Saved By Cololite, Special Cleanser For Leather

Sekitar tiga minggu yang lalu, gue naksir berat sama tas warna pink di Charles & Keith Central Park. Sekali ngelirik, gue ambil dari rak display, gue coba sampirkan di bahu sambil berpose di depan kaca. It looked nice on me, so I started to peek the price tag… Sayangnya menurut gue, harga si tas a little bit expensive buat ukuran yang hanya sekecil itu.  Gue taruh lagi tasnya di atas rak, keliling-keliling, balik lagi ke rak itu… lihat-lihat tas lucu itu lagi… sampai akhirnya gue putusin untuk pulang dengan tangan kosong.

Beberapa hari kemudian, gue mampir lagi ke Charles & Keith Emporium. Niatnya sih, mau cari flat shoes buat dipake pas factory visit keesokan harinya. Dan ternyata, tas lucu itu ada juga di CK Emporium! Agaaaiiiin, gue pegang-pegang si tas lucu, sekali lagi melihat price tag-nya, dan tetap berkeras sama diri sendiri bahwa gue enggak butuh beli tas pinky sekecil itu.

Gue pun langsung beranjak ke toko lain mencari flat shoes yang harus ketemu malam itu juga. Tapi ternyata gue terus terbayang-bayang sama tas lucu itu. Akhirnya, setelah berhasil nemuin flat shoes berwarna soft pink, gue berpikir… sepatu baru gue itu bakal matching banget sama si tas lucu! Gue pun buru-buru balik ke CK buat beli tas inceran gue itu! Yaaay, I finally purchased my dream bag 🙂

Selama dua hari berikutnya, gue pakai sepatu dan tas baru buat acara factory visit yang sekaligus HRD training buat the new comers itu. Rasanya seneng banget ngelihat tas baru itu akhirnya udah jadi punya gue, hehehehe. Sampai di akhir hari ke dua… tiba-tiba gue syok ngelihat tas pinky gue yang udah terlihat dekil! Tanpa gue sadari udah ada banyak banget debu nempel di tas kulit sintetis gue itu!

Dengan panik, gue langsung bersihin tas gue itu pake tisu basah… tapi nggak berhasil! Gue langsung beralih bersihin tas pake sabun dan kain yang gue basahin, tapi tetep enggak berhasil! Abis itu gue kirim SMS ke temen gue Mitha, kali aja dia tau gimana cara bersihin tas gue itu. Sambil nunggu balesan dari Mitha, gue mulai meng-google cara ngebersihin tas berbahan dasar kulit sintetis. And you know what… ternyata bahan kulit dan kulit sintetis itu enggak boleh bersentuhan sama air! Pantesan ada pinggiran tas gue yang langsung sedikit mengelupas 😦

Akhirnya Mitha bales SMS gue, dia bilang coba pake minyak kayu putih. Menurut hasil Googling juga kebanyakan menyebutkan minyak kayu putih. Beberapa hari kemudian, gue sempet balik lagi ke CK Emporium buat beli sepatu kerja baru gara-gara sepatu kerja gue yang lama baru aja rusak. Di sana gue sempat tanya, dan SPG-nya juga menyebutkan minyak kayu putih. Sayangnya setelah gue coba, minyak kayu putih pun tetap tidak begitu membantu. Warna tasnya emang jadi sedikit lebih cerah, tapi tetap ada kotoran yang seperti mengendap di pori-pori permukaan tas. Sedih banget rasanya tas kesayangan gue yang masih baru itu udah kelihatan dekil kayak tas yang udah lama dipajang di rak toko!

Lalu hari ini, ceritanya gue sempet mampir ke gerai Guess di Plaza Semanggi. Iseng-iseng gue tanya sama SPG-nya, “Mbak, kalo bahan kayak gini (sambil menunjuk satu tas kulit sintetis di atas keranjang diskon) bersihinnya pake apa?”

Saat itu, gue sempet mengira lagi-lagi, SPG yang satu itu juga akan menyebut minyak kayu putih. Tapi ternyataaa, SPG Guess itu punya jawaban yang berbeda! Dia bilang, ada pembersih khusus bermerk Cololite yang bisa gue dapatkan di pasar swalayan! Yaaay, gue pun langsung meluncur ke Giant Plaza Semanggi!

