A journey to remember

Learning From a Kid

Posted on: February 28, 2009

Tadi sore di sebuah lift Plaza Semanggi, gue ketemu sama seorang anak perempuan yang sangat lain dari yang lain. Gue yakin usianya belum melebihi sepuluh tahun. Pertama lihat, gue cuma mendapat kesan bahwa she is cute and well dressed. Tapi selama beberapa menit (atau mungkin hanya dalam hitungan detik) gue satu lift sama dia, gue langsung bisa melihat kesitimewaan dalam diri anak itu.

Awalnya gue denger dia ngomong begini saat dia baru saja masuk ke dalam lift, “Lantai 5 dong, tolong…” Suaranya itu jernih banget dan intonasinya terdengar dewasa dan penuh dengan sopan santun.

Di lantai berikutnya, ada orang dari bagian dalam lift yang ingin turun di lantai itu. Lalu dengan kesadaran sendiri, anak tadi melangkah keluar dari dalam lift supaya orang tadi bisa keluar lift dengan leluasa. Kemudian saat giliran gue dan keluarga gue yang turun dari lift, anak itu dengan sukarela menekan tombol OPEN supaya rombongan gue bisa keluar dengan tenang tanpa khawatir akan terjepit pintu lift.

Kedengarannya, apa yang dilakukan anak itu hanya hal yang sederhana. Tapi gue nggak yakin ada banyak anak seumuran dia yang memahami etika seperti itu. Jangankan anak kecil deh, yang udah tua-tua aja masih banyak yang nggak tau tata krama kok. Kita suka ogah memberi jalan kepada orang yang ingin lewat baik di dalam lift maupun di dalam kendaraan umum. Kita suka ‘lupa’ bahwa mengucapkan kata tolong, maaf, dan terima kasih adalah sopan santun yang tidak boleh kita lewatkan. Kita juga suka tidak peduli dengan kenyamanan dan keselamatan orang-orang yang tidak kita kenal.

Selain itu, bertambahnya usia juga membuat kita semakin mati rasa sama yang namanya etika pergaulan. Kita sudah tidak lagi merasa bersalah saat mengucapkan kata-kata yang tingkat bahasanya setara dengan bahasa preman. Kita juga sudah tidak peduli lagi dengan berbagai jenis tata tertib, entah itu tata tertib lalu lintas, budaya mengantri, dan lain sebagainya yang waktu TK dulu selalu diajarkan oleh sang Ibu Guru. Padahal seharusnya, sebagai manusia dewasa kita sudah mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Tapi toh faktanya, semakin dewasa justru membuat hati nurani kita semakin tumpul terhadap berbagai macam aturan di dunia ini.

Anak perempuan di Plaza Semanggi itu kemungkinan besar dididik sangat baik oleh orang tuanya. Dan semoga, kerasnya hidup tidak akan banyak mengurangi idealismenya itu. Makanya, kalo gue punya anak nanti, akan gue ajarkan dia bahwa meskipun orang lain tidak bisa menjaga kesopanannya, bukan berarti dia boleh ikut-ikutan bersikap seenaknya. Karena bagaimanapun, sopan santun adalah cara kita untuk menjaga hubungan baik dengan sesama manusia. So guys, let’s start behaving good okay?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Blog Counter

  • 908,046 visits since May 2011

My Blog Categories

My Blog Archives

Click the pictures below to visit my Instagram...

The beauty of diversity. I'm glad that I met them along my career path at Lazada. Just a little help like this could mean everything to me and The Lens Story. Many thanks! ❤️
📷: @thelenstory 👚: @adidaswomen 👕: @nike 
#friends #friendshipgoals #diversity #photography #photooftheday #canon #snapseed #thelenstory Find someone who loves you properly.
The one who never intentionally let you wait for him.
The one who never makes you have to wonder how he truly feels about you.
The one who will definitely catch you and hold you tight as you fall for him.
The one who gives you all he has to be a better man, to fix what goes wrong, to fight for you and to never let you go.
You are too old for another Mr. Wrong, reward yourself with the right one.
Love yourself enough to leave your past, you deserve better.
📷: @thelenstory
💄: @yuficarolin.mua
👗: @calla.atelier
👠: @charleskeithofficial 
#love #life #quote #photography #photooftheday #thelenstory I'm not perfect. I make mistakes. I do the things I'm not proud of. I give up, sometimes. I hurt people, mostly the ones that I actually care about. I have a lot of flaws, but at least, I'm trying hard to be a better person. I'm no saint nor angel, but I'm not a pure evil either. I'm simply a human who is trying to be the very best that I can be. I'll never stop learning, until my very last breath.
📷 @thelenstory
💄 @yuficarolin.mua
👗 @calla.atelier
👠 @charleskeithofficial
#photooftheday #beauty #photography #quote #thelenstory

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

About Me

What my blog is all about? It's all about my life; my very own fairy tale, that I would love to share. This is my story, my ups and downs, it's a journey to remember.

%d bloggers like this: