A journey to remember

Sepuluh Karakter Teman

Posted on: August 21, 2010

 

Iseng-iseng, gue mengamati teman-teman yang gue punya. Lalu berdasarkan pengamatan gue itu, teman yang gue kenal di tempat kerja ternyata punya kesamaan karakter dengan teman gue di SMA dulu. Hasil akhirnya, gue mengelompokkan teman-teman gue itu ke dalam 10 karakter, lengkap dengan ciri khas dan plus-minus masing-masing karakter. Please read with no hard feeling ya guysJ

 

Mr. or Miss. No Drama Please

Tipe kayak gini bisa dipastikan tipe orang yang tertutup. Dia paling anti curhat soal kehidupan pribadinya, dan, enggak gitu hobi mendengarkan curhatan orang-orang di sekitarnya. Menurut pengalaman pribadi gue, entah kenapa, orang-orang dalam golongan ini cenderung punya wawasan yang luas, bisa nyambung dalam topik apapun. Dan biasanya, mereka punya in depth knowledge alias kalo tau sesuatu sifatnya enggak setengah-setengah.  

Plus:    

Orangnya fleksibel dan enak diajak ngobrol. Sifatnya yang nggak ribet dan nggak plin-plan bikin dia jadi orang yang enak buat diajak hang out. Biasanya, teman tipe ini termasuk orang yang bisa diandalkan untuk banyak hal.

Minus:

Enggak enak dijadiin tempat curhat atau sekedar dimintai pendapat. Reaksinya malah suka bikin kita jadi nyesel udah nanya sama dia.

 

Si tipe sangat pendiam

Tipe ini tipikal pendiam sejati. Harus orang lain duluan yang membuka topik obrolan. Jarang banget cerita kecuali ditanya. Termasuk tipe orang yang suka memendam perasaan. Biasanya, orang dalam golongan ini punya tingkat kesabaran di atas rata-rata.

Plus:

Pendengar yang baik, plus, tipe orang yang jago banget menjaga rahasia.

Minus:

Sifatnya yang suka memendam perasaan bisa bikin kita capek menebak isi hatinya. Sifatnya yang jarang ngobrol juga bikin dia jadi kurang pintar mengolah kata-kata saat memberikan saran/nasehat.

 

Everybody’s sweetheart

Tipe orang yang bisa berteman dengan siapa saja alias nggak suka pilih-pilih teman. Punya banyak teman ngobrol, teman bercanda, pokoknya tipe orang yang disukai oleh hampir semua orang. Umumnya mereka punya kepedulian tinggi dan selera humor di atas rata-rata. Dan pastinya, mereka sama sekali bukan tipe orang yang suka cari musuh. Malangnya, sifat mereka yang easygoing membuat orang lain mengira hidup mereka ini selalu baik-baik saja. Only specific person who can see pains in their eyes while anyone else sees smiles in their faces.

Plus:

It’s nice spending time with them, it’s usually fun! Sifat ramah mereka juga bisa bikin kita ngerasa nyaman. Selain itu, sifat mereka yang nggak suka pilih-pilih teman bisa bikin the outsiders lebih percaya diri karena merasa ada yang mau memperlakukan mereka sebagai teman.

Minus:

 Sifatnya yang easygoing sama siapa saja membuat teman-teman dekatnya jadi merasa tidak diistimewakan. Itulah alasannya kenapa, justru orang dalam kelompok ini hanya punya ‘sahabat-sehidup-semati’ dalam jumlah yang sedikit meskipun dia berteman baik dengan banyak orang.

 

Sang Psikolog

Tipe orang yang sering dijadikan tempat curhat oleh orang-orang di sekitarnya. Tipe ini biasanya hobi ngobrol dan emang enak diajak ngobrol, dewasa, cenderung wise, dan pastinya, mereka enggak pernah bosan mendengarkan curhatan orang lain. Biasanya, tipe ini memiliki kepedulian tinggi dan suka menolong orang-orang di sekitar mereka.

Plus:

Tempat curhat yang ok banget. Bisa jadi pendengar sekaligus penasehat andal. Objektif dan kreatif dalam memberikan saran.

Minus:

Orang dalam tipe ini biasanya bersifat easy judging. Banyaknya cerita yang masuk ke telinga mereka bikin mereka jadi punya banyak insight sehingga bisa dengan cepat menilai sesuatu. Efek negatifnya, sifat judging ini bisa bikin orang lain merasa direndahkan atau seolah kayak orang yang punya banyak banget kekurangan di mata mereka. Efek lainnya, orang tipe ini juga sering dicap sok tahu sama orang-orang di sekitar mereka.

 

Drama Prince or Princess

Tipe orang yang suka banget curhat, cenderung mellow, dan suka mendramatisir keadaan.

Plus:

Kecil kemungkinan kehabisan topik sama tipe orang ini. Selain itu biasanya, mereka pendengar yang baik, caring, dan berinisiatif tinggi.

Minus:

Ribet dan suka membesar-besarkan masalah kecil.

 

Mr. or Miss Nyablak

Super cerewet, jago bikin jokes, pokoknya selalu bikin rame di manapun dia berada.

Plus:

Suasana super fun, bisa ketawa ngakak sepuasnya kalo ada mereka.

Minus:

Kalo bercanda suka kelewatan, berpotensi bikin objek leluconnya jadi sakit hati.

 

The Nerd Ones

Sangat-sangat pintar, bisa jadi golongan orang jenius yang punya daftar prestasi yang bisa bikin ngiler. Biasanya, cenderung kaku dalam pergaulan.

Plus:

Berteman sama tipe orang ini bisa bikin kita terpacu untuk ikut maju. Enak diajak ngobrolin topik-topik berat yang bisa memperluas wawasan kita.

Minus:

Kurang pinter bikin jokes, kurang luwes, dan kurang bawel.

 

Anak Gaul Abisss

Hedonis abis… Hobinya nggak jauh-jauh dari café, diskotilk, meja billiard dsb…

Plus:

They are fun to be with. Asyik lah buat diajak bersenang-senang. Selain itu biasanya, mereka tau banget tempat makan enak atau tempat dengan suasana yang nyaman buat duduk berjam-jam.

Minus:

Hati-hati terseret pergaulan yang kelewat batas. Dan ada kalanya, orang-orang di lingkungan ini enggak bisa dipercaya. So be careful!

 

The Outsiders

Ciri utama the outsiders ini lebih senang menyendiri, atau berteman dengan satu-dua orang saja. Jarang kelihatan sedang asyik ngobrol sama orang lain. Biasanya, the outsiders ini jadi penyendiri karena alasan-alasan yang sifatnya spesifik (misalnya, ketebratasan fisik, masalah psikologis dsb…)

Plus:

Gue punya beberapa teman dari kalangan ini. Dan percaya deh, meskipun kelihatan aneh, mereka bisa jadi teman yang lebih baik daripada orang-orang pada umumnya. Mereka orangnya bisa loyal banget sama orang-orang yang mereka anggap teman.

Minus:

Tergantung orangnya…  Kalo menurut pengalaman gue, perlu kehati-hatian khusus saat berteman dengan outsiders, terutama dengan mereka yang memang memiliki masalah psikologis.

 

Si Sensitif

Mudah tersinggung. Saat orang-orang sedang asyik bercanda, dia bisa tiba-tiba marah karena merasa tersinggung. Nggak jarang kalo udah marah, mereka bisa meledak-ledak sedemikian rupa.

Plus-Minus:

Orang tipe ini penuh dengan kejutan. Kita nggak akan pernah tahu kebaikan apa yang akan mereka lakukan, atau, hal buruk apa yang akan tega mereka perbuat. Sorry to say… tipe orang inilah yang paling sulit mendapatkan sahabat.

 

 

Kenyataannya, satu orang bisa memiliki lebih dari satu jenis karakter di atas. Atau mungkin, memiliki setengah dari satu karakter dan setengah lagi dari karakter lainnya. Enggak ada karakter yang sempurna? That’s human! Apapun karakternya, yang penting adalah kita selalu berusaha untuk menjadi teman yang baik buat teman-teman kitaJ

Advertisements

2 Responses to "Sepuluh Karakter Teman"

g masuk yg mana fa???

Anak gaul yang hedon abis pastinya sih… Oh iya, gue lupa nambahin satu jenis karakter lagi: si temen ganjen! Hehehe, peace^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Blog Counter

  • 869,691 visits since May 2011

My Blog Categories

My Blog Archives

Click the pictures below to visit my Instagram...

Stressed out all day with tons of things at work and then I got a CD delivered from Bali! It instantly made my day!
Hard Rock photography team has really done a great job! The photographer captured just the right moments in her shoots. I love to see how I genuinely smiled in this picture. Oh yeah, the size of my smile can really tell how happy I am at that very moment!
And did you know what made me happy that day? I was happy knowing that no matter how things could go wrong, I still knew how to fix it and went back to have some (more) fun again.
#throwback #photooftheday #bestoftheday #bestday #portrait #pool #summer #hardrock #bali One fine morning in Bali.
#friends #holiday #bali #summer #hardrock #pool #photooftheday #bestoftheday The secret of 15 years friendship: don't be angry at the same time 😂
#bestfriend #bestfriendgoals #throwback #travel #vacation #bali #summer #pool #hardrock #photooftheday

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

About Me

What my blog is all about? It's all about my life; my very own fairy tale, that I would love to share. This is my story, my ups and downs, it's a journey to remember.

%d bloggers like this: