Pasar Malam Pinggir Jalan

Beberapa kali dalam sebulan, ruas jalan di depan kosan gue langganan dipakai untuk menggelar semacam pasar kaget. Pedagang pakaian, aksesoris, mainan, jajanan pasar, dan bahkan ada juga wahana sederhana untuk anak-anak kecil. Pasar malam di tengah kota Jakarta yang sangat sederhana tapi tidak pernah sekalipun tampak kekurangan pengunjung.

Suatu malam, gue melewati pasar dadakan itu di perjalanan pulang menuju kosan. Dari dalam taksi, gue melihat keluarga kecil berjalan bergandengan. Si anak terlihat gembira dengan balon merah di tangan kanannya. Begitu pula raut wajah ayah dan ibunya. Mereka bertiga tampak sangat bersemangat melihat-lihat barang dagangan yang digelar di sepanjang jalan.

Hanya begitu saja, hari gue saat itu menjadi lebih baik dengan sendirinya. Gue masih saja sering lupa… bahagia itu sederhana. Sesederhana menikmati malam bersama keluarga. Atau sesederhana berbahagia melihat kebahagiaan orang lain.

Sejak malam itu, perjalanan melewati pasar malam yang awalnya terasa menjengkelkan saking ramainya, berubah menjadi terasa menyenangkan. Gue seperti menemukan satu lagi alasan kecil untuk bisa berbahagia.

Find your happiness, start from the little things.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s