dosen yang ngasal ngasih nilai (satu kelas, entah benar entah salah, semuanya dikasih nilai 80), terutama dosen yang suka mendiskreditkan suku atau agama tertentu. Memang kecil kemungkinan kita berhasil melawan dosen ybs. Tapi, berani melawan itu perlu untuk memberi efek jera terhadap dosen ybs. Memang ada potensi buat merugikan diri kita sendiri, tapi anggap aja amal buat adik-adik kelas kita. Ditambah lagi, berani melawan ketidakadilan akan menjadi kebanggaan yang meningkatkan kepercayaan diri kita untuk selama-lamanya;
  9. Boleh sibuk berorganisasi, tapi kuliah harus tetap jadi prioritas nomor satu;
  10. Jangan suka cari muka sama dosen. Kecil kemungkinan hal itu bisa berhasil bikin nilai kita jadi bagus. Kalau kita memang pintar, tanpa perlu cari muka, dosen-dosen pasti akan mengenal kita dengan sendirinya kok; dan
  11. Saat ada forum kelas, ajukan pertanyaan yang berkualitas, jangan pertanyaan asal hanya supaya kelihatan aktif. Caranya? Baca buku! Saat baca buku, suka ada aja pertanyaan yang terlintas di benak kita tapi tidak terjawab di buku ybs. Kalau kepingin dikenal sama dosen, ini dia salah satu cara yang efektif untuk menarik perhatian mereka.

Kenapa serius belajar saat kuliah itu sangat-sangat penting? Karena…

  1. Saat melamar kerja nanti, enggak akan ada perusahaan yang minta ijazah SD-SMP-SMA kalian. Yang diminta itu cuma transkip dan ijazah D3/S1 kalian. Jadi boleh dibilang, jadi enggak penting di mata perusahaan rangking berapa kalian di sekolah dulu, melainkan berapa IPK dan berapa nilai C di transkip kalian;
  2. Kalo kalian punya cita-cita buat kerja di perusahaan bonafid, kemungkinan besar mereka punya persyaratan IPK minimum 3 ke atas. Gue malah pernah lho, dateng interview ke perusahaan yang minta IP minimum 3,7. Sebagai kompensasinya, perusahaan yang minta IP gede itu nawarin benefit yang relatif gede juga. Jadi boleh dibilang, IPK nantinya akan menjadi alat kita untuk mengetuk pintu perusahaan impian;
  3. Gue sering melihat, besarnya IP menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri seseorang di dunia kerja. Ada beberapa orang yang sangat capable dalam pekerjaannya, tetapi ternyata mereka sendiri malah ngerasa agak minder dengan kapasitas diri mereka hanya karena waktu kuliah dulu, IP mereka termasuk ngepas. Padahal dalam banyak hal, percaya diri itu penting untuk memudahkan kita dalam melakukan segala sesuatunya; dan
  4. Lebih baik capek belajar saat kuliah daripada mengejar ketertinggalan setelah bekerja. Gue enggak bilang mustahil untuk mengejar ketertinggalan, tapi tetap lebih enak kalo kita bekerja dalam keadaan sudah siap karena setelah bekerja, otomatis kita jadi tidak punya banyak waktu untuk mempelajari materi yang sebenarnya saat kuliah dulu sudah pernah diajarkan. Jadi saat bekerja nanti, kita tinggal menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah lama kita miliki.

Pada akhirnya, IPK tetap bukan segala-galanya. Orang yang IP-nya gede banget belum tentu kerjanya bagus banget. Apalagi orang-orang yang IPK gede dari hasil nyontek! Jadi sebenarnya, yang paling penting adalah ilmu pengetahuan di balik IPK yang kita miliki, dan, kampus adalah tempat yang paling baik untuk menimba ilmu ketimbang SD-SMA. Selama kuliah itu, kita punya lebih banyak waktu luang kalo dibandingkan jaman sekolah, dan pelajaran yang didapatkan sudah sesuai dengan jurusan masing-masing.

Good luck buat teman-teman yang baru aja memulai kehidupan baru sebagai mahasiswa. Wish you all the best πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Blog Counter

  • 899,829 visits since May 2011

My Blog Categories

My Blog Archives

Click here to read my tweets…

Click the pictures below to visit my Instagram...

The beauty of diversity. I'm glad that I met them along my career path at Lazada. Just a little help like this could mean everything to me and The Lens Story. Many thanks! ❀️
πŸ“·: @thelenstory πŸ‘š: @adidaswomen πŸ‘•: @nike 
#friends #friendshipgoals #diversity #photography #photooftheday #canon #snapseed #thelenstory Find someone who loves you properly.
The one who never intentionally let you wait for him.
The one who never makes you have to wonder how he truly feels about you.
The one who will definitely catch you and hold you tight as you fall for him.
The one who gives you all he has to be a better man, to fix what goes wrong, to fight for you and to never let you go.
You are too old for another Mr. Wrong, reward yourself with the right one.
Love yourself enough to leave your past, you deserve better.
πŸ“·: @thelenstory
πŸ’„: @yuficarolin.mua
πŸ‘—: @calla.atelier
πŸ‘ : @charleskeithofficial 
#love #life #quote #photography #photooftheday #thelenstory I'm not perfect. I make mistakes. I do the things I'm not proud of. I give up, sometimes. I hurt people, mostly the ones that I actually care about. I have a lot of flaws, but at least, I'm trying hard to be a better person. I'm no saint nor angel, but I'm not a pure evil either. I'm simply a human who is trying to be the very best that I can be. I'll never stop learning, until my very last breath.
πŸ“· @thelenstory
πŸ’„ @yuficarolin.mua
πŸ‘— @calla.atelier
πŸ‘  @charleskeithofficial
#photooftheday #beauty #photography #quote #thelenstory

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

About Me

What my blog is all about? It's all about my life; my very own fairy tale, that I would love to share. This is my story, my ups and downs, it's a journey to remember.

%d bloggers like this: