G.I. Joe Retaliation: Big Disappointment for Big Fan

GI Joe RetaliationWarning… this post contains spoiler. Buat kamu yang belum pernah nonton dan nggak ingin tahu bocoran ceritanya, cukup berhenti sampai di paragraf ini.

Pertama kali nonton G.I. Joe pada tahun 2009, gue langsung suka! Sejak nonton film ini pula, gue jadi ngefans sama Channing Tatum dan mulai heboh cari setiap film yang pernah dia bintangi. Nggak heran kalo gue pun jadi menanti-nantikan sekuel action movie yang satu ini.

Gue penasaran… gimana nasib Ana Lewis (Sienna Miller), pacarnya Duke (Channing Tatum) setelah akhirnya berhasil lepas dari cengkraman pasukan Cobra? Gimana kelanjutan persahabatan Duke dengan Rex yang tidak lain saudara kandungnya Ana? Dan akan ada teknologi canggih apa lagi yang dimiliki oleh pasukan G.I. Joe selanjutnya?

Buat kalian yang belum pernah nonton film pertamanya, G.I. Joe: The Rise of Cobra, mungkin akan menilai sekuel film ini keren-keren aja. Adegan action-nya emang tetap seru, terutama yang bagian kejar-kejaran ala ninja antara Snake Eyes dan Jinx versus pengawal-pengawalnya Cobra di tebing-tebing curam. Tapi bagi penggemar G.I. Joe sejak lama yang masih ingat persis jalan cerita film pertamanya, dijamin kecewa saat nonton G.I. Joe Retaliation.

Lupakan rasa penasaran gimana nasib Ana yang sempat disuntikkan nano-mites oleh kakaknya sendiri, karena di film ke dua, Ana tidak muncul sama sekali. Namanya sama sekali tidak disebut, seolah tidak pernah ada tokoh Ana dalam sejarah G.I. Joe. Lupakan pula teknologi super canggih seperti yang banyak kita lihat di film pertama, karena satu-satunya senjata yang paling canggih di G.I. Joe Retaliation hanya senapan yang punya menu touch screen yang sebetulnya, senjata yang mirip-mirip juga sudah pernah ada di film pendulunya. Dan yang paling mengecewakan adalah… tokoh Duke cuma muncul sebentar lalu dibikin mati di medan perang. Mati terkena serangan udara, lalu sosoknya hilang begitu saja. Sama sekali kisah kematian yang tidak berkesan. Orang yang enggak pernah nonton film pertamanya pasti nggak akan menyangka bahwa sebetulnya dan seharusnya, Duke adalah tokoh utama dalam film ini.

Seolah itu semua belum cukup mengecewakan, satu-satunya anggota G.I. Joe yang masih terus eksis dalam sekuelnya hanya tinggal the Snake Eyes saja. Jagoan-jagoan lainnya benar-benar tidak muncul batang hidungnya. Jagoan ceweknya pun berganti tokoh dari Scarlett menjadi Jaye. Tapi untunglah kisah hidup Snake Eyes dan Storm Shadow masih terus dibahas tuntas, kalau tidak, film ini benar-benar sudah kehilangan ‘napas’ G.I. Joe-nya.

Sampai sekarang gue belum dengan desas-desus seputar film ini. Misalnya, kenapa tokoh Duke dihilangkan begitu saja? Atau, kenapa anggota tim inti G.I. Joe-nya dirombak total? Dan kenapa tokoh Ana dan Rex dihilangkan begitu saja? Padahal, konflik antara Duke, Ana, dan Rex merupakan salah satu bumbu cerita yang paling menarik di film pendahulunya.

Terlepas dari hal-hal yang gue anggap mengecewakan dari film ini, sekali lagi, gue tetap mengakui adegan action dalam film ini memang asli seru dan layak tonton. Tidak ada kisah cinta-cintaan dalam film ini – dan bahkan setelah gue pikir-pikir, rasa-rasanya ini film action pertama yang gue tonton yang tidak menampilkan romantic scene sama sekali – tapi hal itu nggak bikin film-nya jadi terasa hambar. Kemudian meskipun tim G.I. Joe tidak lagi bersenjatakan teknologi tingkat tinggi seperti dulu, untuk special effect, sekuelnya ini tetap memanjakan mata penonton. So overall, it’s a fine movie, it’s just disappointing me who has been waiting for years just to see my favorite actor died just like that in this movie.

Dalam hati kecil, gue masih berharap, kekecewaan ini akan terbayar di film ke tiga. Mungkin sebenarnya, Duke masih hidup, dan nanti masih akan ada kelanjutan kisah Duke dan Ana juga. Soalnya to be honest… gue enggak ngefans sama jagoan-jagoan G.I. Joe yang baru, dan kalo buat gue. nonton film tanpa ada aktor favorit yang bermain di dalamnya itu ibarat makan sayur tanpa garam, hehehehe.

3 thoughts on “G.I. Joe Retaliation: Big Disappointment for Big Fan

  1. awank says:

    Asli, gue juga kecewa berat. Padahal sekuel yg pertama keren abis, eh di sekuel yg kedua ini jatoh banget. Tokoh utamanya/Joe di sekuel pertama pada dihilangin. Meskipun masuk dwayne the rock ditambah bruce willis di sekuel keduanya ini, tetep aja ngga bisa nutupin rasa kecewa. Storm shadow yg di film pertama seolah tewas, eh kok di sekuel kedua malah jd aktor inti di ceritanya. Trus teknologi yg dipake juga malah biasa2 aja. Ngga jelas nih sekuel. Mata rantai yg hilang banyak banget. Kayaknya sekuel ini emang sengaja dibikin buat persiapan film yg ngebahas storm shadow ya.. Hahahaha..

    • riffasancati says:

      Hi Awank… wah… comment elo ini melengkapi isi blog gue bangett. Iya, gue juga ngerasa kok jadi fokus ke cerita ninjanya yah? Tapi ada positifnya juga kisah Storm Shadow masih dibahas. Kalo dia juga dilupakan gitu aja sih, judulnya udah bener-bener nggak nyambung lagi.

  2. aufa says:

    Gua juga sangat kecewa, knp tokoh ana tidk klihatan sdikitpun? Knp duke hilang begitu saja,, harus ny seorang captain mninggal krn berjuang keras ehh ini mlah mati d serang pasulan udara nya, satu lagi yg paling gua suka itu cerita duke dan ana, yg lain lumayan suka tp tdk lbh kisah ana dan duke yg sangat luar biasa kmudin hilang begitu saja, tidak masuk akal IMPOSIBLE

Leave a comment