8 Aplikasi Android Yang Mempermudah Hidup Gue

Mighty Grocery

Mighty Grocery ini adalah daftar belanja yang sangat mempermudah gue setiap kali belanja bulanan. Di Mighty Grocery, kita bisa create list berdasarkan nama tokonya. Di aplikasi gue, ada Carefour, Gramedia, Centro, dan Century. Di masing-masing list itu udah gue isi daftar barang apa aja yang perlu gue beli di toko-toko ybs.

Untuk setiap list itu sendiri, kita bisa membagi daftar barang berdasarkan susunan raknya. Misalkan, Pringles, Smax, dan Chitato gue letakkan di rak ‘Snacks’, pressed powder, eyelash serum, dan mascara gue letakkan di rak ‘Cosmetics’. Udah ada banyak default items dan juga default aisles di dalam aplikasi ini, tapi kita juga bisa create item dan aisle baru yang sesuai dengan keinginan kita.

Kelebihan lain dari aplikasi ini, kita bisa menggunakan barcode scanner (paid version only) untuk mengecek harga barang yang ingin kita beli. Harga yang kita scan itu akan otomatis masuk ke daftar belanja sehingga saat kita check out (sudah selesai belanja di salah satu toko), kita bisa melihat berapa total harga belanjaan kita itu. Ada setting untuk otomatis menghitung pajaknya juga lho.

Berkat aplikasi ini, nggak ada lagi barang yang kelupaan gue beli. Gue juga enggak lagi bolak-balik dari satu rak ke rak yang lainnya lagi karena ada yang tertinggal di rak sebelumnya itu. Bener-bener membantu gue saat berbelanja deh pokoknya. Satu-satunya fitur yang nggak pernah gue pake di aplikasi ini cuma daftar harga barangnya aja. Gue agak males nginput harga barang yang ada di daftar. Buat gue yang penting, jangan pernah membiarkan limit CC terisi penuh supaya tetep bisa bayar di kasir berapapun jumlah belanjaan gue, hehehehe.

Canimals Diary

Canimals Diary ini semacam kalender imut-imut yang multifungsi. Kita bisa bikin diary, bisa pula menginput periode datang bulan kita sehingga dia akan otomatis memprediksi kapan tanggal datang bulan kita yang selanjutnya. Buat yang udah berumah tangga, informasi tanggal ovulasi juga tersedia di aplikasi ini lho.

Buat cewek, jelas penting banget yah, mengamati periode datang bulan ini. Terlalu cepat dan terlalu telat itu bukan pertanda baik. Ada aplikasi sejenis di Android Market yang otomatis memberikan notifikasi pada tanggal di mana seharusnya kita sudah kembali datang bulan.

Oh ya, yang paling gue suka dari Canimals Diary ini adalah fitur stikernya. Ada banyak pilihan stiker untuk gue tempelkan di kalender harian gue dalam aplikasi ini. Misalnya, stiker ‘I’m Busy’, ‘I’m Broke’, ‘Happy’, ‘I’m in Love’, dan masih banyak lagi. Jadi kalo gue buka kalender, gue bisa melihat naik turunnya mood gue selama satu bulan yang bersangkutan hanya dengan melihat kumpulan stiker yang pernah gue tempel itu.

Travel Organizer

Sebelum ada aplikasi ini, gue selalu ngetik di hp semua barang yang perlu gue bawa saat travelling. Sekarang setelah ada aplikasi ini, gue tinggal centang-centang aja barang apa yang udah gue masukin ke dalam tas saat packing. Udah ada banyak daftar barang yang tersedia dalam aplikasi ini sehingga gue enggak perlu ngetik satu per satu nama barangnya. Untuk barang yang nggak applicable buat gue (misalnya topi, hairdryer, roll rambut) bisa gue remove dari daftar, dan barang yang belum tersedia di sana (misalnya jilbab, bros, peniti) bisa gue tambahkan ke dalam daftar barang. Asyiknya lagi, aplikasi ini juga punya fitur percentage of completion. Kalo angkanya udah nunjuk 100%, berarti packing gue udah selesai.

Documents to Go

Meskipun udah ada Canimals Diary, gue tetap lebih memilih nulis diary harian gue di Documents to Go. Soalnya kalo gue ngetik di sini, format file-nya ini .docx sehingga sudah pasti kompatibel dengan Microsoft Office di laptop gue. Untuk draft novel juga suka gue ketik pake aplikasi ini trus nanti file-nya gue transfer laptop dan tinggal gue gabungin deh, sama draft novel yang ada di laptop gue itu. Oh ya, aplikasi ini satu-satunya aplikasi di hp gue yang harganya lebih dari Rp. 100.000. Emang mahal, tapi worth it banget buat gue yang hobi nulis di manapun gue berada.

Bahasa Dictionary

Dari nama aplikasinya aja udah ketahuan yah, kalo ini tuh kamus bahasa Inggris 🙂 Bener-bener berguna dan praktis banget deh pokoknya. Nggak perlu lagi tuh, repot-repot beli kamus elektronik, hehehe.

Ringtone Maker

Dengan aplikasi ini, gue bisa memotong lagu yang akan gue jadikan ringtone sesuai keinginan tanpa me-replace lagu aslinya.

Yahoo Messenger & Whatsapp

Semenjak ganti hp ini, gue jadi lebih jarang kirim SMS. Gue kan bisa langsung chatting sama temen-temen gue via YM atau WhatsApp. Lebih hemat karena nggak bakal kena pulsa SMS 🙂 Sebagai gantinya, emang udah pasti bakal kenal pulsa internet sih. Tapi kan tiap bulan gue udah langganan broadband unlimited tuh. Jadi ya harus dimanfaatkan secara maksimal dong, hehehehe. Oh ya… bedanya Whatsapp dengan YM, kita enggak perlu add daftar temen kalo pake aplikasi ini. WhatsApp akan secara otomatis menambahkan semua contact di phonebook hp kita yang juga install WhatsApp di hp mereka. Asyiknya lagi, sama kayak BBM, WhatsApp ini akan selalu aktif selama hp kita aktif, dan kalaupun kita lagi enggak dapet sinyal internet, pesan yang dikirimkan teman akan tetap kita terima saat kita kembali online.

WordPress

Aplikasi WordPress ini memungkinkan gue untuk ngetik kemudian posting tulisan baru ke blog gue ini, melihat dan membalas comment, melihat daftar tulisan yang pernah gue buat (baik yang masih draft atau yang sudah published), dan juga memonitor site stat gue. Aplikasi ini tampilannya udah menyesuaikan dengan ukuran hp sehingga sangat praktis untuk digunakan. Oh ya, dari semua fitur di aplikasi ini, fitur yang paling sering gue gunakan adalah site stat. Kalo misalkan lagi dalam perjalanan, gue suka tetep penasaran berapa jumlah visitor di blog gue hari ini, hehehehe.

4 thoughts on “8 Aplikasi Android Yang Mempermudah Hidup Gue

  1. Nita says:

    waah yang travel organizer baru tau deh. emang berguna sih ya buat ngelist barang untuk packing, karena kalo ada yang ketinggalan pasti rasanya bingung banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s