Belajar Nyetir Itu Susah!

Dulu, gue pernah sesumbar baru bakal beli mobil kalo udah sanggup buat sekalian ngegaji supirnya. Soalnya entah kenapa, udah sejak awal gue sadar diri bahwa gue ini enggak minat dan enggak bakat nyetir mobil sendiri. Tapi waktu tiba-tiba dapet fasilitas mobil dari kantor, ternyata susah juga buat ditolak. Udah gitu di saat yang bersamaan, gue lagi benci-bencinya sama fasilitas transportasi umum di Jakarta, terutama setelah satu kejadian super menyebalkan yang gue alami di jembatan busway di daerah Cawang. Jadi ya sudahlah, fasilitas mobilnya gue ambil dan gue pun bertekad untuk mulai belajar nyetir sendiri.

Setelah beberapa kali menunda karena kesibukan kerja, akhirnya kemarin jadi juga gue belajar nyetir perdana di parkit Senayan. Guru les nyetir gue ini enggak lain adik ipar gue sendiri. Ditemenin juga sama adek gue yang lagi hamil 4 bulan itu. Sebelum memulai, gue bilang begini sama adek gue yang gantian duduk di jok tengah mobil, “Kamu di belakang pake seatbelt juga yah.”  

Dan berikut ini adalah daftar kehebohan gue selama belajar nyetir di parkit Senayan… (notes: mobil gue ini mobil matic yaa, bukan manual).

  1. “Gue kok pelajaran pertamanya malah bawa mobil mundur siih?”
  2. Kesusahan waktu harus nurunin rem tangan. Gila yaa, itu rem tangan kerasnya setengah mati! Tangan gue sampe sakit…
  3. Adek ipar: “Udah, lepas remnya.” Gue: “Nanti duluu, itu di depan ada banyak burung di tengah jalan.”
  4. Berkali-kali nginjek rem secara kasar yang bikin si mobil jadi kayak ngerem mendadak;
  5. Ngerem mendadak, terus bilang, “Eh, kayaknya sebentar lagi kita nabrak trotoar yah?” Adek ipar: “Emang iyaa… makanya aku tarik rem tangan!”
  6. Tiba-tiba ngerem mendadak gara-gara di depan ada ranting pohon;
  7. Berkali-kali salah pasang sen. Pasang sen kanan waktu mau belok kiri, dan pasang sen kiri waktu mau belok kanan;
  8. Fokus ngelihat spion kanan, ceritanya latihan memanfaatkan spion, sampe lupa muter setir ke kanan buat belok di tikungan…
  9. Masih latihan ngelihatin spion… tau-tau di depan sana udah ada mobil lain yang kelihatan takut-takut deketin mobil gue;
  10. Nggak berani lewatin jalan yang banyak orang-orang lagi duduk di pinggir jalan… takut nggak sengaja ngelindes kaki mereka;
  11. Gue: “Ini mobil kok jalannya lelet sih?” Adek ipar: “Kan dari tadi belum nginjek gas… Mau belajar nginjek gas?” Gue: “Enggak deh, nginjek gas di sesi belajar berikutnya aja.”
  12. Latihan mencet klakson mobil pake jempol… tapi kok nggak bunyi-bunyi yah? Pas akhirnya berhasil bunyiin klakson, gue langsung norak… sambil ketawa-tawa;
  13. Selalu heboh ngerasa mobil gue jalannya miring;
  14. Ketawa heboh setiap kali berhasil melewati tikungan dengan lancar. Tapi pas tikungan berikutnya masih aja suka ada salahnya;
  15. Waktu abis belok, “Kayaknya kalo di situ ada mobil lagi parkir, udah ketabrak sama mobil gue yaa.” Adek ipar: “Emang iyaa, makanya itu setir dibalikin lagi kalo abis belok.”
  16. “Kayaknya gue latihan udah lama yaa? Pegel…” Adek gue, “Baru sepuluh meniiit.”
  17. Gue, “Udahan yuk latihannyaa. Udah sejam. Filmnya udah mau mulai.” Adek gue, “Filmnya masih sejam lagi… PS kan deket.”
  18. Gue, “Ah udah aah… Filmnya udah mau mulai.” Akhirnya udahan juga… Fiuuuuuh…
  19. Eefek latihan nyetir: keringetan, paha kanan pegel, kepala pusing, tapi semuanya langsung ilang begitu sampe PS tepat waktu sebelum filmnya dimulai, hehehehehe.

Gila yaa, ternyata emang bener, latihan nyetir itu susah! Enggak kebayang gimana nanti latihan parkir, bawa mobil di gedung parkir, terjebak macet, belok-belok di gang sempiiit… Haduuh, kenapa bayar supir itu mesti mahal banget siih?

7 thoughts on “Belajar Nyetir Itu Susah!

  1. ime says:

    Iyaaaa beneeerrrrr susaaaaahhh.. Gw aja gak mauuuuu lagiiii.. Perna wkt pulang kerja saking puyeng liat banyak kendraan langsung telpon suami minta di setirin pulang ke rumah..

    • riffasancati says:

      Hi Ime… haha, sepertinya emang nggak semua orang bakat nyetir yaah 🙂 Gue trusnya ikut kursus nyetir, tapi pas lagi latihan, gue hampir aja nabrak mobil depan, hiiks.

  2. Tia says:

    Halooo Riffaa.. Nice to read your blog post 😀
    Aku udah ikutan 2 paket kursus nyetir jaman kuliah +- 8 taun lalu. Sampe sekarang masi belum berani bawa mobil lohhhh >_< *sampe SIM-nya udah ga berlaku lagi*

  3. Nanda says:

    hai kak, aku baru tiga hari ikut les nyetir mumpung libur kuliah nih, ternyata emang susah ya latihan nyetir, aku aja ampe nangis nih kebawa perasaan diomelin pelatihnya mulu 😭

  4. estu tiar says:

    Aq jg ditakdirkan u jd penumpang krn udh 2 kali kursus dr masa lajang hingga beranak tetap saja tdk bs nyetir. Malah baru saja ada musibah mobil q nyundul motor bermuatan kardus besar hingga hrs ganti 500rb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s