He’s Just Not That Into You

It sounds hurt but true: lebih banyak cewek daripada cowok yang dibodohi atas nama cinta. Lebih buruk lagi, kita para cewek sering kali menyangkal bahwa pada dasarnya kita hanya sedang dibodohi. Kita tidak bisa berhenti bersikap naïf, sok bijak dengan selalu berpikiran positif, dan yang paling buruk, kita menaruh harapan terlalu tinggi terdahap seseorang yang sebetulnya tidak benar-benar mencintai kita.

Sebetulnya gue bukan penggemar buku psikologi soal cinta-cintaan. Tapi karena suka sama filmnya, gue mulai tertarik baca buku yang berjudul He’s Just Not That Into You. Gue pun mulai membaca… dan seperti biasa, gue menandai bagian yang gue sukai dengan cara melipat ujung halamannya. Dan ternyata… ada begitu banyak halaman yang gue beri tanda lipat!

 

Jujur ya… gue ngerasa ditampar keras sama buku terjemahan yang dahsyat ini. Gue pikir selama ini gue udah cukup pintar, cukup pemilih, serta cukup cerdas dalam mengambil keputusan… Tapi ternyata, gue juga sering banget dibodohi atas nama cinta.

 

Nah, dalam kesempatan kali ini gue akan menuliskan dengan jujur bagian-bagian dari buku ini yang gue anggap menarik dan gue banget. Buat cewek-cewek, siap-siap ngerasa kaget, dan buat cowok-cowok, mohon maaf kalau elo merasa tersindir dengan tulisan gue ini.

 

  1. Jangan biarkan kata-kata ‘honey’ dan ‘baby’ menipu anda.
  2. Seorang pria tidak benar-benar menyukai anda kalau dia tidak menelepon anda. So girls, berhenti berpikir: sinyal hp lagi error, dia nggak punya pulsa, dia lagi sakit atau sibuk, atau yang paling konyol: hp-nya dijambret orang!
  3. “Bolehkah seorang pria lupa menelepon saya?” Jawabannya, “Tidak.”
  4. Menelepon saat anda berjanji adalah batu bata pertama dari rumah cinta yang anda bangun.
  5. Pria yang baik akan menggunakan telepon. E-mail tidak berlaku (termasuk menurut gue, comment di Facebook juga tidak berlaku:)
  6. Pria tidak pernah terlalu sibuk untuk mendapatkan keinginan mereka. Dan, pria tidak pernah terlalu sibuk untuk menelepon wanita yang benar-benar mereka sukai.
  7. Jangan menjalin hubungan dengan seseorang yang tidak menepati janji. Jadi, jangan pernah berkencan dengan seseorang yang membuat anda menunggu-nunggu telepon darinya.
  8. Seorang pria berkata, “Rasa takut terhadap kedekatan cuma mitos belaka. Itulah yang kami katakan pada wanita ketika kami tidak benar-benar mencintai mereka.”
  9. ‘Tidak ingin merusak persahabatan’ hanyalah akal bulus.
  10. Pada akhirnya, pria pasti berani mengajak kencan seorang wanita yang berstatus lebih tinggi jika dia benar-benar tertarik pada wanita itu.
  11. Orang lain memberi tahu anda siapa dia yang sebenarnya setiap saat. Jadi ketika dia berkata bahwa dia tidak bisa bermonogami, maka anda harus mempercayainya.
  12. Orang yang berselingkuh adalah orang yang punya banyak masalah dan mereka berusaha menyelesaikannya dengan menghancurkan hati anda.
  13. Cowok badung itu brengsek karena mereka menyusahkan, hanya sedikit menghargai diri sendiri, banyak memendam amarah, banyak membenci diri sendiri, serta benar-benar tidak percaya terhadap segala bentuk hubungan percintaan yang penuh kasih sayang.
  14. Seorang pria tidak benar-benar mencintai andai jika dia menghilang dari hidup anda.
  15. Inilah yang dia lakukan selama masa vakum hubungan anda: dia mengendus sekelilingnya untuk mencari orang lain yang lebih baik dari anda, dan jika dia tidak menemukannya, dia merasa kesepian sehingga dia terpaksa kembali ke ‘rumahnya’.
  16. Satu-satunya alasan kenapa dia merindukan anda adalah karena dia sendiri yang lebih memilih untuk tidak memilih anda.
  17. Bila anda tidak bisa mencintai dengan bebas, itu namanya bukan cinta.
  18. Hidup sudah cukup berat tanpa harus memilih seseorang yang bermasalah untuk berbagi hidup.
  19. Saya tidak akan berkencan dengan pria yang membuat saya merasa tidak diinginkan secara fisik.
  20. Pria lebih memilih dilindas gajah daripada memberitahu bahwa dia tidak serius dengan anda. Malah buat yang udah pernah pacaran, cowok lebih memilih memancing pertengkaran hebat daripada minta putus secara langsung!
  21. Binatang peliharaan adalah cara Tuhan untuk berkata kepada anda, “Jangan turunkan standar hanya karena merasa kesepian.”

 

Setelah baca buku ini, gue mulai berbesar hati untuk menerima bahwa pada dasarnya, cowok-cowok itu emang enggak bener-bener suka sama gue. Bukan karena kelulusan, bukan karena jarak jauh, bukan karena dia sibuk kuliah kedokteran, bukan karena dia minder dengan prestasi gue, bukan karena perbedaan besar di antara gue dan dia, bukan karena tidak ingin merusak persahabatan, dan bukan pula karena suatu masa lalu yang sangat sulit untuk ditinggalkan.

 

Intinya jangan pernah takut untuk mengakui bahwa faktanya, dia tidak beanr-benar mencintai kita. Jangan pula merasa rendah diri hanya karena kita ini bukan tipenya dia. Kita juga berhak kok, menetukan tipe cowok idaman yang kita inginkan. Kalau kita tega menolak cinta seorang cowok, kita juga harus berbesar hati kalau gantian kita yang ditolak sama mereka.

 

Jadi daripada buang-buang waktu buat cowok yang enggak benar-benar cinta sama kita, lebih baik kita nikmati hidup sampai nanti kita menemukan seseorang yang mencintai kita dengan layak. Dan jangan lupa, kita BERHAK untuk dicintai secara layak

8 thoughts on “He’s Just Not That Into You

  1. PNG says:

    soal fisik…. keknya mesti direvisi d.

    first of all, everybody lies @ first sight. semua orang berusaha tampil baik pas kenalan (somekind of standards set by marketers), gak mungkin loe mao kenalan sama cowok kumel, bau, dsb2.

    soalnye semua orang pasti liat fisik doeloe (gak muna dong), tp ya ketertarikan orang kan beda2. for example klo g bilang “g gak demen ma cewek kuntet” ada juga yg bilang “g minder ma perempuan tinggi” en yg pasti sifat asli itu baru keliatan klo ud kenal lama, bukan pas PDKT (sikap juga bisa dimanipulasi lho).

    so klo emang harus sifat, i’m guessing loe cuma bisa dicintai ma temen lama loe. orrr judging bastard yg dia kira dia bisa nilai loe 100% dr pandangan pertama (g paling sebel ma manusia model gene) orrr sama cowok yg ud cukup pengalaman untuk manipulasi wanita.

    en one other thing, klo emang binatang piaraan itu alasan supaya gak kesepian… komputer itungannye piaraan gak? coz klo g kesepian, komputer adalah teman baik gue.

    point is, g anggap blog loe kali ini cuma teori pembenaran oleh buku yg ditulis wanita kurang exist fa (yg dibeli sama wanita2 yg kebingungan karena cintanye kandas melulu, hueheehehe). If you want to be loved by certain standards, make yourself worthy to that standards. look beyond the book.

    buktinye banyak cewek tergila2 sama cowok brengsek, loe juga pernah kan??? hihihihihi

    pis men pis. kapan kita hang out lage? keep loosing the love game? i’ll be glad to help girl.

    we don’t call you that often to keep the interest level high. calling you everyday makes us looked insecure. insecurity is a huge turn off. orrr we’re just not that into you girl. hihihi

  2. riffabanget says:

    First of all, gue mau ketawa dulu… Huahahaha… ada yang ngerasa disindir niiihhh…

    Yang ke dua, buku ini ditulis sama COWOK tulen. Mantan playboy yang udah married sama cinta sejatinya (baca: playboy tobat). Jadi… penulis ini membandingkan tingkah laku dia saat cuma main-main (baca: mantan-mantan ceweknya) dengan tingkah laku dia saat benar-benar mencintai pasangannya (baca: istrinya). Penulis cowok ini berkolaborasi dengan satu penulis cewek untuk bikin buku ini. And for your information, mereka berdua sama sekali BUKAN orang yang tidak eksis. Mereka berdua bekerja di bidang entertainment, dan mereka berdua inilah yang menulis skenario Sex & The City.

    Soal telepon, point-nya adalah you call when you say you will. Ini penting lho. Kalo elo janji nelepon, otomatis orang ybs pasti nunggu telepon dari elo. Dan gue setuju bahwa menepati janji adalah fondasi yang sangat penting dalam sebuah hubungan.

    Lalu soal fisik, di situ ditulis bahwa kita tiak boleh berkencan denga seseorang yang menghina (entah secara halus maupun kasar) keadaan fisik kita. Orang yang benar-benar mencintai kita tidak akan melakukan hal-hal yang bisa membuat kita merasa minder dan jelek. Contohnya, gue pati berusaha menakkan berat badan, tapi gue juga nggak mau punya pacar yang membuat gue ngerasa tertekan untuk naikin berat badan.

    Soal fisik ini gue setuju sama elo, kita semua berhak punya kriteria. Jadi kalo buat kita kriteria fisik itu adalah harga mati, then just leave and go away. Maksudnya jangan menggantungkan perasaan seseorang hanya karena ketidaksempurnaan yang tidak bisa kita terima.

    Lalu soal cowok brengsek… eits, jangan salah. Gue udah berhasil mengubah mind set. Gue bukan cewek jahat, gue juga bukan cewek yang setengah-setengah saat menyayangi sesuatu, mulai dari kucing, sahabat. sampai keluarga. Dan gue rasa elo setuju bahwa gue tipikal orang yang menepati janji. Jadi gue percaya bahwa gue BERHAK mendapatkan cowok yang mencintai gue dengan layak. As a friend who knows me quite well, don’t you agree with this? Don’t you agree that I deserve for a good one?

    So… bastard is out of date! Bad boy emang asyik untuk mengisi masa muda, tapi buat pacaran serius? No way…

    Jadi Mr. PNG, selama elo masih tidak menyetujui isi buku ini, itu berarti elo masih belum berangkat dari zona cowok-cowok bandel. Gue kenal lho, beberapa bad boy yang udah tobat. Mereka mengakui isi buku ini emang benar adanya. Dan yang paling penting, mereka udah berubah jadi hampir sama persis dengan cowok ideal yang digambarkan sama buku ini.

    Finally, elo nggak bisa bilang kisah cinta gue selalu kandas di tengah jalan. Karena faktanya, gue kan sama sekali belum pernah memulai. Gimana bisa kandas di tengah jalan kalo start aja belum pernah? So I don’t think I need a help. The problem is: I haven’t met the right one. Konon katanya, kita harus ketemu dulu sama begitu banyak Mr. Wrong sebelum akhirnya kita menemukan si Mr. Right itu. And someday I will. Dan pastinya, when I already find the person, I will make sure that you are the first person who knows this, hohoho.

    Notes: Ada satu kalimat bagus dari buku yang belum gue tulis di blog ini…

    “Jika dia benar-benar mencintai anda, dia akan sangat peduli dengan kebahagiaan anda.”

  3. PNG says:

    OK, ampun fa.

    trus klo soal playboy tobat…. ud tua ato find his match. well mungkin klo emang satu profesi se mestinye respect each other. either way, I’m still not convinced that we boys bisa di-general-isasi kek gt. very subjective d. klo penyakit lupa kan bukan pilihan. tp tiap kali g bilang mo tilpun juga g tilpun kan? malah kadang2 gak diangkat.

    but still, loe sayang banget masa muda loe bekutat ma diskonan, bioskop, tas en sepatu aje. sekali2 cari lelaki lha buat diboongin, kali2 beneran “kena”. walau mengharap ada yg datang dari langit juga gak masalah si. point is, have fun. flirting toe gak dosa fa, just make sure gak ada kontak fisik, or of course atas ijin.

    g gak bandel kok fa, cuma keliatannye aje. lo juga tau itu kan? hihihihihihi

  4. PNG says:

    oiya lupa, agree kok klo dapet yg baek mah. just make sure bukan baek bohongan yah. banyak lho cowok model gt, baek di awal doang, lama2 biasa aja. ada juga yg baek bgt sampe2 disalahgunakan, en yg lebih parah gak bisa ngelawan.

    jadi yah gud luck beb. *jempolll*

  5. pie says:

    rifaa…i really agree with u…i really agreee
    thanks for this summary and i hope we can be agood friend….can i have your phone?because i want to know how to find someone that love us trully?

  6. riffabanget says:

    Pie: Thanks a lot for reading my blog:) Gimana kalo elo add Facebook gue aja? Nama Fb gue Riffa Sancati.

    Kalo soal jodoh sih santai aja, semua itu cuma soal waktu. Yang penting kita udah berusaha jadi orang yang layak untuk dicintai. Dan harus sabar karena cowok juga butuh waktu untuk yakin seberapa cintanya dia sama kita. Sebaliknya, kita juga enggak perlu terburu-buru mengambil keputusan. Just take our time and enjoy it

    Anyway, nice to meet you, Pie.

  7. riffabanget says:

    Yup… emang nggak bisa semua isi buku itu ditelan bulat-bulat lah ya. Beda orang beda kasus pula sebenernya. And thank you for reading my blog anyway. It’s my pleasure to share^^

Leave a comment