Android is Fun!

What is Android?

Intinya sih, Android itu adalah salah satu jenis operating system buat hp. Kalo untuk PC (personal computer), kita pasti udah familiar sama operating system Microsoft Windows, Linux, dan Macintosh (buat PC keluaran Apple). Nah, untuk operating system hp ini di antaranya ada Symbian yang sampai sekarang masih digunakan oleh Nokia, iOS untuk iPhone, Blackberry OS, dan android yang akan gue bahas dalam blog ini. Android yang kini dikelola oleh Google ini sendiri terus berkembang versinya dari waktu ke waktu. Pada saat tulisan ini dibuat, versi android yang paling baru adalah android versi 3.1. Setiap versi punya ‘nama panggilan’ menggunakan berbagai macam nama dessert. Misalnya, android 2.1 gue punya nama panggilan Eclair, dan 2.3 punya nama panggilan Gingerbread.

 

 

What it Android Application?

Dalam dunia PC, apa yang biasa disebut dengan application ini lebih populer dengan istilah software. Jadi android application itu bisa banyak jenisnya. Ada games, antivirus, aplikasi pengolah dokumen model Microsoft Office, live wallpaper alias wallpaper bergerak, kalender, aplikasi chatting, dan masih banyak lagi. Nanti akan ada posting tersendiri mengenai apliaksi android favorit gue.

 

What is Android Market?

Android Market itu toko online yang menyediakan berbagai macam aplikasi android. Ada aplikasi yang bisa kita download secara gratis, tapi ada juga aplikasi yang harus kita beli. Oh ya, aplikasi gratis bukan berarti aplikasi jelek loh. Angry Birds, game android, iPhone, iPad, dan iPod yang paling populer itu bisa kita dapetin secara gratis di Android Market. Tapiii, jangan kaget kalo saat kita sedang main game gratisan itu, tiba-tiba muncul iklan berseliweran di layar hp kita! Hanya aplikasi berbayar aja yang sudah pasti bebas dari iklan.

 

Why Choose Android?

  1. Ada banyak pilihan hp. Beda sama iOS yang cuma buat Apple atau Blackberry OS yang cuma buat BB, android ini banyak dibenamkan di berbagai merk hp, termasuk merk hp papan atas seperti Sony Ericsson dan juga Samsung. Salah satu alesan gue akhirnya memilih Xperia X10 adalah gue butuh hp dengan OS yang punya dan mampu meng-install banyak aplikasi menarik yang juga punya kamera dengan kualitas cemerlang;
  2. Ada lebih banyak pilihan aplikasi. Katanya siih, aplikasi yang tersedia di Android Market jumlahnya jauh lebih banyak dari aplikasi yang ditawarkan oleh App World BB, dan App Store-nya Apple. Tapi sebenernya sih, jenis aplikasi yang populer di android juga tersedia yang mirip atau bahkan yang sama persis di versi Apple-nya; dan
  3. Beda dengan OS tetangga sebelah yang gampang hang kalo banyak download aplikasi, android ini jauh lebih tahan banting buat urusan nampung banyak aplikasi. Android sering disebut sebagai OS pintar yang bisa mengatur sendiri batas kemampuannya dalam mengatasi jumlah aplikasi yang sedang running di dalam sistemnya. Buat orang yang hobi ngotak-ngatik hp kayak gue, maka hp tanpa banyak aplikasi rasanya jadi kurang fun 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s