Kenapa Bahasa Inggris itu Penting?

Sebetulnya menurut gue, Bahasa Inggris tidak selalu penting untuk semua orang. Misalnya, orang-orang yang sudah nyaman dengan pekerjaan yang sama sekali tidak mengharuskan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Atau orang-orang yang tidak pernah berniat pergi bertualang ke luar negeri. Jika memang tidak akan pernah terpakai, ya buat apa juga?

Akan tetapi, lain ceritanya jika bahasa sudah mulai jadi penghalang untuk karier kita. Tidak diterima kerja di perusahaan impian hanya karena gagal interview dalam bahasa Inggris. Atau, diterima tapi tidak pernah mendapatkan promotion hanya karena tidak mampu berinteraksi dengan rekan kerja atau klien asing.

Lain pula ceritanya jika masalah bahasa menjadi penghalang kita untuk jalan-jalan keliling dunia. Kalaupun bisa jalan-jalan, jadi harus tergantung dengan orang lain atau harus rela keluar banyak uang hanya untuk bisa bayar tour guide. Bagaimanapun, traveling akan lebih seru dan juga terasa lebih mudah jika kita lancar berbahasa Inggris!

Dalam dunia kerja, bahasa Inggris yang masih terbata-bata bukan hanya rawan miskomunikasi, tapi juga bisa membuat rekan kerja memandang kita dengan sebelah mata. Rekan kerja asing tidak akan bisa melihat betapa pintarnya kita jika mereka bahkan tidak bisa mengerti kita ini sedang ngomong apa! Omong-omong soal promosi, bagaimana atasan bersedia memberikan promosi jika mereka harus menghabiskan waktu sampai satu jam hanya untuk mengoreksi grammar dan susunan kata dalam report yang kita buat?

Kemudian untuk urusan jalan-jalan, bahasa Inggris yang masih pas-pasan akan membuat kita cenderung tidak percaya diri saat harus berkomunikasi dengan turis lain yang kita temui di perjalanan. Padahal sebetulnya, ngobrol-ngobrol dengan sesama turis itu selalu ada unsur menyenangkannya lho! Jadi tahu soal kehidupan di negara lain, atau, jadi tahu soal tempat berlibur lain yang wajib kita datangi! Ada kalanya, orang-orang yang gue temui di perjalanan itu pula yang bikin petualangan gue jadi semakin indah untuk dikenang.

Sekali lagi, bahasa Inggris memang tidak selalu penting, TAPI, apa salahnya untuk dipelajari? Kita tidak akan pernah tahu sampai kapan kita akan merasa betah kerja di kantor yang sekarang. Jangan biarkan bahasa menjadi batu sandungan buat karier masa depan kita! Dan tentunya, kita tidak akan pernah tahu betapa indahnya punya teman-teman dari berbagai belahan dunia jika kita tidak bisa berkomunikasi dengan mereka!

Finally, if you ask me the same question, “Why is English important to you?” 

My answer, “Because good English has made my dreams come true.”

Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai belajar… We’re never too old just to start learning something new! Jadi, jangan pernah jadikan usia sebagai alasan! Just do it start from now!

Good luck!

2 thoughts on “Kenapa Bahasa Inggris itu Penting?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s