Percakapan Siang Itu, Lebih dari 10 Tahun yang Lalu…

Waktu jaman ABG dulu, gue pernah patah hati berat sama salah satu gebetan yang tiba-tiba aja ngejauh tanpa ada penyebab yang jelas. Dalam keadaan emosi, gue ngomong begini sama Intan, salah satu teman baik gue di SMA, “Liat aja nanti… dia nggak mungkin bisa nemuin cewek yang lebih baik daripada gue. Someday dia bakal nyesel dan bakal gantian dia yang ngejar-ngejar gue.”

Waktu itu, dengan kalemnya Intan jawab begini, “Jangan gitu… Belum tentu Allah ngebales dengan cara seperti itu. Bisa aja Allah ngebales ketulusan elo sekarang dengan ngasih elo cowok yang jauh lebih baik.”

Percakapan siang itu cuma satu dari sekian banyak obrolan gue sama Intan. Sesuatu yang gue rasa udah dilupakan sama temen gue itu. Tapi buat gue, nasehat pendek itu udah jadi sesuatu yang mengubah pola pikir gue, sejak saat itu dan hingga saat ini.

Sekarang, saat ada orang lain yang sangat-sangat menyakiti perasan gue, maka gue tidak pernah lagi mengucapkan atau bahkan, tidak pernah pula terlintas dalam pikiran gue untuk bersumpah-serapah mendoakan hal-hal jelek akan menimpa orang yang bersangkutan. Menurut gue, balasan berupa hal-hal baik dari Tuhan untuk hidup gue jauh lebih menyenangkan daripada melihat hal-hal buruk menimpa hidup orang-orang yang pernah menyakiti perasaan gue itu. Mereka ketimpa sial juga gue enggak dapet untung apa-apa kan? Dan hal ini bukan berlaku dalam urusan cinta-cintaan aja lho. Dalam hubungan pertemanan, keluarga, bahkan dalam pekerjaan pun, gue menerapkan pola pikir yang sama.

Lalu apa timbal balik yang gue dapatkan?

Gue nggak bisa sebutkan secara detail di sini lah ya… Jatuhnya nggak bagus dan kesannya bisa kayak orang lagi pamer. But one thing for sure, I’ve got a happy life in return 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s