There is No Such a Thing like “Perfect Timing” at Work

Baru-baru ini, gue ngerasa bahwa yang namanya “perfect timing” itu sebetulnya nyaris enggak pernah ada dalam dunia kerja. Berusaha cari “the right time” ujung-ujungnya malah bikin kita melupakan atau menelantarkan hal penting yang ingin kita lakukan tersebut.

Contohnya…

Kita ingin menegur kinerja anak buah yang kita anggap kurang teliti, tapi karena tim kita sedang sibuk kejar deadline, kita lantas berpikiran, “Jangan sekarang ditegurnya, supaya dia fokus dulu menyelesaikan pekerjaannya.” Lalu kenyataannya? Selalu ada saja deadline yang baru lagi dan lagi, sehingga pada akhirnya, kita malah jadi lupa untuk memberikan feedback untuk si anak buah. Akibatnya? Hasil kerja dia terus saja banyak salahnya karena dia tidak merasa ada yang perlu dia perbaiki.

Contoh lain, gue pernah menyarankan tim gue untuk ambil kursus Bahasa Inggris di luar jam kerja. Tapi karena masih masa sibuk, kita pikir ya sudah nanti saja kursusnya. Kenyataannya? “Nanti saja” terus menjadi “nanti saja”, kesibukan seolah tidak pernah ada akhirnya, sehingga lewat enam bulan kemudian, masih belum ada satupun yang memulai kursusnya.

Atau contoh yang terjadi sama diri gue sendiri… gue pengen banget ambil cuti panjang, pengen refreshing, pengen jalan-jalan… tapi gue pikir nanti saja kalau ini dan itu sudah selesai gue kerjakan. Lalu kenyataannya? Cuti gue terancam hangus sembilan hari 😦

So guys… if we always wait for the right time just to do the right things at work, then maybe, we will have no time at all. Who knows that tomorrow you’ll be much busier than you are today? I don’t know how it goes somewhere else, but in my workplace, that working madness just never ends.

Emang sih, sangat tidak mungkin kita melakukan SEMUA hal dalam satu waktu yang bersamaan. Yang namanya prioritas tetap selalu ada. Hanya saja kembali lagi, jangan jadikan ‘waktu yang tepat’ sebagai satu-satunya pertimbangan untuk menentukan prioritas. Do what you’ve got to do, no need to wait that right time to come and make your own time instead!

Work smart and make time to do what you need to do TODAY.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s