Diversities Could be Cute

Salah satu hal yang gue syukuri dari kuliah di Binus adalah mengajarkan gue tentang hidup rukun antar umat beragama. Bukan cuma sekedar rukun, gue juga bersahabat erat dengan 2 dari sekian banyak teman kuliah yang beda agama. And Christmas always remind me how cute are together, hehehehe. Nah, dalam blog kali ini, gue mau sharing betapa perbedaan bisa jadi sesuatu yang cute to be remembered.

 

Kartu Natal dari Zi

Waktu tahun pertama kuliah, beberapa hari menjelang Natal, gue dikasih kartu natal buatan sendiri sama si Zi. Kartunya berupa gulungan kecil yang dimasukkan ke dalam kantung kecil warna pink. Kartunya cantik banget! Ngelihat muka gue yang bingung karena dikasih kartu Natal, waktu itu Zi bilang gini, “Abisnya kan enggak adil kalo cuma elo doang yang enggak gue kasih cuma gara-gara agamalo lain sendiri…” Sampe sekarang, kartu Natal itu masih gue simpan dengan baik di dalam laci lemari gueJ

 

Nungguin gue shalat

Gue lupa persisnya waktu itu gue, Natalia, dan Puja mau pergi ke mana. Yang jelas waktu itu sebelum pergi, gue harus shalat dulu di mushalla kampus. Lalu dengan manisnya mereka duduk di teras mushalla sambil nungguin gue shalat. Hal kecil yang menyentuh banget kalo menurut gue.

 

Nyobain pake jilbab

Puja sama Natalia pernah nginep satu malam di kosan gue. Dan waktu itu, malem-malem si Puja iseng pengen nyobain pake jilbab! Lucu juga kalo diinget-inget. Oh ya… belum lama ini, ada juga temen sekantor gue (Katolik) yang nyobain pake mukena sama jilbab gue di kamar hotel. Terus abis itu dia foto-foto dan berkomentar, “Kok kalo gue yang pake jilbab keliatan jelek yah?”

 

Ucapan lebaran

Sejak lebaran pertama gue di Binus, gue udah terima banyak banget SMS lebaran dari teman-teman kampus yang non-Islam. Pertama kali terima SMS lebaran dari mereka, gue suka cekikikan sendiri. Soalnya ada beberapa yang kirim SMS-nya pake bahasa Arab segala! Gue jadi bingung sendiri… mereka dapet template SMS lebaran itu dari mana yah? Hehehe.

 

Ucapan hari raya selain Idul Fitri

Tiap tahun, selalu ada aja temen non-Islam yang juga ngirim ucapan selamat buat gue di hara raya Islam selain Idul Fitri. Misalnya, Idul Adha atau bahkan Tahun Baru Islam! Masalahnya yah, justru temen-temen gue yang sesama Islam cuma ngirim ucapan selamat kalo Idul Fitri doang loh… Lucunya, waktu ada temen Budhist yang ngucapin selamat Idul Adha, iseng-iseng pernah gue bercandain dia, “Eh, emangnya elo tau, Idul Adha itu hari raya apa?” Terus kurang-lebih, dia dengan entengnya jawab, “Hari makan kambing bukan sih?”

 

Food with pork

Teman-teman gue di Binus suka dengan baik hatinya ngasih tau gue rumah makan mana aja yang makanannya mengandung babi. Soalnya kadang, yang punya rumah makan suka enggak bilang soal itu. Temen-temen gue bisa tau karena mereka tau banget rasa minyak babi itu kayak gimana. Gue selalu salut banget sama teman gue yang seperti itu. Mereka makan pork tapi tetap sangat menghargai prinsip gue untuk enggak menyentuh apapun yang berhubungan dengan itu. Thanks!

 

Puja dan daging sapi

Kalo gue nggak boleh makan babi, Puja (Hindu) enggak boleh makan daging sapi. Tapi masalahnya, kadang-kadang dia suka sungkan nanya ke pelayan resto soal makanan yang mau dia pesan itu ada unsur sapinya apa enggak. Jadilah gue atau Natalia yang dengan sukarela nanyain soal sapi ke pelayan restonya…

 

Jokes ala kita

Biasanya, sebelum memulai sesuatu yang sulit (misalnya kalo mau UAS), Puja suka ngomong gini ke gue, “Doain gue ya, Fa!” Terus gue bilang, “Emang bisa? Doanya ke Tuhan yang mana nih? Kan beda, hehehe.” Puja ngebales, “Bisa kok! Mereka juga kan temenan kayak kita.”

 

Diversities among us

Partner traveling gue ke Phuket September kemaren itu berasal dari suku dan agama yang beda-beda. Natalia (Chinese – Yehuwa), Puja (Indiahe – Hindu), dan gue (Sunda – Islam). Nah, suatu sore pas kita lagi belanja di Jungceylon, ada salah satu pedagang yang kalo diterjemahin nanya beigni ke kita bertiga, “Kalian asalnya dari mana sih? Ada Arab (sambil nunjuk gue), India, dan Cina. Lengkap ya!” Yup, and we’re proud of itJ

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s