Sempet muter-muter di Giant, bolak-balik dari satu rak ke rak lainnya, sampai akhirnya gue menemukan satu rak kecil yang memuat tulisan Cololite Leather Care! Waktu gue hampiri, isi rak itu pembersih dan semir buat sepatu semua! Gue nggak nemuin pembersih khusus tas berbahan kulit yang menurut SPG Guess tadi, bentuk kemasannya seperti odol. Yang paling mendekati yang ada di rak itu cuma Cololite Suede Lotion yang katanya bisa juga buat ngebersihin nubuck leather. Sebenernya gue ini enggak ngerti nubuck itu artinya apa. Gue cari di aplikasi kamus hp gue, sempet nyari juga di Google translate tapi tetep enggak ketemu terjemahan-nya nubuck itu. Akhirnya hanya dengan bermodal insting, gue tetap beli Cololite Suede Lotion itu.

Ini dia bentuk Cololite yang diformulasi khusus buat tas berbahan kulit. Sayangnya waktu di Giant, gue nggak berhasil nemuin Cololite yang satu ini.

Sesampainya di kosan, gue langsung coba bersihin si tas pinky pake Cololite. Caranya, tuangkan cairan dari dalam botol ke atas sponge yang sudah disediakan Cololite, kemudian langsung gue oleskan sponge tersebut ke atas permukaan tas secara searah, berulang-ulang, sampai busa dari sponge mulai kering dengan sendirinya. Dan taraaa, tas gue langsung bersih seperti baru lagi!

Tas gue setelah dibersihkan pake Cololite^^

Aaah, senangnyaaa… Thank you Cololite and thank that SPG in Guess Plaza Semanggi also 🙂

Notes: Fyi, harga Cololite ini enggak mahal, sebotolnya (isi netto 75 ml) cuma Rp. 50.000 lebih dikit. Worth it buat menjaga warna dan kebersihan tas atau sepatu kulit kesayangan kamu^^ Kalo tertarik, gue nemuin Cololite ini di bagian pakaian laki-laki di Giant Plaza Semanggi.

6 thoughts on “Saved By Cololite, Special Cleanser For Leather

  1. Angga Rajasa says:

    hai riffa,wah memang cololite itu penyelamat banget tuh..gw juga pernah ngalamin hal yang sama kayak lo juga bu,tapi kejadiannya di jaket kulit gw,waktu itu gw pake cololite leather lotion buat bersihinnya trs finishingnya pake cololite yg mink oil.alhasil jaket gw tampak bersih dan spt baru lg,hehe..
    kakak gw juga gw rekomendasiin buat bersihin tas2 kulitnya pake cololite,dan ternyata ada produk cololite yg khusus buat tas(hand bag) namanya cololite hand bag cream.
    klo ga riffa join fan pagenya cololite di facebook aja,disitu bisa langsung nanya2 ke admin fbnya,oiya nama fan page nya; COLOLITE LEATHER CARE

  2. riffasancati says:

    Iyaa, it’s very helpful^^ Sayangnya enggak semua pasar swalayan ngejual semua jenis Cololite itu yah. Sip lah, nanti gue coba cek Facebook page-nya. Anyway thank you for reading my blog ya, Angga.

  3. indra wibawa says:

    Salam kenal mbak…. Ω̶̣̣̥̇̊ќ͡ʊ̤̥̈̇ indra di situbondo, saya lg nyari produk cololite lotion leather sama cololite mink oil mbak, saya mohon infonya mbak kalo pengen blanja ol produk cololite di mana yaaa? Slama ni utk perawatan jaket2 kulit saya,sepatu n tas, saya terpaksa pake cairan silikon Чάπƍ sebenernya kurang bagus «̶ː̖́[b̲̅u̲̅a̲̅τ̲̅]ː̗̀»̶ bahan kulit, kebetulan 3 minggu Чάπƍ lalu saya juga beli lg 3 jaket kulit, sayang banget kalo perawatannya msh blm optimal seperti pengalaman saya kemarin2,menginggat barang2 kulit utk saat ini semakin mahal.trims

Leave a comment