Cara Instan Untuk Hidup (Lebih) Bahagia

Sebetulnya, hidup bahagia itu tidak sulit. Menambah kebahagiaan juga sama sekali tidak sulit. Bagaimana caranya? Cara paling instan: ikut berbahagia atas kebahagiaan orang lain.

Contohnya?

Gue ikut tersenyum lebar saat melihat luapan kegembiraan seorang teman yang baru lulus SPMB. Gue bukan lulusan negeri, tapi beda orang beda pula jalan hidupnya. Gue senang melihat dia senang, hasil kerja kerasnya untuk lulus SPMB sudah terbayar. And it worths a celebration!

Gue ikut lega saat akhirnya, teman gue melahirkan anak pertamanya setelah 8 tahun menikah. Gue sendiri belum menikah, tapi bukan berarti gue mesti nyinyir tiap kali melihat kebahagiaan pasangan yang sudah menikah.

Gue bahkan pernah beberapa kali ikut repot menyiapkan pernikahan teman baik gue. Gue ikut berbahagia di hari bahagianya mereka, ikut terharu di posesi akad nikah mereka, dan dengan tulus mendoakan yang terbaik untuk hidup dan masa depan mereka.

Gue selalu paling senang lihat-lihat toko online yang dibangun teman atau kerabat gue. Kadang sampai merinding melihat mimpi mereka sudah jadi kenyataan! Meskipun masih kecil-kecilan, setidaknya mereka sudah memulai.

Gue juga sangat menikmati foto-foto liburan milik teman-teman di socmed gue. Kadang gue tertarik bertanya soal pengalaman liburan mereka di sana. Tidak pernah terpikir oleh gue untuk menuduh mereka sedang pamer. Buat gue, foto-foto mereka itu justru menambah wawasan!

Iri adalah penyakit hati yang paling tidak membahagiakan. Jika kita tidak senang melihat orang lain senang, jika kita senang menyindir atau melakukan hal-hal tertentu untuk mengurangi kebahagiaan orang lain, maka pada saat itu, satu-satunya orang yang sedang tidak berbahagia adalah diri kita sendiri.

Belajar berbahagia untuk orang lain bisa dimulai dengan berhenti melihat kebahagiaan orang lain dengan sudut pandang yang selalu negatif. Sebetulnya saat kita sedang merusak kebahagiaan orang lain, kita juga sedang merusak kesempatan untuk membahagiakan diri kita sendiri. Belum lagi rasa panas karena dengki yang tersimpan dalam hati! Berbahagia untuk orang lain itu bukan cuma indah, tapi juga bisa melipatkgandakan kebahagiaan yang kita rasakan dalam hati kita ini.

Mulai dari sekarang, dan rasakan perbedaannya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s