Jeju TrickArt Museum

Gue pertama kali dengar soal Trick Art Museum di Jeju ini dari Tiara, salah satu teman seperjalanan gue. Awalnya gue enggak gitu excited, tapi begitu gue buka website-nya, wellit looks like an exciting place! Dan ternyata bener aja… it was a fun place for everyone. Bahkan setelah pulang ke Indonesia pun, gue paling senang memamerkan foto-foto gue di museum ini.

Apa itu TrickArt museum?

Umumnya, Trick Art museum menampilkan lukisan-lukisan 3 dimensi yang membuat kita seolah menyatu dengan lukisan tersebut jika difoto. Contoh gampangnya lukisan jerapah dan daun. Jika kita difoto dengan pose sedang memegang daun tersebut, maka pada hasil fotonya akan terlihat kita seperti sedang memberi makan daun kepada si jerapah!

Foto favorit gue di TrickArt adalah foto yang jika hasilnya di-rotate, akan terlihat seperti gue bisa menempel di sudut tembok! Lihat hasil fotonya di bawah ini…

Kemudian yang ini… lukisan 3D favorit gue yang lainnya…

Atau yang ini…

Dan yang ini…

Bukan cuma trik lukisan 3 dimensi lho

Sebagian besar memang lukisan 3 dimensi, tapi ada juga trik yang berbentuk sebuah ruangan. Setiap ruangan mempunyai trik menarik yang berbeda-beda. Contohnya…

Jadi kalau kamu melihat ada pintu masuk menuju sebuah ruangan, jangan dilewatkan! I got some of the best pictures in such a room like this.


Ketahui cara dan jarak terbaik untuk mengambil gambar!

Ada cukup banyak objek foto yang sudah diberi petunjuk posisi terbaik untuk sang pengambil gambar. Lihatlah lantai di sekitar objek dan cari gambar sepasang telapak kaki, di situlah posisi yang terbaik untuk mengambil gambar. Kemudian untuk foto di mana teman gue terlihat besar sedangkan gue terlihat kecil (lihat foto di atas), ada lubang khusus untuk meletakkan kamera yang terletak di tembok luar ruangan triknya. The effect is not going to work unless you put the camera on the right place.

Berspose lah secara maksimal! Nggak usah malu-malu 🙂

Sekedar berdiri atau duduk di depan objek foto tidak akan berhasil membuat fotonya terlihat ‘hidup’. Bakal lebih bagus lagi kalo kita jago akting saat difoto! Misalnya, akting ketakutan saat sedang berfoto ‘di dalam’ mulut naga, atau akting apapun yang sesuai dengan tema objeknya. Oh ya, untuk urusan pose, jika kamu bingung bagaimana harus berpose, cukup contek saja contoh di gambar. Ada contoh gambar untuk setiap objek di TrickArt Museum.

Be perfectionist for a perfect picture!

Contoh have to be perfect ada pada foto di bawah ini…

Supaya terlihat seolah-olah benar baru keluar dari dalam lubang (padahal aslinya hanya sedang tengkurap sambil mengangkat badan ke atas), maka kedua kaki teman gue ini tidak boleh terlihat di layar kamera. Kedua kaki harus benar-benar lurus dengan badan. Trik ala gue untuk menyembunyikan kaki adalah dengan cara menyilangkan kedua kaki gue itu… and it works! Intinya, pastikan saat mengambil foto, posisi seluruh anggota tubuh kita sudah cukup sesuai untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika belum berhasil, silahkan dicoba kembali 😉

You have to visit TrickArt Museum if you visit Jeju

Gue sangat merekomendasikan museum ini buat teman-teman yang berencana liburan ke Jeju. Lokasinya memang lumayan jauh dari pusat kota (secara hampir semua tourist attraction yang menarik di Jeju itu jaraknya relatif banget dari bandara), but totally worth it.

Sebetulnya selain di Jeju, museum yang sejenis juga terdapat di Seoul, dekat dengan stasiun subway Hongik University. Akan tetapi berhubung gue tidak coba datang ke museum TrickArt di Seoul, maka gue tidak begitu yakin apakah hasil foto di sana akan sama bagusnya dengan museum yang di Jeju. Atau kalau memang kalian cuma akan mampir ke Seoul dan tidak mampir ke Jeju, ya silahkan dicoba. Kalau sudah mampir ke museum sejenis ini di Seoul, jangan lupa sharing ceritanya untuk gue yaa. Ditunggu lho 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s