Kosmetik Mahal Vs Kosmetik Murah Meriah

 

Cocok nggak cocok sama satu merk kosmetik emang enggak tergantung mahal atau murah harga kosmetiknya. Ada orang yang ngaku gatel-gatel pake kosmetik murah, tapi ada juga yang malah alergi sama kosmetik mahal.

 

Tapi menurut pengamatan gue, umumnya pastilah ada suatu keunggulan yang bikin merk-merk tertentu harganya selangit. Makanya iseng-iseng, gue bikin perbandingan kualitas kosmetik mahal versus kosmetik murah. Isi tulisan ini bukan asal tebak, melainkan based on pengalaman pribadi gue sama kosmetik dengan berbagai harga jual, mulai dari yang sangat murah sampai yang relatif mahal.

 

 

Alas Bedak

Yang murah: Gue berani bilang, orang yang kulitnya berminyak pasti nggak cocok sama alas bedak murah. Kenapa? Karena alas bedak murah mayoritas cepat meleleh, dan mudah retak kalau kena minyak atau keringat. Selain itu, alas bedak murah biasanya lebih sulit untuk dibaurkan. Butuh kesabaran ekstra supaya alas bedak menempel sama rata di wajah kita. Selain itu, ada beberapa alas bedak murah meriah yang teksturnya kasar. Wajah jadi kelihatan cakey atau seperti memakai topeng.

 

Yang mahal: semakin mahal alas bedak, semakin jago alas bedak itu bikin muka kita jadi fantastis. Pori-pori nyaris tidak terlihat, wajah kelihatan halus dan mulus, hasilnya pun kelihatan lebih natural; tampak seperti wajah ke dua. Alas bedak mahal menempel lebih baik, nggak mudah luntur, dan lebih mudah untuk dibaurkan.

 

 

Bedak padat

Yang murah: gampang luntur, retak, dan lebih terlihat cakey.

 

Yamg mahal: hasil pulasan lebih sempurna, tidak mudah retak dan lebih tahan lama.

 

 

Maskara

Makin murah maskara, makin banyak masalahnya: menggumpal, bikin bulu mata jadi menempel, dan yang paling parah, bikin bulu mata jadi rapuh dan gampang rontok!

 

 

Eye shadow

Eye shadow murah biasanya susah dibaurkan. Selain itu, keringat bisa bikin eye shadow di lipatan mata jadi pecah bergaris. Eye shadow yang relatif mahal biasanya lebih lembut dan lebih mudah dibaurkan.

 

 

Eyeliner (gue cuma pernah coba yang model pensil)

Eyeliner yang lebih mahal biasanya lebih mudah digunakan. Garis bisa terbentuk hanya dengan satu tarikan saja. Sebaliknya, eyeliner yang murah meriah suka susah membentuk garisnya. Harus diulang berkali-kali baru mulai kelihatan garisnya.

 

 

Pensil alis

Pensil alis yang murah suka pecah saat digoreskan ke alis kita. Kesannya kayak ada bubuk menggumpal ketinggalan di alis. Pensil alis yang mahal mampu meminimalisir masalah ini.

 

 

Blush on

Blush on yang lebih mahal biasanya menempel di kulit wajah dengan baik. Sedangkan yang harganya sangat murah, bisa terlihat seperti pecah dan membuat pori-pori jadi kelihatan lebih besar. Tapi gue pernah coba blush on harga menengah dan hasilnya udah cukup ok, nggak jauh beda dengan blush on yang harganya selangit.

 

 

Lip liner

Lip liner gue yang sekarang terasa lembut ketika digoreskan. Harganya termasuk mahal kalo dibandingin lipliner gue sebelumnya yang harganya sekitar tiga kali lebih murah. Tapi menurut pengalaman gue sih, bedanya cuma di situ aja, soalnya dua-duanya sama-sama tahan lama tuh.

 

 

Lip balm

Hati-hati pilih lip balm atau pelembab bibir jenis lainnya. Lip balm yang kelewat murah biasanya berampas beberapa jam setelah digunakan. Kesannya jelek dan jorok kalo bibir kita berampas kayak gitu… Beda banget sama lip balm yang harganya relatif mahal. Selain enggak berampas, lip balm ini juga efektif banget buat melembabkan bibir supaya nggak pecah-pecah.

 

 

Lipstik

Sama kayak lip balm, lipstik yang kelewat murah juga beresiko berampas. Makanya kalo buat lipstik, gue agak boros. Lipstik gue sekarang enak dipake, nempel sempurna di bibir gue, relatif tahan lama, dan nggak bikin bibir gue jadi pecah-pecah.

 

 

Lipgloss

Ini juga sama kayak lip balm dan lipstik. Asyiknya lagi, lipgloss yang bagus (dan biasanya relatif mahal) jago banget ngumpetin bibir yang lagi pecah-pecah.

 

Sekali lagi, terlepas mahal atau murah, yang penting cocok, kelihatan bagus di wajah, dan kita bisa menerima kekurangan dari produk tersebut. Ada kok, orang yang tampil fantastis dengan kosmetik murah meriah. Tapi ya itu tadi, kalo mau pake kosmetik murah, harus lebih sering retouch karena semakin murah kemungkinan besar semakin mudah luntur/terhapus.

 

6 thoughts on “Kosmetik Mahal Vs Kosmetik Murah Meriah

  1. mysha says:

    sebenernya kalo kita jeli, kita bisa dapet kosmetik murah dengan kualitas serupa dengan kosmetik mahal^^ tapi harus dicobain satu2 dulu sampe ketemu yang cocok hehehehe.

    thanks for sharing ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s