Provokator ala Asia’s Next Top Model

Ada sesuatu yang cukup menarik di episode terbaru Asia’s Next Top Model. Ceritanya para kontestan ini sedang mengadakan girls’ night di Model House mereka. Sambil makan malam, mereka mulai bertukar pikiran satu sama lainnya. Acara buka-bukaan gitu lah ceritanya. Saat itulah salah satu kontestan bernama Mia diminta oleh para kontestan lainnya untuk bersikap lebih terbuka. Mereka ingin Mia bisa bicara terus terang tanpa di-filter sama sekali.

Sayangnya, Mia terpancing. Dia buka-bukaan soal rasa tidak suka dia dengan perilaku kontestan lain bernama Han yang dia nilai sangat sering mengeluh (Han saat itu duduk persis di depan Mia). Han yang biasanya paling kalem tiba-tiba langsung terpancing amarahnya! Dia tidak terima dengan kejujuran yang diutarakan Mia.

Lalu apa yang dilakukan kontestan lainnya? Saat diwawancara perorangan, beberapa kontestan lainnya mengaku senang melihat Mia dimarahi oleh Han! Mereka sampai cekikikan saking senangnya! Lalu yang lebih konyol lagi, setelah Han sadar sudah terlalu galak, dia minta maaf pada Mia dan cewek-cewek lainnya lalu berujar, “No hate, love only!”

Oh, wow! Provokatif banget nggak sih? Sengaja memancing drama lalu saat situasi memanas, mereka malah memunculkan diri sebagai pahlawan kesiangan! Seolah-olah mereka yang paling benar, bertingkah selayaknya pembawa kedamaian… No hate love only, they said? Oh, come on!

Emang sih, bisa jadi drama ala Next Top Model ini hanya gimmick yang sudah disiapkan sejak awal. Tapi sebetulnya ya, hal seperti ini memang lazim terjadi di kehidupan sehari-hari lho. Ada orang yang sengaja mengorek-ngorek, memanas-manasi, berusaha mengadu domba kita dengan orang lain yang mereka targetkan. Kemudian saat akhirnya kita terpancing dan betulan marah, mereka malah akan bersikap sok lugu seperti malaikat dengan bilang, “Udah jangan gitu, biarin aja. Yang sabar ya…”

Dan ironisnya, yang kebanyakan bersikap provokatif model begini ya sesama perempuan juga.

Gue jadi ingat waktu kuliah dulu, ada salah satu teman cewek yang lebih menyukai berteman dengan cowok hanya karena menurut dia, cewek itu banyak dramanya. Episode Asia’s Next Top Model yang baru gue tonton itu bikin gue jadi berpikiran, “She was so damn right!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s